Keluarga

Bagaimana Menjadi Lebih Produktif Untuk Mencapai Tujuan Anda

Wanita berpikir (Ivan samkov @ Pexels)
Wanita berpikir (Ivan samkov @ Pexels)

Bagaimana Menjadi Lebih Produktif untuk Mencapai Tujuan Anda

Kembali ke jalur produktif bukanlah hal yang sulit. Yang sulit adalah tetap berada (konsisten) dalam jalur produktif. Sementara sesekali menyimpang ke jalur ketidakproduktifan dan kelesuan adalah hal normal, tetapi tinggal di zona itu adalah tidak normal.

Berikut adalah 18 saran untuk membantu anda tetap produktif sehingga anda dapat mencapai kesuksesan yang lebih tinggi dalam karier Anda.

  1. Selesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu.
  2. Hindari multitasking.
  3. Selesaikan pekerjaan yang membosankan terlebih dahulu atau yang paling akhir.
  4. Buat daftar cara mudah yang dapat anda pakai kembali tanpa masalah.
  5. Jangan pernah putus asa ketika anda gagal; sebaliknya, belajarlah dari kegagalan itu dan hindari kegagalan tersebut di masa depan.
  6. Beristirahatlah sejenak jika terasa lelah dalam menyelesaikan suatu proyek.
  7. Segarkan pikiran dan tubuh anda dengan lepas sejenak dari internet dan manjakan diri anda. Setelah menghabiskan berjam-jam di depan monitor, anda akan merasa lelah dan cara terbaik untuk kembali segar adalah memutuskan hubungan dengan dunia digital untuk beberapa saat (termasuk tidak pegang HP atau nonton TV). Bangkit berdiri dan berjalan-jalan sejenak disekeliling rumah, bermain/bercengkrama dengan anak/pasangan/orangtua akan mengisi kembali energi Anda.
  8. Jangan mengambil pekerjaan yang bukan bidang anda sementara anda sudah memiliki beberapa pekerjaan lainnya. Mengambil pekerjaan ekstra akan menyebabkan anda terlalu lelah.
  9. Setiap kali sebelum memulai pekerjaan anda, pelajarilah terlebih dahulu supaya anda tahu titik-titik masalah yang mungkin akan terjadi, sehingga ketika masalah itu benar terjadi, anda sudah tahu cara menyelesaikannya.
  10. Saat bekerja, jauhi ponsel atau akun media sosial pribadi anda. Ini adalah gangguan yang akan mengurangi fokus dan produktivitas anda.
  11. Memiliki timeline (jadwal kegiatan kerja) yang tetap untuk setiap pekerjaan. Pekerja paruh waktu (freelance) sering mengambil beberapa proyek dari klien yang berbeda. Ini dapat menyebabkan bentrokan waktu kecuali jika rutinitas diatur dengan baik. Bekerja dengan konsep “datang pertama, dilayani pertama” sering kali membantu. Ini juga akan membantu mengatur tenggat waktu pribadi.
  12. Mengatur waktu istirahat pendek pribadi. Sediakan semua kebutuhan kopi/teh anda sehingga anda tidak perlu sering mengambilnya. Ini akan membantu anda tetap fokus.
  13. Memulai lebih awal akan membantu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Banyak orang sukses dan sangat produktif memiliki rutinitas di mana mereka bangun pagi, berolahraga, mendedikasikan waktu untuk kebutuhan pribadi, dan kemudian mulai bekerja. Ini semakin meningkatkan produktivitas mereka.
  14. Tambahkan latihan ke rutinitas harian anda. Memiliki peralihan gaya hidup sering kali menghasilkan keajaiban untuk meningkatkan produktivitas. Meditasi, berjalan kaki, atau jogging dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mood (suasana hati) anda menjadi lebih baik.
  15. Jangan fokus pada masalah yang menguras emosi dan tidak memiliki solusi dalam jangka pendek.
  16. Aplikasi produktivitas akan membantu anda melacak pekerjaan anda dan juga membantu anda bebas dari gangguan. Aplikasi seperti Forest juga dapat membantu anda untuk melihat kesuksesan dari setiap sesi kerja yang berhasil diselesaikan oleh anda.
  17. Penggunaan otomatisasi atau rutinitas saat menyelesaikan tugas yang berulang akan membantu menghemat waktu.
  18. Atur ruang kerja sesuai selera. Ini akan membantu anda lebih fokus.

Menjadi produktif adalah gaya hidup. Menerobos hambatan atau perubahan suasana hati akibat pekerjaan adalah hal yang normal dan mengatasi masalah ini harus menjadi prioritas.(nspirement)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI