Keluarga

10 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Pernikahan Langgeng

Pengantin @Pixabay
Pengantin @Pixabay

Ada perkataan, “Mudah untuk saling mencintai namun sulit untuk mempertahankan hubungan yang baik.”

Oleh karena itu, tidak sesederhana jatuh cinta. Kebiasaan hidup dan kepribadian pasangan perlu diintegrasikan lebih lanjut, dan dalam banyak kasus, proses itu mungkin tidak selalu menyenangkan.

Pernikahan membutuhkan kedua belah pihak untuk saling mendukung.

10 tip tentang pernikahan

1. Jangan mengungkit tentang perceraian

Pasangan yang sering menyebut tentang perceraian mungkin mengalaminya cepat atau lambat. Jika tidak ingin hal itu terjadi, sebaiknya segera buang kebiasaan ini.

2. Jangan membawa pulang masalah pekerjaan

Masyarakat saat ini kerap mengalami tekanan di tempat kerja dan sering kali membawa masalah pekerjaan ke rumah yang dapat mengganggu kehidupan keluarga mereka.

3. Jangan percaya bahwa pencari nafkah adalah yang bertanggung jawab

Beberapa orang berpikir bahwa siapa pun yang menghasilkan uang paling banyak bertanggung jawab atas keluarga. Ini tidak baik untuk keharmonisan keluarga dan bisa sangat berbahaya.

4. Pembagian kerja antara suami istri terlalu jelas

Keluarga bukanlah perusahaan, dan pembagian kerja tidak boleh dibuat dengan jelas. Siapa pun yang punya waktu bisa mengerjakan lebih banyak.

5. Kompromi dan pertimbangan

Masalah keluarga perlu dirundingkan bersama. Mereka yang hanya peduli pada kebahagiaannya sendiri tanpa memikirkan pendapat orang lain tidak akan memiliki hubungan yang baik.

6. Jangan Membeda-bedakan Orang Tua dengan Mertua

Suami istri berasal dari latar belakang yang berbeda dan secara psikologis memilih untuk melindungi keluarga mereka sendiri. Pasangan yang baru menikah cenderung melakukan kesalahan ini.

7. Jangan membandingkan pasanganmu dengan orang lain

Setiap orang berbeda, dan setiap orang memiliki karakteristiknya masing-masing. Membandingkan pasangan Anda dengan orang lain adalah sikap yang tidak bertanggung jawab. Kata-kata seperti itu akan merusak harga diri pasangan, menyakitkan, dan akan sepenuhnya merusak pernikahan Anda.

8. Jangan pulang larut malam tanpa alasan atau menginap diluar

Bisa dimaklumi kalau pulang larut malam karena pekerjaan sangat padat atau jadwal kegiatan sosial. Ini seharusnya tidak sering terjadi karena pada akhirnya dapat mempengaruhi hubungan.

9. Jangan saling mengekspos kekurangan satu sama lain terlepas dari waktu dan situasi

Pertama, ketika pasangan bertengkar, mereka perlu memperhatikan untuk melakukannya secara privasi. Tenang, dan perhatikan betul untuk tidak mengkritik atau mempermalukan pasangan Anda di tempat umum atau di depan keluarga dan teman.

Kedua, jangan mengungkit masa lalu selama masa konflik atau membuat situasi menjadi lebih buruk. Ambillah beberapa tanggung jawab selama masa-masa tegang seperti itu, karena konsekuensinya mungkin tidak dapat diperbaiki.

10. Jangan menuntut pasangan mengikuti kebiasaan hidup Anda

Suami istri adalah dua individu yang berbeda. Menuntut yang lain untuk hidup dengan cara sendiri dapat memicu ‘api’ dalam hubungan. Jangan memaksa atau menekan pasangan untuk menuruti keinginan Anda. Dengan membiarkan hal-hal mengalir secara alami, hidup akan lebih mudah. (nspirement/sia/may)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI