Keluarga

Ponsel Pintar untuk Anak: Berapakah Usia yang Tepat?

Anak bermain gawai @Canva Pro
Anak bermain gawai @Canva Pro

Ponsel pintar untuk anak-anak adalah cara cerdas untuk menjangkau anak-anak saat mereka tumbuh menuju kemandirian.

Lagi pula, informasi secara langsung tentang lokasi dan perubahan rencana perjalanan dapat dilihat secara sekilas.

Menurut artikel Today tentang seberapa luas sebaran ponsel pintar pada berbagai kelompok usia, ”37% anak berusia 11 tahun sudah memiliki ponsel pintar, dan 91% anak usia 14 tahun memilikinya”. Pandemi mengubah cara anak-anak belajar dan menghabiskan waktu luang mereka dan dilaporkan telah meningkatkan waktu layar untuk segala usia.

Orang tua biasa menyeret anak-anak Generasi X mereka menjauh dari televisi. Internet untuk Milenial terbatas pada komputer meja stasioner. Tapi, sekarang teknologi begitu tersebar luas, menetapkan dan mempertahankan batas-batas yang wajar di sekitarnya jauh lebih menantang.

Peningkatan yang cepat dari ponsel pintar, khususnya, adalah masalah yang sangat serius, dan orang tua sering ditanya: “Pada usia berapa seorang anak seharusnya mendapat ponsel pintar?”

Ponsel pintar menyediakan akses internet tanpa batas, yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Orang tua harus memutuskan apakah anak-anak mereka cukup dewasa untuk mengimbangi antara manfaat dan dampak negatif yang ditimbulkan. Artikel ini akan memperjelas dan membantu Anda menjawab pertanyaan tentang usia yang tepat dalam memberikan ponsel pintar pada anak.

Kelebihan ponsel pintar bagi anak

Memperoleh ponsel atau ponsel pintar telah menjadi momen penting bagi banyak anak, yang memungkinkan mereka untuk berbaur dengan teman sebayanya sambil mendapatkan kepercayaan orang tua karena kemampuan ponsel tersebut untuk menjangkau dan memantau keberadaan mereka (bilamana diperlukan).

Teknologi memungkinkan seorang anak untuk tetap kompetitif dalam budaya yang semakin terhubung. Mengenai keamanan, ponsel dapat membantu Anda menemukan anak Anda menggunakan fungsi GPS dalam keadaan darurat.

Keamanan sangat penting bagi pengemudi remaja, tetapi ada kasus bagi anak-anak yang lebih kecil untuk memiliki perangkat mereka.

Selain keamanan dan keselamatan, mungkin ada alasan lain yang sepertinya direkomendasikan ponsel pintar bagi anak-anak

  • Menjaga anak Anda agar tidak merasa sendirian ketika banyak teman sebayanya memiliki ponsel pintar (tetapi mengalah pada tekanan teman sebaya tidak selalu merupakan hal yang baik)
  • Mengajari anak Anda bertanggung jawab dengan mengajari mereka cara merawat ponsel, menjaga agar tidak hilang, dan tetap berada dalam batasan waktu yang wajar.

Kekurangan ponsel pintar bagi anak

Dengan begitu banyak anak dan remaja yang membawa ponsel, keluarga bergulat dengan beberapa kelemahan dari gangguan konstan yang disebabkan oleh teknologi.

Berikut adalah beberapa kekhawatiran yang paling berdampak terhadap anak-anak.

– Kekhawatiran tentang kesehatan

Ponsel dan ponsel pintar menambah kesulitan seolah-olah menidurkan anak Anda masih kurang cukup rumit. Studi telah mengidentifikasi korelasi yang signifikan antara penggunaan ponsel dan kurang tidur pada remaja.

Menurut survei tahun 2014, 80% anak-anak bermain dengan ponsel justru pada waktu istirahat/ tidur. Remaja yang tidak cukup tidur dapat berprestasi buruk di sekolah dan cenderung menjadi gemuk.

– Gangguan

Perangkat ini dapat menjadi sumber gangguan bagi anak. Tentu saja, kita semua tahu bahwa ponsel bisa menimbulkan gangguan bagi pengemudi, tetapi mereka juga dapat menjadi gangguan yang signifikan bagi seorang anak yang menyeberang jalan dengan berjalan kaki, yang mengakibatkan lebih banyak kecelakaan dan cedera.

– Masalah dengan perilaku

Ponsel dapat menempatkan anak Anda dalam bahaya sehingga mendapatkan masalah (lagi pula, tidak ada ponsel yang dirancang khusus untuk anak) jika mereka mengirim, membagikan, atau menerima gambar yang tidak senonoh. Bagi remaja, mereka bisa menyalahgunakan posel mereka untuk mengganggu temannya.


– Membuat pilihan

Untuk menentukan apakah anak sudah siap mempunyai ponsel pintar, sebelum membeli ponsel, pastikan anak Anda dapat menangani tanggung jawab tersebut. Pertimbangkan untuk memberlakukan pembatasan pada penggunaan ponsel pada anak usia dini. Sebagai contoh:

  • Beli paket prabayar dengan jumlah menit terbatas untuk menghindari biaya tinggi.
  • Cari telepon dengan pembatasan yang ketat, seperti kemampuan untuk menonaktifkan akses online dan pesan teks. Beberapa telepon juga memungkinkan Anda membatasi panggilan masuk dan keluar ke nomor tertentu.
  • Berikan anak Anda telepon hanya sesekali, seperti ketika mereka tidak mungkin meminjam telepon yang lain.
  • Pasang aplikasi pelacak GPS di ponsel Anda atau paksa anak Anda untuk memperlihatkan keberadaannya sehingga Anda dapat menemukannya dengan cepat saat dibutuhkan.
  • Diskusikan masalah utama ponsel, termasuk perundungan dunia maya, bahaya mengemudi yang terganggu, etiket ponsel, dan kebijakan ponsel sekolah.

Kesimpulan

Ponsel pintar dapat mengekspos anak-anak pada hal-hal berbahaya secara online, seperti perundungan dunia maya, konten dewasa, disinformasi, penipuan, dan banyak lagi.

Namun di sisi lain, memberikan kepercayaan dan bimbingan kepada anak di usia yang lebih muda dapat membuat mereka matang lebih cepat dan memberi mereka filter moral dan kesadaran yang diperlukan untuk menghindari jebakan internet. (nspirement/sia/may)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI