Budaya

Kisah Keluarga Zhu Menolong Jendral Ji Bu

Kereta kerbau
Keluarga Zhu membantu orang lain saat bepergian menggunakan gerobak. (Getty Images via Canva Pro)

Keluarga Zhu, yang hidup pada masa Han Gaozu, kaisar pendiri Dinasti Han (256-195 SM), terkenal karena berhati besar.

Ratusan orang terkemuka selamat karena bantuan mereka, dan orang biasa yang mereka bantu tidak terhitung jumlahnya. Namun, mereka tidak pernah membicarakan hal itu dan bahkan enggan bertemu lagi dengan orang yang telah mereka bantu.

Keluarga Zhu membantu orang lain, dimulai dengan yang kurang mampu. Mereka tidak memiliki kelebihan uang, pakaian yang layak, atau makanan lezat, tetapi ketika mereka bepergian dengan gerobak sapi untuk bekerja, mereka kerap membantu orang-orang yang kesusahan yang mereka temui di jalan. Misalnya, mereka diam-diam berhasil menyelamatkan Jenderal Ji Bu. Kemudian, setelah Ji Bu menjadi pejabat tinggi, keluarga Zhu tidak pernah mengunjunginya.

Ji Bu adalah prajurit yang baik dan juga sangat bersedia membantu orang-orang yang dalam kesulitan. Pada saat itu, Tiongkok telah pecah menjadi kumpulan kerajaan-kerajaan kecil. Sebagai jendral Kerajaan Chu, Ji Bu berkali-kali mengepung Han Gaozu yang saat itu menjadi raja Han.

Tetapi Han Gaozu mengalahkan semua kerajaan lain, menyatukan kembali negara-negara dan menjadi kaisar. Dia ingin Ji Bu ditangkap jadi dia menawarkan hadiah. Dia lebih lanjut mengeluarkan dekrit yang menyatakan bahwa: “Bagi mereka yang menyembunyikan Ji Bu, tiga keturunan mereka juga akan dilenyapkan bersama.”

Saat itu, Ji Bu sedang bersembunyi bersama keluarganya di Puyang. Ayahnya Ji Bu berkata: “Kaisar telah menawarkan hadiah untuk menangkapmu dan mencarimu kemana-mana. Ayah punya rencana, jika kamu mau mendengarkan saya; kalau tidak, saya lebih suka bunuh diri di depanmu.” Ji Bu tidak punya pilihan selain setuju untuk mendengarkannya.

Rencananya itu adalah meminta jenderal besar Ji Bu untuk menderita penghinaan karena rambutnya dipotong habis, mengenakan kain goni, dan mengenakan lingkaran besi di lehernya, membuatnya terlihat seperti budak. Kemudian, dia disembunyikan di dalam kurungan tertutup dan dibawa ke keluarga Zhu bersama dengan beberapa pembantu rumah tangga untuk dijual.

Ketika mereka datang kepadanya dengan para budak, kepala keluarga Zhu tahu bahwa Ji Bu termasuk didalam kelompok itu sehingga dia membeli mereka dan mengirim Ji Bu untuk bekerja di pertanian keluarga. Dia juga memberi tahu putranya, ”Pekerjaan di ladang terserah pada budak ini, dan kamu harus makan di meja yang sama dengannya.”

Setelah mengatur segalanya, dia bergegas mengunjungi Adipati Teng dari Ruyin di Luoyang. Adipati Teng memintanya untuk tinggal beberapa hari. Saat minum dengan Teng, kepala keluarga Zhu mengambil kesempatan ini untuk bertanya kepada Teng: “Kaisar sangat bertekad untuk menangkap Ji Bu. Saya ingin tahu kejahatan apa yang telah dia lakukan?”

Adipati Teng berkata: “Saat Ji Bu bekerja untuk Kerajaan Chu, dia telah mengepung kaisar beberapa kali, kaisar sangat membencinya dan bertekad untuk menangkapnya.”

Kepala keluarga Zhu berkata: “Bagaimana pendapat anda tentang Ji Bu?”

Teng menjawab: “Dia adalah orang yang jujur dan berbakat.”

Kemudian kepala keluarga Zhu berkata: “Menurut saya, bawahan harus melakukan yang terbaik untuk tuannya. Di waktu yang lalu Ji Bu berusaha sebaik mungkin sebagai seorang jenderal untuk Kerajaan Chu sesuai dengan tugasnya. Selain itu, Kerajaan Chu memiliki begitu banyak perwira militer belum lagi pejabat pengadilan. Bisakah kaisar membunuh mereka semua?”

Dia melanjutkan berkata: “Sekarang, kaisar Han Gaozu telah mendapatkan dunia. Untuk terus memburu Ji Bu untuk memuaskan dendam pribadinya akan sama saja dengan memberitahu orang-orang di seluruh kekaisaran bahwa dia berpikiran sempit.

Selain itu, Ji Bu adalah orang yang berbakat. Jika situasi dengan Dinasti Han yang baru berdiri ini membuatnya cemas, dia mungkin akan melarikan diri ke Hun atau ke Vietnam. Apa manfaat yang akan diperoleh kaisar dari rasa dendam terhadap orang yang berbakat yang akan berakibat memaksanya untuk membantu musuh kita? Mengapa anda tidak mencari kesempatan untuk membujuk kaisar? ”

Dari ucapan tersebut, Adipati Teng mengerti bahwa keluarga Zhu yang baik hati ini telah mengenal Ji Bu dengan baik, dan berspekulasi bahwa Ji Bu pasti bersembunyi di rumah mereka, jadi dia berjanji untuk berbicara dengan kaisar. Seperti yang diharapkan, Teng berhasil membujuk kaisar. Akibatnya, kaisar memaafkan Ji Bu dan membatalkan dekrit untuk mendapatkan kepalanya.

Pada saat itu, semua orang memuji Ji Bu karena mampu melepaskan kekuatannya dan mengubahnya menjadi fleksibilitas. Dengan cara ini, keluarga Zhu juga menjadi terkenal diseluruh kekaisaran. Dan seperti yang telah diramalkan sebelumnya, Jendral Ji Bu membawa manfaat besar bagi kekaisaran Han karena talenta dan keberaniannya.(nspirement)

Lebih banyak kisah Budaya, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI