Wisata

Sawah Jaring Laba-Laba yang Unik di Kabupaten Manggarai

Sawah jaring laba-laba (Image: Karnadi/NTD Indonesia)

Setelah puas hiking dan snorkeling di Taman Nasional Komodo, mari luangkan waktu mendalami budaya masyarakat setempat di Flores. Salah satunya adalah sawah adat, Lingko yang tersebar di beberapa lokasi baik di Kabupaten Manggarai Barat maupun Manggarai Timur.

Berbeda dengan sawah-sawah di Pulau Jawa atau Bali, sistem Lingko di Flores ini dimulai dari satu titik pusat (Lodok), kemudian ditarik garis ke berbagai penjuru. Di lihat dari atas, akan berbentuk seperti jaring laba-laba. Konon sistem pembagian sawah – yang menurut penulis adalah sederhana namun cukup adil – adalah satu-satunya di dunia, juga tidak ditemukan di belahan lain Nusantara kita.

Pemuka adat umumnya mendapat porsi yang paling besar, disusul warga dalam, kemudian warga pendatang. Dalam pembagian diperhitungkan berapa orang yang akan mendapat bagian, juga berapa jumlah keturunannya, demikianlah petak-petak sawah tersebut dibagi. Bagi kita pendatang, metode ini agak mengingatkan pada teknik ibu-ibu kita membagi kue ulang tahun menjadi irisan atau potongan yang lebih kecil.

Sawah adat di desa Cancar, Ruteng (Image: Karnadi/NTD Indonesia)

Sawah adat di desa Cancar, Ruteng (Image: Karnadi/NTD Indonesia)

Salah satu desa yang kerap dikunjungi turis domestik maupun mancanegara adalah Cancar, Kecamatan Ruteng. Warga mendirikan pos registrasi/donasi di jalan masuk, setelah itu pengunjung bisa menaiki ratusan anak tangga ke bukit atas, tempat ideal untuk menyaksikan sawah berbentuk jaring laba-laba tersebut dari ketinggian.

Setelah usai, sebelum melanjutkan perjalanan, pengunjung juga bisa mencicipi secangkir kopi hasil perkebunan rakyat setempat di belakang pos registrasi. Kualitas kopi di Flores juga berbeda-beda, karena semuanya adalah hasil tanam warga setempat dalam skala kecil.

Selain di Cancar, sawah berpola jaring laba-laba juga dapat ditemukan di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat yang digelari lumbung padinya Flores. (ntdindonesia/karnadi nurtantio)