Keluarga

Bagaimana Menangani Situasi Canggung

Situasi canggung @Canva Pro
Situasi canggung @Canva Pro

Di dunia yang pernuh dengan masyarakat ini, kesempatan bertemu dengan seseorang yang meninggalkan kesan tidak baik diantara salah satu atau kedua belah pihak, dapat membuat perasaan tidak nyaman dari diri kita.

Kita mungkin berkesempatan bertemu dengan sejumlah orang yang membuat “pusing” dalam hidup kita. Dalam beberapa kasus, semoga tidak banyak, konflik atau tragedi yang terjadi dapat membuat pengalaman hidup kita menjadi tidak nyaman. Jika hal semacam ini terjadi pada Anda, berikut beberapa saran untuk mengelolanya.

Mantan
Penulis “Love Seminar” Helen Chen mengatakan bahwa 85 persen suatu hubungan berakhir dengan buruk. Prosentase kemungkinan bertemu mantan menjadi lebih besar terutama ketika keduanya tinggal atau bekerja di area yang sama.

Kecuali jika berpisahnya baik-baik, cara terbaik untuk meminimalkan situasi yang tidak nyaman adalah dengan sopan saling menyapa tanpa menghentikan langkah. Jika terjadi di lift atau di restoran, berpura-pura tidak memperhatikannya akan menghindarkan mereka dari rasa yang tidak nyaman.

Teman kantor
Manajer umumnya menghadapi dilema untuk berhubungan dengan pekerja yang telah mereka berhentikan. Jika perpisahan itu dikarenakan alasan ekonomi dan Anda dengan senang hati mempekerjakan mereka kembali jika memungkinkan, sambut mereka dengan antusias dan jaga hubungan dengan baik.

Namun, jika perpisahan tersebut disebabkan oleh kinerja yang buruk atau perilaku yang tidak dapat diterima, jaga agar tetap menyapa dengan sopan, profesional, dan sesingkat mungkin. Jika mereka mulai membicarakan tentang alasan mengapa mereka dihentikan, sarankan mereka untuk menghubungi departemen SDM perusahaan Anda.

Perseteruan Keluarga
Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh firma hukum Wilkinson & Finkbeiner, hampir 50 persen pernikahan di Amerika Serikat berakhir dengan perceraian. Jika Anda menemukan diri Anda bertemu dengan teman atau anggota keluarga mantan Anda yang marah, terimalah kenyataan bahwa pertemuan itu mungkin tidak menyenangkan.

Lepaskan diri Anda secara bermartabat, bahkan jika itu berarti menyetujui pendapat mereka bahwa Anda sebenarnya adalah orang yang “tidak baik.”

Mengusir Pengganggu
Sayangnya, banyak orang yang senang mengintimidasi dan merendahkan orang lain di tempat kerja, di tempat ramai, atau di depan umum. Pilihan terbaik adalah tidak terlibat dengan mereka, karena hal itu akan mendorong perilaku mereka yang tidak pantas.

Kita tidak dapat berharap untuk mengubahnya, tetapi kita dapat mengontrol bagaimana kita bereaksi. Jika mereka adalah rekan kerja atau atasan Anda, laporkan perilaku mereka kepada manajer atau SDM Anda. Saat di ruang publik atau dengan orang asing di depan umum, ciptakan dan pertahankan jarak Anda.

Kehilangan Pasangan
Kematian adalah suatu hal yang pasti, tetapi tidak mengurangi hancurnya perasaan yang diakibatkannya terhadap orang-orang terkasih. Pertemuan tidak sengaja dengan seseorang yang baru saja ditinggal pasangannya adalah kesempatan untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatian kepada mereka.

Tidak jarang pasangan yang masih hidup merasa tersesat dan terombang-ambing karena banyak teman yang menjaga jarak, tidak yakin bagaimana melanjutkan hubungan.

Jadilah teman yang mereka butuhkan; hubungkan kembali dan yakinkan mereka bahwa Anda ada untuk mereka. (bill lindsey/theepochtimes/ian)

Bill Lindsey adalah penulis pemenang penghargaan yang tinggal di Florida Selatan. Tulisannya mencakup real estat, mobil, arloji, kapal, dan topik perjalanan.

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI