Keluarga

Anak-anak dan Etiket: Saat Dunia Menjadi Lebih Impersonal, Tata Krama Menjadi Lebih Penting

Anak memberi hadiah pada Ibunya (@Getty Images via Canva Pro)
Anak memberi hadiah pada Ibunya (@Getty Images via Canva Pro)

Orang dewasa yang memiliki tabiat sopan santun dan menghormati orang lain adalah perkembangan dari anak-anak beruntung yang dikelilingi orang-orang dewasa yang peduli dan menjadi panutan. Teruskan kebaikan ini kepada generasi berikutnya.

Mengajar dengan Contoh
Bagaimana Anda mengajar anak-anak sama pentingnya dengan apa yang Anda ajarkan kepada mereka. Mengajar dengan memberi contoh adalah metode paling efektif memberikan kredibilitas pada apa yang Anda ajarkan.

Dengan bersikap sopan dan menghormati teman dan orang asing, Anda memperkuat perilaku baik. Anak-anak belajar dengan melihat bagaimana orang dewasa memperlakukan pelayan, menjawab telepon, bereaksi terhadap pengemudi yang buruk, dan banyak lagi, yang pada akhirnya membuatnya sangat penting untuk menjadi panutan yang baik.

Jangan Kasar
Sementara sendawa dan kentut bisa menjadi hal yang lucu bagi anak-anak (dan banyak orang dewasa), mereka perlu memahami jika kekonyolan juga ada waktu dan tempat. Mereka boleh konyol di suatu waktu, namun tidak di waktu yang lain.

Karena kita semua terkadang merasakan kembung, ajari mereka untuk mengatakan “permisi” ketika itu terjadi. Meminta izin untuk meninggalkan meja makan adalah etiket lain yang penting, sementara mengupil dan merapikan pakaian dalam tidak pernah pantas dilakukan di depan umum.

Kartu Ucapan Terima Kasih
Untuk menghindari menjadi anak yang tidak tahu terima kasih, anak-anak perlu memahami mengapa menunjukkan penghargaan dan rasa terima kasih yang tulus atas hadiah liburan, hadiah ulang tahun, dan hadiah lainnya adalah suatu hal yang penting.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah meminta mereka mengirim ucapan terima kasih tulisan tangan selambat-lambatnya sehari setelah menerima hadiah. Mintalah mereka memikirkan bagaimana perasaannya seandainya setelah menghabiskan waktu dan uang untuk memberikan hadiah, hanya mendapatkan balasan email atau pesan setengah hati atau bahkan tidak ada ucapan sama sekali.

Aturan emas
Anak-anak yang memahami pentingnya memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang dapat menyesuaikan diri dengan baik.

Gunakan pengalaman nyata: Jika mereka tidak diundang ke pesta ulang tahun teman sekelas, bantulah mereka belajar dari pentingnya untuk tidak bersikap picik atau kasar. Jika seorang teman merusak mainan anak Anda, tetapi segera meminta maaf dan menggantinya, itu adalah contoh yang bagus dari perilaku yang bertanggung jawab.

Bersikap baik
Jika “tolong” dan “terima kasih” merupakan dasar berperilaku baik, pertanyaan tulus seperti “Apa kabar?” atau semacamnya adalah kerangka kerjanya. Ajari anak-anak Anda meskipun Anda mencintai mereka sepenuhnya dan tanpa syarat, mereka bukanlah pusat alam semesta.

Dengan menunjukkan perhatian yang tulus pada teman, keluarga, dan orang lain, mereka belajar untuk menghormati dan, dengan melakukan itu, mendapatkan rasa hormat dari orang-orang di sekitar mereka. (bill lindsey/theepochtimes/feb)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI