Budi Pekerti

Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

Mood
Mood. (Getty Images via Canva Pro)

Kebanyakan orang bergumul dengan pikiran negatif. Mungkin sulit untuk menentukan mengapa Anda berpikir negatif, tetapi menangkap pikiran-pikiran ini dan mengubahnya menjadi tindakan positif sangatlah penting.

Negatif terhadap netralitas

Langkah pertama adalah mengidentifikasi pikiran negatif. Setelah Anda menyadarinya, Anda dapat mengubahnya menjadi pernyataan netral atau positif. Misalnya, jika Anda berpikir: “Saya lagi malas banget,” ubah pernyataan itu menjadi sesuatu seperti: “Saya perlu istirahat” atau “Saya rehat sejenak.”

Bingkai ulang pikiran Anda

Setelah mengubah pikiran Anda dari negatif menjadi netral/positif, penting untuk membingkai ulang pikiran tersebut menjadi tindakan. Ini berarti mengambil ide tersebut dan mengubahnya menjadi rencana yang dapat ditindaklanjuti. Jadi, alih-alih hanya berpikir: “Saya harus berolahraga lebih banyak,” buatlah rencana kapan dan bagaimana Anda akan berolahraga setiap minggu. Menempatkan rencana ini secara tertulis akan membantu Anda bertanggung jawab dan membuat Anda lebih mungkin untuk menindaklanjuti tujuan Anda!

Terapkan gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi stres dan pikiran negatif. Makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur adalah komponen penting untuk hidup dengan baik. Selain itu, merawat tubuh Anda membuatnya lebih mudah untuk memiliki pandangan hidup yang positif.

Bicaralah dengan seseorang yang dapat membantu

Berbicara dengan terapis atau konselor bisa sangat bermanfaat jika Anda bergumul dengan pikiran negatif. Mereka dapat membantu Anda memahami akar penyebab negativitas Anda dan membimbing Anda dalam mengatasi tantangan tersebut.

Menekan pemikiran negatif

Kita semua memiliki suara hati yang berbicara kepada kita sepanjang hari. Terkadang suara ini bisa berbahaya, memberi tahu Anda bahwa Anda tidak cukup baik atau bahwa Anda tidak akan pernah berhasil. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara membungkam pesan beracun ini. Salah satu caranya adalah dengan melatih self-compassion (mengasihi diri sendiri). Memperlakukan diri Anda dengan kebaikan dan pengertian dapat membantu menenangkan kebisingan berbahaya di kepala Anda.

Ambil napas dalam-dalam

Ambil beberapa napas dalam-dalam di saat pemikiran negatif muncul dan cobalah untuk merilekskan tubuh Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran Anda.

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi pikiran negatif adalah dengan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif. Ketika dikelilingi oleh orang-orang yang mengangkat Anda dan membuat Anda merasa baik tentang diri sendiri, lebih mudah untuk berpikir lebih positif. Selain itu, cobalah untuk membatasi paparan Anda terhadap hal-hal negatif di media (misalnya, berita dan postingan media sosial).

Cari bantuan jika Anda membutuhkannya

Jika Anda menemukan pikiran negatif memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda atau menyebabkan kesusahan, silakan cari bantuan profesional. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda dalam perjalanan menuju positif!

Temukan area yang perlu diubah

Ada banyak hal yang Anda lakukan yang dapat menyebabkan pikiran negatif. Mungkin saja lingkungan itu adalah tempat Anda menghabiskan waktu, acara TV atau film yang Anda tonton, buku yang Anda baca, lirik musik yang Anda dengarkan, situs web yang Anda kunjungi, dan orang yang sering Anda ajak bergaul. Setelah Anda mengidentifikasi area mana yang perlu diubah, ambil tindakan yang bijaksana dan disengaja untuk membuat perubahan!

Melatih self-compassion (mengasihi diri sendiri)

Sangat mudah untuk selalu menyalahkan diri sendiri. Sedemikian rupa sehingga Anda mungkin tidak menyadari seberapa sering itu terjadi. Namun, banyak penelitian telah menemukan hubungan yang kuat antara self-compassion dan manfaat kesehatan mental secara keseluruhan, termasuk penurunan kecemasan dan depresi.

Catatlah

Gunakan jurnal atau selembar kertas dan catat semua hal yang membuat Anda stres, atau membuat Anda cemas atau depresi. Kemudian, setelah mengeluarkan semuanya dari benak Anda, lihat setiap item secara objektif, dan sobek atau bakar kertasnya! Visualisasi ini dapat membantu meringankan beberapa beban pikiran di pikiran Anda, sekaligus membantu memotivasi Anda untuk mengambil langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk memperbaiki situasi.

Bicaralah dengan baik pada diri sendiri

Dengan cara sama ketika Anda berbicara dengan ramah kepada orang lain untuk mendukung mereka, lakukan hal yang sama pada diri Anda sendiri! Saat melakukan percakapan yang sulit dengan orang-orang terdekat, adalah hal biasa ketika kita memberi tahu mereka: “Semuanya akan baik-baik saja,” atau “Aku ada di sini untukmu.” Mengapa tidak mengatakan pernyataan yang sama ketika Anda mengalami masa-masa sulit sendirian? Dimulai dengan mengalihkan kata-kata kasar yang ditujukan kepada diri sendiri, seperti “idiot” atau “pecundang”.  Sebagai gantinya, gunakan frasa seperti “Saya membuat kesalahan, semua orang melakukannya,” atau “Saya bisa mengatasinya!”

Visualisasikan hasil yang positif

Bayangkan situasi berbalik untuk hasil yang lebih baik dari apa yang ada saat ini. Tentu saja, ini tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi membayangkannya terjadi dapat membantu meningkatkan motivasi untuk mengambil langkah-langkah untuk mewujudkan gagasan itu! Misalnya, katakanlah Anda gagal dalam ujian penting; daripada memikirkan skor yang didapat, fokus pada bagaimana Anda akan melakukannya lebih baik di lain waktu dengan belajar lebih banyak, mencari tempat kursus, dan berlatih lebih keras.

Akhiri pikiran negatif untuk selamanya

Jika pikiran negatif sudah menjadi pola yang biasa, sebaiknya coba ganti dengan kebiasaan baik yang baru setidaknya selama tiga minggu hingga menjadi kebiasaan, seperti mengendarai sepeda! Beberapa saran praktis meliputi: menulis lima hal yang Anda syukuri setiap hari, sering memuji orang, tersenyum pada setiap orang yang Anda lewati, dan bermeditasi selama 10 menit setiap pagi dan sore sebelum tidur.

Berikut adalah rekomendasi sebuah latihan meditasi yang dapat membantu self healing:

www.facebook.com/belajarfalundafa

Membuat perubahan kecil pada rutinitas Anda dapat secara signifikan memengaruhi produktivitas dan suasana hati, yang akhirnya mengurangi pikiran negatif secara keseluruhan. (eva/nspirement)

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI