Keluarga

Kiat Menanamkan Rasa Tanggung Jawab pada Anak

Anak membantu orang tuanya (Odua Images via Canva Pro)
Anak membantu orang tuanya (Odua Images via Canva Pro)

Bagi sebagian orang, bertanggung jawab berarti mampu memenuhi kebutuhan keluarga dan berkontribusi kepada masyarakat dan orang lain, yang mana berarti bertanggung jawab atas perilaku mereka.

Menanamkan rasa tanggung jawab pada anak-anak Anda mungkin sulit, tetapi sangat bermanfaat. Anak mungkin menganggap proses mencapai tujuan ini sebagai hukuman, tetapi mereka akan menghargai usaha tersebut dalam jangka panjang.

Mengajarkan anak bertanggung jawab merupakan serangkaian tugas yang dipelajari secara bertahap dan konsisten dengan menerapkan dalam rutinitas harian anak Anda sehingga membentuk kebiasaan.

Berikut beberapa tips agar anak bertanggung jawab

Berilah tugas rumah

Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab untuk memberi tahu anak Anda bahwa mereka memiliki tugas yang harus diselesaikan tiap harinya. Anak-anak cenderung tidak fokus, yang terkadang perlu membuat reminder bagi mereka.

Ajarkan anak agar mereka paham pentingnya menyelesaikan tugas sederhana setiap hari dan konsekuensinya jika tidak melakukannya, tetapi hindari menyalahkan anak jika tidak menyelesaikan tugas yang belum pernah diajarkan kepada mereka.

Sebaliknya, beritahu kesalahan yang mereka perbuat dengan kasih sayang, beri tahu alasan melakukan tugas khusus tersebut.

Tugas sederhana seperti membersihkan meja, menyapu lantai, dan membereskan mainan setelah bermain melatih anak untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar di kemudian hari.

Berikan teladan

Salah satu cara paling signifikan untuk mengajari anak-anak Anda bertanggung jawab adalah dengan jadilah orang tua yang bertanggung jawab. Belajar menyelesaikan tugas Anda sendiri sebelum meminta anak Anda melakukan hal yang sama. Anak-anak cenderung menyontoh dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua atau orang dewasa lainnya.

Misalnya, Anda dapat berbenah setelah makan malam dan memberi tahu anak-anak Anda pentingnya membersihkan meja atau membersihkan peralatan makan setelah makan malam.

Berikan pujian setelah anak menyelesaikan tugas

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga senang jika hasil pekerjaan mereka diakui. Mereka merasa bangga ketika mendapat pujian setelah menyelesaikan suatu tugas.

Menunjukkan pada anak bahwa Anda bangga dengan tindakan mereka membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, yang mana akan meningkatkan harga diri mereka.

Pujian memicu anak untuk menyelesaikan lebih banyak tugas karena merasa dihargai.

Terapkan pendekatan ‘Lakukan sendiri

Berikan dorongan pada anak untuk menyelesaikan tugasnya sendiri. Penting bagi orang tua untuk memahami kemampuan anak dan mendorong anak untuk menyelesaikan tugas sesuai kemampuan mereka.

Dalam prosesnya, Anda dapat berperan sebagai orang tua atau wali untuk membantu atau menunjukkan dengan tepat bagaimana sesuatu dilakukan, tetapi biarkan anak Anda menyelesaikan sendiri tugas yang diberikan.

Tanamkan pemahaman agar anak menjadi terbiasa

Membuat rutinitas dan mengulanginya akan menanamkan rasa tanggung jawab pada anak. Anak-anak mungkin tidak mau mengerjakan tugas, jadi terserah orang tua untuk memastikan bahwa anak-anak tetap berpegang pada rutinitas yang telah ditetapkan.

Anda bisa mulai dengan membantu anak Anda menguasai rutinitas sederhana, seperti tidur tepat waktu, bangun sendiri, dan membereskan meja setelah sarapan.

Seiring waktu, mereka dapat menguasai tugas yang lebih kompleks.

Pengulangan tugas yang sama membantu mereka mengingat dan menguasai rutinitas, membuatnya lebih mudah dan sederhana.

Tetapkan batasan

Anak perlu diberikan pembatasan agar tidak bertumbuh menjadi pribadi yang tidak bertanggung jawab.

Pengalaman menunjukkan bahwa anak-anak yang terlalu dimanja tidak mau dimintai pertanggungjawaban atas kesalahan mereka. Mereka sering tidak tahu berterima kasih dan mungkin mengharapkan sesuatu dilakukan untuk mereka.

Peran orang tua adalah menetapkan batasan dan memberi tahu anak-anak mereka bahwa mereka akan dimintai pertanggungjawaban atas kesalahan mereka. Juga, ajari anak-anak Anda rasa terima kasih dan biarkan mereka belajar menghargai sekecil apa pun yang diberikan kepada mereka.

Untuk menanamkan rasa tanggung jawab pada anak Anda, Anda harus menunjukkan kepada mereka bahwa cinta Anda tanpa syarat.

Tunjukkan pada mereka cinta kasih, kesabaran, dan pengertian. Menunjukkan penghargaan pada anak akan membuat anak lebih terbuka dan bebas mengekspresikan diri. (nspirement/sia/may)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI