Wisata

Liburan di Pulau yang Indah, Procida

Procida, tempat ideal untuk vakansi (Image: Wikimedia / GNU FDL)
Procida, tempat ideal untuk vakansi (Image: Wikimedia / GNU FDL)

Hendak berlibur di tempat yang anda belum pernah dengar sebelumnya? Jika demikian, sudah waktunya berkunjung ke Procida, pulau kecil di Italia yang terletak di Teluk Neaples. Luasnya hanya sekitar 4 kilometer persegi, dan populasinya hanya sekitar 10.000 orang. Pulau kecil dengan penduduk sedikit. Sempurna, bukan? Silakan baca lebih lanjut untuk menelusurinya.

Pulau Procida

Procida terletak di dekat Pulau Capri yang lebih populer, namun Capri seringkali dipadati wisatawan. Jika anda mencari tempat yang tenang, maka Procida adalah opsi terbaik. Dari berbagai atraksi di pulau ini, Marina Corricella adalah yang paling populer dikunjungi turis.

Pulau Procida (Image: Trixie Liko/Pixabay)

Procida adalah desa nelayan yang penuh warna dan dibangun dari atas bukit karang hingga ke tepi laut. Pemukiman yang berawal sejak abad ke-17 tersebut adalah bebas kendaraan motor (karenanya sepeda listrik amat populer di sana) dan hanya dapat dicapai melalui jalan/gang kecil berupa tangga-tangga yang melintasi rumah-rumah penduduk. Sepanjang bibir pantai, ada tumpukan jala nelayan dan restoran di mana anda dapat menikmati hidangan dengan pemandangan ke Terra Murata dan perahu-perahu nelayan yang tengah bersandar atau beraktivitas.

Marina Grande merupakan dermaga tersibuk di pulau itu, di mana kapal-kapal feri yang menghubungkan Procida dengan Naples serta lokasi lainnya, berlabuh. Sementara Marina Chiaiolella merupakan yang paling tenang di antara tiga dermaga yang ada dan terletak di ujung selatan dari pulau. Bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan kedamaian, ini adalah lokasi yang amat direkomendasikan. Terkait pantai, yang populer adalah Chiaia, Pozzo Vecchio, Lingua, Ciraccio, dan Silurenza. Jika anda datang bersama anak kecil, pantai Chiaia barangkali yang paling ideal karena selain pantai yang terbesar, airnya juga relatif dangkal.

Procida pernah ditayangkan pada tahun 1994 dalam film klasik Italia Il Postino. Massimo Troisi, bintang dari film tersebut, telah menunda operasi jantung untuk menyelesaikan pembuatan film. Sayangnya, ia meninggal hanya sehari setelah film itu selesai. Jika anda seorang penggemar film tersebut, anda bisa bertanya kepada penduduk setempat di mana syuting film tersebut berlangsung.

Akses ke Pulau Procida

Cara paling umum ke Procida adalah melalui Naples. Saat tiba di Naples International Airport, ambil taksi ke salah satu pelabuhan berikut – Naples Porta di Massa atau Naples Beverello. Bila lalu lintas sedang lancar, pelabuhan tersebut ditempuh dalam waktu 30 menit. Dari pelabuhan tersebut, anda dapat mengambil kapal feri ke Pulau Procida. Perjalanan dengan feri menempuh waktu sekitar 1 jam 10 menit. (visiontimes/kar)