Keluarga

9 Tip Membantu Anda Move on dari Hubungan yang GagalMove on

Move on @Canva Pro
Move on @Canva Pro

Orang berkata bahwa waktu menyembuhkan semua luka, namun ketika Anda mengalami putus cinta, waktu itu serasa berhenti.

Jika Anda merasa sulit untuk move on dari mantan, jangan putus asa ? ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk melupakannya.

1. Menyingkirkan semua hal yang bisa membuat Anda teringat pada “nya”

Langkah pertama adalah menyingkirkan apa pun yang mengingatkan Anda pada mantan. Termasuk menghapus nomornya dari ponsel, berhenti mengikuti akun media sosialnya bahkan membuang semua barang pemberian mantan.

Hal ini mungkin sulit di awal, padahal ini penting agar Anda bisa mulai melupakannya. Karena jika tidak, tanpa disadari Anda akan terus-menerus melihat profil mantan atau penasaran dengan apa yang dia lakukan ? dan itu akan membuat Anda sulit untuk move on.

2. Mengalihkan perhatian pada hal lain

Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, melakukan hobi baru, atau pergi berlibur bisa membantu Anda melupakan kenangan akan mantan. Melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari putus cinta. Selain itu, kegiatan tersebut membuat Anda terfokus pada yang lain.

3. Ceritakan pengalaman Anda dengan seseorang

Membicarakan apa yang Anda alami dengan seseorang yang akan membantu Anda memahami situasi yang terjadi. Boleh teman, anggota keluarga, terapis, atau siapa pun yang bisa memberi dukungan. Membagikan kisah putus cinta dapat membantu Anda mengolah emosi dan move on. Inilah alasan munculnya kelompok pendukung korban putus cinta? mereka menyediakan ruang bagi para korban untuk berbagi pengalaman dan merasa didengarkan.

4. Menulis pengalaman Anda

Menulis kisah putusnya perjalanan cinta Anda juga bisa berfungsi sebagai terapi. Anda bisa menulis tentang perasaan Anda, apa yang salah dalam hubungan, dan hal lain yang ada di pikiran Anda. Menuliskan perasaan Anda di atas selembar kertas (atau layar gadget) dapat membantu Anda memahami dan mulai melepaskannya.

5. Jangan menguntit mantan secara online

Anda mungkin akan tergoda untuk mencari tahu keberadaan mantan Anda setelah putus, namun sangat penting untuk menahan rasa penasaran Anda. Menguntit mereka secara online hanya akan membuat Anda lebih sulit untuk move on. Jika Anda melihat bahwa mantan Anda tampak bahagia setelah putus, hal itu hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk.

6. Jangan memulai hubungan baru sebagai pelarian

Godaan lain setelah putus cinta adalah mencari orang lain untuk berkencan. Tetapi para ahli mengatakan bahwa memulai hubungan baru untuk pelarian seringkali gagal dan benar-benar dapat membuat Anda lebih sulit untuk melupakan mantan. Jika Anda belum siap untuk berkencan, jangan memaksakan diri ? tunggu sampai Anda benar-benar siap pindah ke lain hati.

7. Jangan terburu-buru

Tidak ada batasan waktu untuk menyembuhkan rasa putus cinta. Beberapa orang bisa bangkit kembali dengan cepat sementara yang lain butuh waktu lebih lama. Jangan pernah membandingkan dengan orang lain. Fokuslah pada diri sendiri hingga saatnya Anda bisa bangkit kembali.

8. Carilah bantuan profesional

Jika Anda merasa sangat sulit untuk move on dari rasa putus cinta, mencari bantuan profesional mungkin akan membantu. Seorang terapis dapat memberikan dukungan dan bimbingan untuk mengatasi emosi Anda. Mereka juga dapat menawarkan strategi bagaimana menghadapi rasa putus cinta.

9. Menyadari bahwa semuanya hal yang wajar

Terakhir, penting untuk diingat bahwa merasa kesal pasca putus cinta adalah hal yang wajar. Bukan berarti ada yang salah dengan Anda, namun hanyalah sebuah signal bahwa Anda peduli dengan hubungan itu.

Uraikan rasa sedih dan ketahuilah bahwa pada akhirnya waktulah yang akan menyembuhkan luka hati Anda. (nspirement/sia/mya)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI