Keluarga

Waspadalah Pada 10 Kebiasaan Buruk Ini Dalam Penggunaan Ponsel Agar Privasi Anda Terlindungi

Menggunakan ponsel (Getty Images via Canva Pro)
Menggunakan ponsel (Getty Images via Canva Pro)

Semakin banyak orang yang menggunakan ponselnya untuk melakukan pembayaran. Namun, peningkatan kenyamanan ini juga menimbulkan risiko keamanan serius yang tidak boleh diabaikan. Kompilasi 10 kebiasaan paling berbahaya dari pengguna ponsel yang dapat mengakibatkan kerugian finansial atau kebocoran informasi pribadi anda.

1. Tidak menggunakan kata sandi untuk membuka HP

Banyak orang, demi kenyamanan, tidak menyetel kata sandi di ponselnya. Ini tidak hanya nyaman bagi pemilik ponsel, tetapi juga bagi siapa saja yang mengangkat ponsel mereka. Oleh karena itu, selalu atur kata sandi yang akan membuat calon pengintai berkeringat.

2. Berbelanja melalui Browser

Browser telah lama menjadi tempat berkembang biaknya virus dan situs web phishing. Berbelanja online menggunakan browser meningkatkan risiko ‘terjebak’. Proses perlindungan pembayaran seringkali disederhanakan, dan kecerobohan sekecil apa pun dapat menyebabkan kerugian yang signifikan. Lebih aman menggunakan aplikasi resmi untuk belanja dan pembayaran.

3. Tidak Menutup Aplikasi dengan Tuntas

Aplikasi di ponsel anda ingin tetap aktif di latar belakang. Setiap kali anda merasa telah menutup aplikasi, kemungkinan aplikasi tersebut masih berjalan di belakang layar. Siapa pun yang menggunakan ponsel anda dapat mengaksesnya dari pengelola tugas (task manager) dan dapat melewati keamanan untuk langsung masuk ke aplikasi. Ini bisa menjadi bencana jika aplikasi sensitif seperti perbankan tidak ditutup dengan benar, terutama jika anda kehilangan ponsel!

4. Penggunaan WiFi sembarangan

Terhubung ke WiFi gratis itu mudah, tetapi kehilangan uang bahkan lebih mudah. Waspadalah terhadap hotspot WiFi gratis yang dibuat oleh orang jahat di tempat umum untuk mencuri informasi penting seperti nama pengguna dan kata sandi untuk pembayaran. Sebaiknya jangan mengandalkan WiFi umum saat melakukan pembayaran dengan ponsel anda.

5. Membiarkan Bluetooth hidup

Bluetooth di ponsel juga bisa menyebarkan virus. Penyusup dapat mengakses kontak, pesan, file, mengubah pengaturan anda, dan bahkan melakukan panggilan melalui spyware Bluetooth. Selalu matikan saat anda tidak menggunakannya.

6. Tidak Menghapus Informasi Pribadi saat Berganti Ponsel

Banyak orang tidak menghapus informasi pribadinya saat mengganti atau menjual ponsel lama mereka. Jika ponsel ini dijual tanpa dibersihkan dengan benar, informasi pribadi dapat dengan mudah jatuh ke tangan yang salah.

7. Mengunduh Aplikasi dari Saluran Tidak Resmi

Aplikasi palsu terlihat sangat mirip dengan yang asli. Ini sering ditemukan di saluran unduhan aplikasi tidak resmi. Setelah anda menginstal aplikasi semacam itu, kata sandi akun marketplace anda dan bahkan kata sandi pembayaran anda bisa berisiko.

8. Mengklik link Tanpa Berpikir

Pesan teks yang berisi tautan berbahaya sedang meningkat. Penjahat dunia maya sering mengirim pesan penipuan, memikat pengguna untuk menginstal malware atau masuk ke situs web phishing untuk mendapatkan kata sandi dan informasi keuangan mereka. Tahan rasa ingin tahu anda dan hindari mengklik tautan yang mencurigakan.

9. Pemindaian kode QR tanpa pandang bulu

Kode QR adalah pedang bermata dua. Selain membawa kenyamanan, mereka juga membawa risiko. Penipu dapat menyembunyikan tautan virus di dalam kode QR. Jika anda memindai tanpa kebijaksanaan, informasi pribadi dan uang anda bisa berisiko.

10. Menyimpan informasi sensitif yang berlebihan di ponsel anda

Tidak mengatur kata sandi sudah cukup buruk. Jika anda juga senang menyimpan terlalu banyak informasi sensitif pribadi di ponsel anda, risikonya meningkat secara signifikan.

Diatas adalah 10 kebiasaan berisiko dari pengguna ponsel. Apakah anda mengenali salah satu dari item diatas dalam diri anda? Ubah kebiasaan ini sesegera mungkin untuk menghindari membahayakan informasi pribadi anda! (nspirement)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI