Wisata

Segarnya Mandi di Air Terjun Tegenungan

Air terjun Tegenungan (Image: Juslan Abadi/NTD Indonesia)

Kisah kali ini mengajak pembaca wisata alam ke air terjun Tegenungan, yang terletak di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Letaknya kurang lebih di tengah-tengah antara Denpasar dan Ubud. Dari hotel kami di Ubud, perjalanan dengan kendaraan ke arah tenggara yang berjarak sekitar sepuluh kilometer hanya setengah jam, melewati pedesaan dan sawah-sawah yang hijau di kiri kanan.

Kami pun sudah tiba di lokasi pada pagi hari, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk 20.000 rupiah. Ada banyak kios oleh-oleh ataupun rumah makan di dalam lokasi.  Dari loket tiket, saya hitung ada sekitar 165 anak tangga ke bawah. Tetapi tangga ini ditata dengan baik, jadi bukanlah tangga dari tanah yang licin atau off-road. Selain itu pemandangan semi hutan dan lembah gunung tersebut sangatlah indah, hijau menyegarkan, sekali-kali air terjun sudah terlihat di kejauhan.

Segarnya mandi di air terjun Tegenungan, Bali (Image: Juslan Abadi/ NTD Indonesia)

Yang mengesankan dari air terjun ini adalah volume airnya yang demikian deras, air yang demikian melimpah, mengalir terus-menerus tanpa henti, mengalir ke bawah menuju sungai.

Selain wisatawan domestik, juga terdapat banyak pengunjung mancanegara. Turis asing umumnya sudah siap dengan pakaian renang menuju lokasi, sedang pengunjung lokal kebanyakan hanya berendam hingga selutut, selfie atau berfoto bersama. Sebenarnya mandi di sana airnya selain jernih, juga menyegarkan.

Di lokasi disediakan locker penitipan barang yang harga sewanya 15.000, selain itu juga ada dua kamar mandi. Tidaklah banyak untuk lokasi wisata yang umumnya ramai pengunjung. Tetapi karena bukan air asin, selesai berendam umumnya pengunjung juga tidak lagi memerlukan kamar mandi untuk bilas. (ntdindonesia/juslan abadi/kn)