Wisata

Granada, Kota Cantik di Selatan Spanyol

Katedral Granada dan area sekitarnya (Image: David Mark/Pixabay)
Katedral Granada dan area sekitarnya (Image: David Mark/Pixabay)

Granada adalah salah satu kota cantik yang terletak di Andalusia yang eksotis, daerah otonomi di selatan Spanyol. Tentu saja kebanyakan turis berdatangan ke kota ini karena hendak mengunjungi Alhambra, istana dan kota di dalam benteng yang terkenal itu, tetapi sangatlah sayang bila melewatkan kota Granada begitu saja, setidaknya kita bisa berkeliling seharian penuh di kota tersebut tanpa merasa bosan.

Bagian dalam dari Katedral Granada (Image: Waldo Miguez/Pixabay)

Misalnya berkunjung ke Katedral Granada, gereja Katolik yang dibangun pada abad ke-16 dan area kota tua di sekitarnya yang memiliki flair demikian menarik. Bagi turis yang enggan berjalan kaki, tersedia pula bus Hop-On Hop-Off untuk bergerak dari satu titik wisata ke tujuan wisata berikut. Tetapi penulis sarankan agar tetap luangkan waktu berjalan kaki, benar-benar tidak menyesal.

Jaket Matador (Image: Javier Martin Garcia/Pixabay

Selain itu, wisatawan asing umumnya juga meluangkan waktu ke Plaza de Toros de Granada alias Bullring, benar tempat adu banteng (dengan manusia, yang disebut pula sang Matador), jenis hiburan atau olahraga yang sebenarnya tergolong kejam dan mengerikan. Tetapi terlepas dari pro dan kontra, faktanya: adu banteng ini ternyata sudah berakar sangat lama di masyarakat Andalusia, oleh orang Spanyol bahkan dibawa dan ditularkan ke negeri jajahannya seperti ke Meksiko dan lain-lain. Guide akan menjelaskan sejarah dan aturan mainnya, ditunjukkan pula tempat para matador berdoa sebelum memasuki gelanggang. Ironi kah? Namun, demikianlah serba-serbi dunia kita. (ntdindonesia.com/karnadi)