Wisata

Si Putih nan Cantik, Udaipur

City Palace, Udaipur (Image: Volker Glaetsch/Pixabay)
City Palace, Udaipur (Image: Volker Glaetsch/Pixabay)

Perjalanan ke India terasa belumlah lengkap bila belum mengunjungi Rajasthan (‘Sthan’ = Tanah atau Tempat; ‘Raja’ = Raja), yang terletak di sebelah Utara India. Rajasthan bagai negeri dongeng yang penuh warna, perjalanan ke sana pasti akan meninggalkan kesan mendalam. Ibu kotanya adalah Jaipur (sering juga disebut sebagai Pink City), dan beberapa kota terkenal lainnya di negara bagian ini adalah Jodhpur (Blue City) dan Udaipur (White City).

Dari ketiga kota di atas, Udaipur yang dibangun pada abad ke-16 oleh Maharana Udai Singh II, rasanya yang paling nyaman karena tidak begitu padat. Udaipur dikenal pula sebagai Kota Danau karena dikelilingi oleh beberapa danau yang saling terhubung membentuk sistem irigasi dan sumber air minum. Udaipur pernah menjadi ibu kota Kerajaan Mewar sebelum masa kolonial Inggris. Bangunan-bangunannya yang hingga kini didominasi warna putih, membuat kota ini dinamakan “White City”.

Jendela, dinding, atap di dalam City Palace dihias sedemikian apik
(Image: Volker Glaetsch/Pixabay)

Salah satu obyek wisata wajib adalah City Palace, contoh klasik dari arsitektur gaya Rajput, istana ini merupakan kompleks istana terbesar di Udaipur dan terletak di tepi timur Danau Pichola, danau buatan yang memberikan nuansa ketenangan bagi kota ini. Kunjungan ke istana tersebut memerlukan waktu beberapa jam, karena detail hiasan/desainnya banyak yang indah, baik itu hiasan dinding, jendela, desain atap dan lain-lain, salah satu bagiannya yang sangat indah adalah Mor Chowk (Peacock Square) yang dulu digunakan sebagai tempat makan malam keluarga raja.

Danau Pichola, Udaipur (Image: Veetrag/Pixabay)

Di atas Danau Pichola juga dibangun beberapa istana lainnya, seperti Lake Palace, yang dulunya berfungsi sebagai istana musim panas, dan sekarang telah menjadi hotel bintang lima. Selain itu ada Jag Mandir, istana musim panas para raja Mewar ini yang disebut pula “Lake Garden Palace”.

Di tengah kota juga ada pura besar agama Hindu yang didedikasikan pada Dewa Wisnu, Jagdish Temple, yang dibangun pada abad ke-17 oleh Maharana Jagat Singh I. Masuk ke pura tersebut adalah bebas biaya bagi umat maupun wisatawan, dan kunjungan ke Jagdish Temple dapat dikombinasikan dengan City Palace.

Satu hal yang berkesan bagi penulis adalah banyaknya lukisan pada dinding rumah yang tampaknya telah menjadi satu tradisi di Udaipur, ada yang bermotif Ganesha, raja yang tengah menunggang gajah, prajurit berkuda, perempuan dalam pakaian tradisional dan banyak lainnya. Selamat datang di Negeri para Maharaja. (ntdindonesia.com/karnadi nurtantio)