Budaya

Menjaga Integritas dan Kelurusan Hati

Puisi Li Sao karya Qu Yuan(wikipedia)
Puisi Li Sao karya Qu Yuan(wikipedia)

Qu Yuan (339-278 SM), seorang pejabat yang jujur dari Negara Chu selama Periode Negara Berperang (403-221 SM) dari Tiongkok. Qu mendedikasikan dirinya untuk setia melayani Negara Chu. Karena bakat dan integritasnya, pejabat lain yang iri hati berusaha keras untuk menggeser kedudukannya. Melalui Zheng Xiu, seorang selir favorit Raja Chu, mereka memfitnah Qu di depan raja, sehingga menyebabkan Qu diasingkan.

Setelah diasingkan, Qu tidak melihat Raja Chu selama tiga tahun, dan dia juga mendengar kerajaan semakin merosot, karena banyaknya pejabat yang korupsi. Dia bingung dan cemas, sehingga ia mencari nasihat dari peramal ternama bernama Zheng Zhanyin. “Saya punya pertanyaan dalam pikiran saya, berharap Anda dapat membantu saya menemukan jawabannya,” kata Qu.

Qu berkata, “Haruskah saya rajin, jujur, dan setia atau haruskah saya menyanjung walaupun saya tahu itu salah sehingga saya bisa menghindari kesulitan? Apakah saya harus berbicara terus terang daripada mengikuti arus untuk melindungi kepentingan saya sendiri?

“Apakah saya lebih cocok jujur dan tidak korup untuk menjaga integritas saya, daripada mengubah pendirian saya setiap kali situasi berubah? Apakah saya lebih cocok mencoba untuk menjadi yang terbaik daripada bertahan nyaman dengan yang terburuk? Haruskah saya terbang tinggi seperti angsa atau berkelahi dengan ayam dan bebek di tanah demi makanan?“

Mendengar hal ini, Zhanyin meminta maaf kepada Qu Yuan, “Ada pertanyaan yang bahkan ramalan pun tidak bisa menjawabnya. Dengarkan apa kata hati nurani Anda, itulah yang terbaik.”

Memahami maksud perkataan Zhanyin, Qu Yuan pulang dan kemudian terinspirasi menulis puisi terkenal berjudul “Li Sao”. Hanya dalam beberapa baris, Qu Yuan menyampaikan bahwa yang penting bukanlah kekayaan ataupun kedudukan seseorang, melainkan kemurnian hati. (epochtimes)

Lebih banyak kisah Budaya, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI