Keluarga

Tips Membangun dan Menjaga Hubungan Sehat Dengan Pasangan

Pasangan @Canva Pro
Pasangan @Canva Pro

Mempertahankan suatu hubungan sehat mungkin penuh tantangan, tetapi itu sepadan dengan usaha yang diberikan. Hubungan yang sehat dengan kekasih, teman, dan keluarga sangat bermanfaat.

Karena dapat memperbaiki suasana hati, kesehatan mental, dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Namun, itu membutuhkan waktu dan dedikasi.

Tidak ada kemitraan yang sempurna, tetapi hubungan itu seharusnya akan memberi Anda lebih banyak kesenangan daripada tekanan.

Cara menjaga hubungan yang sehat

1. Belajar mencintai diri sendiri

Mampu mencintai diri sendiri tidak selalu mudah. Anda harus mengidentifikasi dan mengalahkan hambatan mental serta membangun kembali narasi Anda jika Anda ingin menjadi lebih tangguh dan percaya diri.

Selain itu, Anda akan menarik orang-orang yang berpikiran sama jika Anda menerima pemikiran positif, hidup dengan semangat, dan ramah serta pengertian kepada diri sendiri dan orang lain.

2. Berkomunikasi secara efektif

Hubungan yang sehat bergantung pada komunikasi dua arah yang jelas. Sebuah kemitraan yang sukses melibatkan komunikasi yang mencakup mendengarkan. Selain itu, pertimbangkan apa yang dapat Anda berikan kepada orang yang Anda sayangi.

3. Tumbuh bersama

Masalah, tantangan, dan ketidaksejajaran adalah semua peluang untuk maju dan berkembang bersama pasangan Anda. Tumbuh bersama berarti lebih memahami satu sama lain dan belajar bagaimana memecahkan masalah dan tantangan secara positif.

4. Saling menghargai perbedaan

Anda dapat mempertahankan romansa dalam hubungan ini dengan belajar menghargai hal-hal signifikan pada kepribadian pasangan anda daripada hanya menghargai kepribadian mereka apa adanya. Bagaimanapun, momen-momen kecil itu membuatnya berharga untuk melewati tahun-tahun yang dihabiskan bersama.

5. Membangun kepercayaan

Semua hubungan yang sehat dibangun di atas kepercayaan. Rasa hormat datang dari kepercayaan. Keduanya diperlukan untuk berbagi, keterlibatan, dan kemajuan.

Dan pada saat keadaan stres dan penuh kecemasan adalah saat komitmen bersama Anda dipertanyakan dimana Anda mengetahui seberapa besar kedua pihak saling percaya.

6. Jujur

Saat mempertimbangkan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat, kejujuran sangat penting, terutama dengan diri Anda sendiri.

Menjadi setia dan percaya diri diperlukan untuk konflik manajemen jangka panjang dalam hubungan Anda.

Kejujuran diperlukan ketika pasangan menghadapi kekecewaan, kegagalan, dan rasa sakit. Bahkan hubungan dengan romansa yang paling intens pun mengalami saat-saat sulit. Jangan menghindari perselisihan ketika mereka muncul.

Sebaliknya, hadapi mereka secara terbuka dan percaya diri, karena sadar bahwa Anda dan pasangan akan mampu melewatinya dan menjaga hubungan yang sehat.

7. Habiskan waktu berkualitas bersama

Berkomitmen untuk secara konsisten menikmati kebersamaan satu sama lain. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, sisihkan waktu setiap hari untuk meletakkan perangkat Anda, berhenti mengkhawatirkan dunia luar, serta fokus dan terhubung dengan pasangan Anda.

Cobalah sesuatu yang baru atau terlibat dalam aktivitas kelompok. Misalnya, Anda dapat menonton film atau berjalan-jalan. Perhatikan untuk bersenang-senang bersama, tidak peduli seberapa sederhananya.

8. Belajar memberi dan menerima

Belajarlah untuk memberi dan menerima pasangan dengan lapang. Jangan hanya fokus pada apa yang Anda inginkan dan butuhkan, tetapi juga ingat untuk fokus pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan pasangan Anda.

9. Fokus pada solusi

Jika Anda memilih berkonsentrasi pada solusi, Anda akan mampu melawan tantangan sambil juga merayakan saat-saat perbedaan meningkatkan kehidupan Anda bersama. Anda akan mengenali perbedaan Anda sebagai sumber sukacita dan kegembiraan daripada penyebab ketidaknyamanan atau penderitaan.

Apa tanda bahaya dalam suatu hubungan?

Berikut adalah beberapa tanda bahaya dalam suatu hubungan yang harus Anda perhatikan. Anda dapat mencegah retaknya hubungan dengan mengenali hal-hal apa yang menyebabkan kesenjangan dan mengancam sebuah hubungan.

  • Kontrol yang berlebihan
  • Kurang kepercayaan
  • Pelecehan fisik, emosional, dan mental
  • Kecemburuan terus-menerus
  • Manipulasi psikologis

Hubungan adalah kerja keras, tetapi hasilnya bisa memuaskan. Dengan mengikuti tip sederhana untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat ini, Anda akan berada di jalan menuju kebahagiaan dengan pasangan Anda. (nspirement/sia/may)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI