Wisata

Alhambra – Dari Benteng Sultan, Menjadi Istana Raja Spanyol

Istana Alhambra (Image: Pablo Valerio/Pixabay)
Istana Alhambra (Image: Pablo Valerio/Pixabay)

Salah satu wilayah Spanyol yang amat berbeda karakteristiknya adalah Andalusia, di sana kita bisa merasakan pengaruh dari budaya Afrika Utara dan Jazirah Arab, yang secara geografis memang berdekatan. Dan salah satu kota wisata terkenal di Andalusia adalah Granada yang terkenal dengan keberadaan Istana Alhambra-nya yang sekaligus berfungsi sebagai banteng di eranya.

Dari kejauhan Benteng Alhambra yang didirikan pada abad ke-9 kemudian diperluas dan direnovasi pada abad ke-13, tampak menyatu dan serasi dengan perbukitan kering di sekitarnya, diseling oleh pohon cypress dan pohon jenis pinus, istana ini tampak kokoh menonjol namun sekaligus cantik.

Tiang penyangga penuh ukiran dan kaligrafi yang menawan (Image: Wilfried Santer/Pixabay)

Alhambra yang dideklarasikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1984, awalnya adalah kediaman para sultan dari Dinasti Nasrid. Baru pada abad ke-15, Alhambra menjadi kedudukan dari raja Spanyol, Ferdinand dan ratunya, Isabella. Dan “penemu” benua Amerika, Christopher Columbus menerima restu raja Spanyol bagi perjalanannya ke benua Amerika di istana ini: perjalanan dan petualangan yang menuntun pada era kolonial dan percampuran ras besar-besaran dengan bangsa asli di sana, serta membawa beragam wabah penyakit pula dari Eropa ke benua Amerika.

Detail, ukiran yang terdapat pada istana tersebut merupakan salah satu contoh kegemilangan dalam arsitektur dan seni bangunan, perpaduan antara budaya Eropa dan Arab. Tetapi bukan itu saja, Alhambra juga memiliki kompleks taman dan kolam yang menawan.

Kolam dan taman menghiasi bagian dalam Istana Alhambra (Image: Jan Michael/Pixabay)

Keberadaan kolam tersebut terasa menyejukkan di tengah teriknya cuaca. Penulis berkunjung pada saat bulan Agustus. Liburan musim panas di Eropa merupakan peak season bagi Alhambra, sedemikian banyak pengunjung yang berdatangan, sehingga agak menyulitkan untuk dengan tenang menikmati detail keindahan dari karya seni dan ukiran yang terpampang. Pemesanan tiket masuk sebelumnya amatlah disarankan untuk bulan-bulan demikian, karena kemungkinan besar tiket sudah habis terjual dari beberapa minggu sebelumnya. Terlepas dari sesaknya pengunjung, Alhambra memang adalah salah satu tujuan wisata paling utama dan populer di Spanyol. (ntdindonesia/kar)