Kesehatan

Resep Menghentikan Batuk

Batuk
Batuk. (Canva Pro)

Ketika seseorang mengalami batuk, maka hal itu dapat terjadi pada pagi hari, siang hari, dan malam hari. Jika batuk tidak kunjung berhenti, hal ini sangat merugikan. Ada resep sederhana untuk menghentikan batuk yang terdiri dari dua bahan umum. Dengan menggabungkan lobak putih dan madu, anda dapat meredakan batuk dengan cepat!

Lobak Putih dan Madu untuk Menghentikan Batuk

Sejak zaman Edo, orang-orang di Jepang telah menggunakan madu dengan lobak putih untuk meredakan batuk, melindungi dari pilek dan angin, serta menyehatkan kulit. Karena bahan-bahannya mudah didapat dan resepnya sederhana, siapa pun bisa membuatnya di rumah. Di akhir artikel ini akan diberikan resep super sederhana.

Manfaat Kesehatan dari Lobak Putih

Lobak putih memiliki sensasi rasa pedas dari isothiocyanate yang dikandungnya. Zat ini mampu mengaktifkan sel darah putih dan melawan bakteri di dalam tubuh.

Praktisi medis Tiongkok Wu Mingzhu menunjukkan bahwa lobak berbentuk pipih dan agak dingin, memberikan sifat yin, dan memiliki efek menghilangkan panas dan detoksifikasi, menguatkan perut dan menghaluskan makanan, mengatasi dahak, dan meredakan batuk, menghaluskan Qi, dan menghilangkan dahaga. Ia merekomendasikan untuk menggabungkan lobak putih dengan gula batu untuk menghasilkan “Lobak Putih Rebus Bersama dengan Gula Batu”.

Terapi makanan pengobatan Tiongkok berpendapat bahwa lobak putih dan gula batu memiliki efek melembabkan paru-paru, batuk, dahak, dan panas dalam, dan memakannya bersama-sama lebih efektif daripada memakannya secara terpisah.

Sesendok Madu di Malam Hari Dapat Meredakan Batuk Kering

Madu juga merupakan makanan kesehatan yang populer; madu memiliki efek mensterilkan dan dapat menghambat bakteri penyebab demam dan flu. Takashi Ishihara, direktur Rumah Sakit Fuji di Kitashinagawa, Jepang, mengemukakan bahwa meskipun mekanisme kemampuan madu dalam meredakan batuk belum diketahui secara ilmiah, namun terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa “minum satu sendok teh madu sebelum tidur dapat mengurangi batuk, dan efeknya bahkan lebih baik dibandingkan obat batuk.”

Zou Xiaoling, seorang dokter pengobatan Tiongkok di Rumah Sakit Hsinchu di Universitas Kedokteran Tiongkok, menyatakan bahwa efektivitas madu dalam meredakan batuk lebih tinggi pada batuk kering tanpa dahak. Madu yang teksturnya hangat dan lembab dapat melembabkan paru-paru dan menghentikan batuk kering.

Dia juga mengatakan bahwa meskipun makanan manis cenderung meningkatkan produksi dahak, mungkin tampak kontradiktif jika mempromosikan madu untuk menyembuhkan batuk. Memang benar makanan manis bisa memperburuk batuk, namun perbedaannya terletak pada pemanis buatan, perasa, dan bahan kimia dalam makanan seperti kue dan permen yang membuatnya lebih rentan menghasilkan dahak dan api atau energi Yang. Orang dengan pencernaan yang buruk atau batuk yang disebabkan oleh gastroesophageal reflux sering kali lebih sering batuk setelah makan yang manis-manis.

Resep Pereda Batuk dari Lobak Putih dan Madu

Bahan-bahan:

  • Lobak Putih
  • Madu

Cara Membuat:

Kupas dan potong dadu lobak putih

Masukkan lobak yang sudah dipotong dadu ke dalam stoples kaca.

Tuangkan madu secukupnya hingga menutupi separuh lobak.

Biarkan semalaman pada suhu kamar. Lobak akan menjadi manis.

Keesokan harinya, encerkan sirup lobak madu dengan air hangat dan minum 4 sampai 5 kali sehari. Batuk anda akan jauh lebih baik keesokan harinya. Jika tidak suka air putih, anda juga bisa menggunakan teh hitam. (nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations