Keluarga

Membangkitkan Kecintaan Anak pada Memasak – Panduan untuk Segala Usia

Keluarga memasak
Keluarga memasak. @Canva

Aktivitas memasak bersama anak-anak sangat menyenangkan! Maka, libatkan mereka di dapur dan masaklah sesuatu yang lezat. Makanan sederhana yang hanya memerlukan bahan sedikit, mudah dibuat, dan dapat disiapkan serta disajikan dalam waktu sekejap.

Anak-anak dapat berpartisipasi dalam kegiatan memasak sejak usia yang sangat muda, dan mempelajari keterampilan hidup yang berharga, menghargai makanan mereka, dan kebiasaan makan yang sehat.

Memasak bersama Batita (Bawah tiga tahun)

Bermain masak-masakan pada usia ini adalah harta yang berharga. Panci kecil, wajan kecil, mangkuk dan peralatan makan jika dilakukan dengan cara bermain yang tepat akan memberi mereka hiburan selama berjam-jam. Di tahap ini, mereka dapat melatih keterampilan memasak yang Anda ajarkan tanpa memerlukan pengawasan.

Di dapur, siapkan tempat kerja untuk si kecil: area terpisah namun di dekat Anda yang membuat  batita Anda tetap aman dari kemungkinan terkena benda berbahaya seperti ketel, kabel, gagang panci, kompor, benda tajam, dll. Kumpulkan beberapa peralatan dapur yang ramah anak di meja kecil, atau di rak dengan bangku pijakan (step stool) yang aman agar mereka bisa menjangkaunya.

Anak-anak suka bermain air. Ini bahkan dapat membuat proses persiapan mencuci menjadi bagian yang menyenangkan dari pengalaman tersebut. Berilah batita Anda semangkuk sayuran untuk dicuci, dan minta dia untuk mengidentifikasi sayuran tersebut sambil dia melakukannya.

Biarkan mereka menjadi bagian dari proses. Seorang anak akan merasa berharga dan diperlukan jika Anda membiarkannya mencari bahan makanan di lemari atau kulkas. Beri dia perasan lemon dari plastik dan biarkan dia melakukan yang terbaik. Untuk membangun kepercayaan diri, berikan dia pilihan dan biarkan dia membuat beberapa keputusan sendiri.

Mengocok dan menumbuk adalah kegiatan sederhana yang bahkan dapat dilakukan oleh anak kecil. Untuk roti pisang atau muffin, instruksikan anak Anda untuk melumatkan pisang dengan garpu. Untuk kentang tumbuk, biarkan kentang rebus agak mendingin, lalu minta anak Anda menumbuknya. Beri dia sendok kayu, spatula atau pengocok, dan biarkan mereka mengocok, menggulung, atau meratakan adonan.

Membantu anak Anda memahami dari mana makanan berasal akan menabur benih rasa penghargaan. Jika Anda tidak memiliki area untuk membuat kebun kecil di halaman belakang rumah, cobalah mengunjungi perkebunan setempat sehingga mereka dapat mengamati proses pertumbuhan tanaman. Bahkan hanya dengan menumbuhkan biji-bijian atau kacang-kacangan dari bahan dapur adalah keajaiban kecil yang akan mereka hargai.

Memasak bersama Balita (Bawah lima tahun)

Anak-anak di usia ini umumnya ingin lebih terlibat dalam segala hal yang Anda lakukan sebagai orang dewasa. Karena ketangkasan mereka meningkat, Anda dapat memberi mereka tugas yang lebih menantang.

Dalam hal memotong makanan, pastikan mereka menggunakan pisau khusus — pisau yang aman untuk anak-anak dan sepadan dengan harganya yang lebih mahal. Pilih bahan yang lunak untuk dipotong, seperti sayuran matang yang telah didinginkan, atau buah-buahan yang tidak terlalu keras.

Roti dan muffin sangat ideal untuk para chef muda – dan proses pengayakannya pun menyenangkan! Agar tidak berantakan, tempatkan ayakan di atas mangkuk dan ketuk-ketuk bagian sampingnya, alih-alih menggoyangnya. Biarkan mereka menggunakan rolling pin untuk menggiling adonan kue dan carilah beberapa cetakan kue dari plastik yang berbentuk lucu.

Anak kecil menyukai hal-hal yang mungil. Resep porsi satu orang selalu menjadi sesuatu yang sangat disukai oleh balita: loyang roti mini atau pita mini untuk pizza ukuran kecil merupakan hal yang sempurna. Biarkan mereka membuat pizza sendiri dengan topping pilihannya.

Jika balita Anda suka pilih-pilih makanan, setiap kali masukkan bahan makanan baru dalam kegiatan memasak Anda. Mereka akan mau mencoba apa yang telah mereka bantu buat, jadi masukkan banyak bahan-bahan yang menyehatkan.

Mintalah bantuan balita Anda. Anak kecil mampu menyapu, meletakkan barang di lemari bawah, mendaur ulang, dan tugas rumah tangga lainnya. Ajarkan pada mereka cara mengatur meja dengan benar, dan dorong mereka menghargai tradisi makan bersama keluarga. Anda mungkin terkejut betapa senangnya seorang anak kecil membantu orang tuanya.

Memasak bersama anak usia lima tahun ke atas

Anak usia lima tahun dapat membuat sarapan sederhana untuk diri mereka sendiri seperti sereal gandum utuh dan susu atau buah beri di atas yogurt.

Luangkan waktu bersama anak Anda melihat-lihat resep, dan minta mereka untuk menuliskan daftar belanjaan. Anak Anda kemungkinan besar dapat membaca seluruh resep, jadi doronglah dia untuk melakukannya.

Anak usia lima tahun ke atas mampu melakukan aktivitas yang lebih kompleks. Mereka dapat menggunakan gunting, misalnya, untuk memotong sayur di kebun. Parutan mulai dapat digunakan, tentu saja dengan peringatan agar berhati-hati saat menggunakannya untuk menghindari jari terluka karena parutan. Mengolesi loyang dengan mentega menggunakan tangan kosong itu mudah dan menyenangkan. Jika mereka bisa melakukan semua ini, Anda mungkin bisa membiarkan mereka mencoba sesuatu yang lebih sulit, seperti memotong mentega dan mencampurkan ke dalam tepung, tetapi ingatlah agar tetap bersabar. Semakin Anda membiarkan mereka melakukannya, mereka akan semakin bangga dengan pencapaian mereka!

Bagaimana dengan melibatkan anak Anda dalam membuat persiapan membuat rebusan? Dampingi mereka saat menggunakan pisau yang aman, dan bantu mereka memotong sayuran mentah serta memasukkannya ke dalam panci besar. Ajarkan pada mereka bagaimana mencicipi dan memasukkan bumbu saat mendidih. Ini akan membuat mereka merasa seperti layaknya chef yang sesungguhnya.

Setelah usia delapan tahun, anak-anak dapat mulai berpartisipasi dalam kegiatan yang lebih kompleks. Dengan tetap mewaspadai api, bahan-bahan dapat diaduk di atas kompor. Karena banyaknya kemungkinan yang membahayakan saat di dapur, maka diperlukan pengawasan yang terus-menerus. Sekarang mereka dapat membuka kaleng, menggunakan alat pengupas, pengocok telur, dan mixer genggam.

Doronglah anak Anda untuk menyusun menu makanan dan membuat hidangan dari awal hingga akhir, secara mandiri.

Praremaja dan remaja

Kelompok usia ini lebih terkoordinasi dan sudah dapat mengoperasikan peralatan tanpa bantuan. Tekankan pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan. Kemampuan untuk mengukur, membawa, atau menuangkan tanpa menumpahkan, membuka wadah dan bungkus, dan menimbang bahan akan membuatnya cukup efisien di dapur.

Remaja dapat membuat berbagai makanan dengan mengikuti resep yang ada. Berikan panduan nutrisi dan biarkan mereka mengemas makan siang mereka sendiri. Salad buah dan smoothie adalah jenis menu yang sesuai dengan kemampuannya. Saat mereka memperoleh pengetahuan tentang berbagai kelompok makanan, nutrisi, dan bahan apa saja yang masuk dalam kategori makanan seimbang, mereka akan menjadi lebih kompeten di dapur, suatu keunggulan yang akan berguna bagi mereka sepanjang hidup mereka.

Kata makan dalam bahasa Tionghoa terdiri dari dua karakter: chi fan (吃飯), atau makan nasi. Kata minum obat adalah chi yao (吃藥), atau makan obat. Tradisi kuliner Tiongkok kuno menghasilkan makanan yang lezat dan menyembuhkan. Mengajar anak-anak cara memasak dengan baik membekali mereka dengan keterampilan penting yang memungkinkan mereka bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri. Ada yang mengatakan “makanan adalah obat”. Dalam hal ini, keterampilan memasak yang mereka pelajari bersama Anda akan memberi mereka kemampuan untuk menjaga kesehatan bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka di masa depan. (simonejonker/visiontimes/sia/feb)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI