Kesehatan

Perspektif Ilmiah tentang Manfaat Falun Dafa bagi Pikiran dan Tubuh

Meditasi Falun Gong (Minghui.org)
Meditasi Falun Gong (Minghui.org)

Banyak orang bertanya-tanya mengapa Falun Dafa memiliki kekuatan peningkatan kesehatan yang ajaib. Guru Li Hongzhi, pencipta latihan ini, telah menjelaskan alasannya dengan jelas dalam ajarannya dari sudut pengobatan Tiongkok, pengobatan Barat, dan pemurnian tubuh fisik. Untuk membantu pembaca memahami konsep-konsep ini, saya ingin menyajikan beberapa penemuan ilmiah yang relevan.

Sistem Peningkatan Diri

Hubungan antara pikiran dan tubuh telah dilaporkan berkali-kali dalam jurnal ilmiah. Dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) edisi November 2004, sebagai contoh, para ilmuwan dari University of Wisconsin melaporkan bahwa “pelatihan mental melibatkan mekanisme integratif temporal dan dapat menyebabkan perubahan saraf jangka pendek dan jangka panjang.” Lebih khusus lagi, gelombang gamma yang terkait dengan fungsi otak yang lebih tinggi seperti kognisi dan memori lebih aktif dalam keadaan meditasi.

Temuan seperti itu sesuai dengan teori tradisional Tiongkok serta ilmu pengetahuan modern. Penemuan dalam beberapa dekade terakhir telah menunjukkan bahwa kesehatan manusia melibatkan elemen berlapis-lapis di berbagai tingkatan. Bahkan, model baru diusulkan untuk memasukkan interaksi biologi, psikologi, sosiologi, dan pikiran. Artinya, pikiran yang kuat dan sehat akan memiliki pengaruh positif pada kesejahteraan psikologis dan perilaku sosial seseorang, yang pada gilirannya secara alami akan mengarah pada kesehatan fisik yang baik.

Pemahaman seperti itu sejalan dengan teori pengobatan tradisional Tiongkok dan metode kultivasi pikiran-tubuh yang asli seperti Falun Dafa, juga dikenal sebagai Falun Gong. Dengan fokus pada alam pikiran, Falun Dafa mengajarkan praktisi untuk berusaha hidup dengan prinsip Sejati-Baik-Sabar dan menjadi orang yang lebih baik. Sementara itu, mereka melakukan latihan — empat latihan berdiri ditambah meditasi duduk — yang mengubah tubuh fisik.

Menurut ajaran Falun Dafa, latihan ini tidak bertujuan untuk meningkatkan kesehatan semata. Sebaliknya, ini membimbing praktisi untuk meningkatkan karakter moral mereka dan mencapai tingkat keselarasan baru antara pikiran dan tubuh. Ketika para praktisi meningkatkan karakter mereka, kesehatan mereka juga akan meningkat secara alami.

Sampai taraf tertentu, Falun Dafa dapat dipahami sebagai sistem perawatan diri atau perbaikan diri. Dengan membaca ajarannya dan melakukan latihan secara teratur, praktisi menjadi lebih memahami tujuan hidup dan dapat menganggap enteng hal-hal yang dulu mengganggu mereka. Mereka juga mampu melepaskan pikiran negatif dan kebiasaan buruk. Dengan pikiran yang lebih tenang, mereka yang mengalami kecemasan dan depresi juga lebih mudah mengendalikan gejalanya. Dampak positif ini secara alami membawa seseorang pada kesehatan fisik dan mental yang lebih baik dan memperkuat kekebalan mereka terhadap penyakit.

Bukti di Tingkat Seluler dan Molekuler

Darah manusia terdiri dari sel darah merah dan sel darah putih. Yang pertama membawa oksigen, dan yang terakhir melindungi tubuh dari penyakit. Hingga 70% dari sel darah putih adalah neutrofil, yang merupakan pemeran utama dari sistem kekebalan bawaan yang melawan hal-hal seperti peradangan.

Neutrofil berumur pendek. Umur mereka hanya sekitar 7 jam dalam darah, dan mereka hidup hanya dua atau tiga jam di luar tubuh. Akibatnya, tubuh manusia menghasilkan 50 hingga 100 miliar neutrofil per hari untuk mengimbangi yang mati.

