Wisata

Giethoorn, “Little Venice” di Belanda

Giethoorn (Image: Michel van der Vegt/Pixabay)

Berbicara tentang wisata Eropa, ada demikian banyak tempat-tempat indah, jauh dari pencakar langit, kembali ke kehidupan kota kecil dan desa yang tenang. Di sebelah utara Belanda, ada desa kecil bernama Giethoorn, penuh dengan kanal, jembatan kayu dan rumah tradisional dengan atap jeraminya yang khas. Beberapa rumah tersebut berasal dari abad ke-18 dan 19. Karena kanal dan jembatan-jembatannya, desa itu sering disebut sebagai “Little Venice”-nya Belanda.

Desa Giethorn di utara Belanda (Image: PublicDomainPictures/Pixabay)

Orang Belanda memang terkenal piawai dalam hal membuat kanal, bukan saja di Amsterdam atau Giethoorn, tetapi dahulu juga membuat kanal di daerah Kota di Jakarta. Tetapi dalam hal Giethoorn, mobil memang tidak dapat masuk, maka hanya dapat gunakan moda transportasi air ini.

Perjalanan naik perahu keliling desa tersebut seolah membawa kita ke masa lalu yang indah, saat tradisi masih mendominasi, seolah-olah waktu berhenti berdetak selama beberapa abad dan menyajikan keindahan yang damai dan abadi. Di hari-hari musim dingin yang bersalju pun Giethoorn menampilkan atmosfer yang menawan.

Giethoorn tertutup salju (Image: Michel van der Vegt/Pixabay)

Hari ini barangkali hanya kita catat namanya, siapa tahu satu hari melanglang ke Belanda, maka janganlah lewatkan desa Giethoorn. (ntdindonesia.com/karnadi nurtantio)