Wisata

Uluwatu, Tebing Spektakuler di Selatan Bali

Uluwatu, Bali (Image: Karnadi/NTD Indonesia)
Uluwatu, Bali (Image: Karnadi/NTD Indonesia)

Ada banyak tempat untuk menikmati matahari terbenam di Bali, salah satunya yang paling spektakuler adalah Uluwatu, tebing curam di ketinggian sekitar 70-80 meter di atas permukaan laut, yang berada di paling selatan dari Pulau Bali dan langsung menghadap ke Lautan Indonesia.

Di sana berdiri Pura Luhur Uluwatu, salah satu dari enam pura paling penting di Bali, yang cikal-bakalnya konon dapat ditelusuri sejak abad ke-10. Alkisah seorang pertapa dari tanah Jawa yang pertama kali menjadikan tebing di ujung pulau Bali tersebut – sebagai tempatnya bersamadi, terbayang saat itu selain semak belukar, pemandangan indah nan sepi yang terbentang di hadapannya memanglah luar biasa. Singkat kata, sang pertapa tidaklah keliru memilih tempat.

Bunga bougenville bermekaran di sepanjang tepian tebing (Image: Karnadi/NTD Indonesia)

Sementara Pantai Uluwatu yang terletak di bawah tebing, merupakan lokasi surfing yang populer; tidak jauh dari tepian tebing telah didirikan amphiteater untuk pertunjukan tari kecak, yang digelar menjelang matahari terbenam. Tak terbantahkan, pertunjukan tari tersebut telah menjadi acara wajib bagi rombongan wisatawan yang berkunjung ke sana, tetapi menurut penulis, menikmati momen matahari terbenam justru lebih indah dari tepi tebing dibanding dari dalam teater terbuka tersebut.

Sisi lain dari Uluwatu (Image: Karnadi/NTD Indonesia)

Deru angin, gelombang samudera berwarna putih yang susul-menyusul menerpa tebing, pantulan sinar matahari di atas hamparan samudera luas dan puluhan kera penghuni hutan sekitar yang berkeliaran di sepanjang tembok tebing, menampilkan suasana yang menawan dan pastinya akan melarutkan diri kita.

Kera-kera di area wisata ini sayangnya kadangkala mencuri kacamata, topi atau anting-anting pengunjung. Melalui pengeras suara, para pengunjung diingatkan agar berhati-hati. Namun kera-kera tersebut juga telah menjadi bagian dari keseharian di tempat wisata tersebut. (ntdindonesia.com/kar)