Gambar di atas menunjukkan neutrofil yang diisolasi dari sampel darah yang telah disimpan di luar tubuh selama 16 jam. Gambar di sebelah kiri adalah dari seorang praktisi Falun Dafa, di mana sebagian besar neutrofil masih hidup dan sehat (ditunjukkan dengan panah biru). Gambar di sebelah kanan berasal dari sukarelawan sehat, yang sebagian besar neutrofilnya mati (ditunjukkan dengan panah hitam). Panah merah menunjukkan sel darah merah.

Para ilmuwan di Baylor College of Medicine juga menerbitkan sebuah artikel pada tahun 2005 di Journal of Alternative and Complementary Medicine. Judul artikelnya adalah “Profil Genom Turunan Neutrofil pada Praktisi Qigong Asia: Studi Percontohan dalam Regulasi Gen oleh Interaksi Pikiran-Tubuh.” Studi ini menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol yang sehat, praktisi Falun Dafa memiliki ekspresi gen yang menunjukkan peningkatan kekebalan dan resolusi peradangan yang cepat. Lebih khusus lagi, neutrofil praktisi lebih kuat dalam mempertahankan tubuh dan memiliki umur yang lebih panjang. Artinya, praktisi hanya membutuhkan 20% atau 30% neutrofil dari orang sehat biasa untuk mencapai efek kekebalan yang sama.

Para penulis menuliskan, “Peningkatan kekebalan dengan latihan pikiran-tubuh mungkin bermanfaat, tetapi respon kekebalan adalah pedang bermata dua, dan aktivasi sistem kekebalan dapat merugikan diri sendiri ketika respon kekebalan terus-menerus.” Faktanya, penelitian ini menunjukkan “bahwa regulasi yang dimediasi pikiran-tubuh dapat mewakili keseimbangan di dalam … menghasilkan pembatasan cedera diri.”

Medan Energi

Penelitian biologi lainnya menunjukkan hasil yang serupa. Sekelompok ilmuwan di Amerika Utara menemukan bahwa tempat latihan kelompok Falun Dafa meningkatkan ketegangan kontraktil dari kardiomiosit terisolasi sebesar 35-111%. Ini menunjukkan ada medan energi tidak diketahui yang meningkatkan respon imun.

Konferensi Dewan Psikolog Internasional (ICP) Tahunan ke-65 diadakan di San Diego pada bulan Agustus 2007. Para psikolog dari seluruh dunia membagikan hasil mereka tentang hubungan antara kesehatan mental dan lingkungan. Ruang lingkup penelitian adalah untuk mempromosikan hubungan multi budaya, perdamaian antar suku, serta kesehatan.

Sebuah proyek berjudul “Studi pada Tingkat Seluler tentang Efek Kesehatan Psikologis dan Fisik dari Meditasi Falun Dafa” membahas manfaat Falun Dafa pada tingkat seluler, psikologis dan energi. Manfaatnya antara lain mengurangi stres mental praktisi, meningkatkan kesehatan mental dan fisik, menyembuhkan penyakit, meningkatkan karakter, dan mengembangkan potensi dan kecerdasan manusia.

Dalam satu eksperimen tertentu, fotografi bio-energi diambil dari jari seorang praktisi sebelum dan sesudah sesi meditasi selama satu jam. Foto itu diambil dengan tegangan tinggi dan frekuensi tinggi yang biasa digunakan, dan menunjukkan bahwa berlatih Falun Dafa memperkuat medan energi orang dan meningkatkan sirkulasi energi dalam tubuh manusia.

Eksperimen menunjukkan bahwa bio-energi di jari praktisi meningkat secara signifikan setelah bermeditasi selama satu jam, seperti yang ditunjukkan dengan sirkulasi periferal yang lebih baik. Karena 10 jari menghubungkan meridian periferal dan titik akupunktur, eksperimen ini membuktikan latihan membuka meridian tubuh dan meningkatkan energi kehidupan. Hasilnya memberikan bukti ilmiah tentang manfaat kesehatan dari Falun Dafa melalui pengobatan energi dan pengobatan Tiongkok. (id.minghui.org)

Falun Dafa diperkenalkan ke publik pada tahun 1992, telah dilatih oleh sekitar 100 juta orang di lebih dari 100 negara. Didasarkan pada prinsip Sejati-Baik-Sabar dan terdiri dari lima perangkat latihan yang mudah dipelajari. Bila ingin mengikuti sesi pengenalan Falun Dafa secara online (penjelasan perangkat latihan dan menyimak testimoni praktisi yang telah berlatih), bisa mengikuti Webinar Falun Dafa (bebas biaya) yang diadakan setiap hari minggu dengan mendaftar pada link berikut: www.belajarfalundafa.com

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI