Wisata

Efek Trump: Rencana Membeli Greenland Mendongkrak Pariwisata

Greenland (Image: Barbara56/Pixabay)
Greenland (Image: Barbara56/Pixabay)

Setelah presiden Amerika Serikat Donald Trump mengindikasikan rencana AS untuk membeli Greenland dari Denmark, tiba-tiba ketertarikan warga AS akan wilayah itu meningkat pesat. Greenland merupakan tempat paling sepi dengan densitas populasi terendah di seluruh dunia, hanya terdapat 0,03 orang per kilometer persegi!

Booming Pariwisata?

Amerika Serikat merupakan sumber utama bagi pariwisata di Greenland, di urutan ketiga setelah pengunjung dari Jerman dan Denmark. Di tahun 2018, 4258 warga Amerika tercatat mengunjungi Greenland dengan pesawat udara, naik 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pernyataan Trump baru-baru ini semakin memicu keingintahuan banyak warga AS, sehingga situs-situs web yang menawarkan tur wisata ke Greenland mencatat peningkatan drastis pengunjung yang mencari info tentang pariwisata di Greenland. Para operator tur wisata tersebut berharap keingintahuan tersebut akan dapat terealisasi menjadi pesanan paket wisata secara nyata. Paket wisata yang ditawarkan umumnya menjual aspek wisata alam spektakuler, keramah-tamahan penduduk, dan budaya tradisional yang unik.

Dengan luas hampir 2,2 juta kilometer persegi, Greenland adalah pulau terbesar di seluruh dunia. Hampir 20 kali lebih besar dari Islandia, tetapi hanya memiliki seperenam populasinya. Greenland saat ini hanya memiliki sekitar 56.000 penduduk. Pulau tersebut memiliki keindahan alam dan prasarana yang dengan mudah menarik jumlah wisatawan beberapa kali lipat dari jumlah populasi penduduknya, yang diharapkan dapat menjadi sumber pemasukan konsisten bagi warga.

Menjelajahi Greenland

Fenomena Aurora Borealis (Image: Siggy Nowak/Pixabay)

Bagi mereka yang tertarik berkunjung ke Greenland, musim panas antara Mei hingga Agustus adalah waktu terbaik jika anda tertarik dengan aktivitas seperti hiking dan naik gunung. Namun, jika anda hendak menikmati pemandangan Aurora Borealis yang memukau, berkunjunglah saat musim gugur antara bulan September-Oktober. Harap perhatikan temperatur di Greenland senantiasa lebih dingin dibanding daerah lainnya di belahan utara, cuaca terhangat saat musim gugur misalnya hanya di kisaran 1°C.

Selain hiking di pegunungan, aktivitas lainnya adalah sumber air panas alami yang menyegarkan di tengah dinginnya cuaca. Salah satu sumber air panas yang terkenal terletak di Uunartoq. Aktivitas populer lainnya adalah ber-kayak di laut biru yang diseling bongkahan es di sekitar Gletser Petermann.

Greenland (Image: Aline Dassel/Pixabay

Tips lain bagi pengunjung: akses terbaik adalah melalui udara, pulau ini memiliki dua bandara yang dapat diakses melalui Islandia atau Denmark. Saat ini anda hanya dapat memasuki wilayah Greenland dengan visa yang dikeluarkan oleh pemerintah Denmark. Greenland memiliki bahasa tersendiri disamping bahasa Denmark, tetapi Inggris dapat dimengerti banyak orang. (visiontimes/kar)