Keluarga

Panduan Lengkap Memberi Tip Selama Musim Liburan

Memberi tip (Karolina Grabowska @Pexels)
Memberi tip (Karolina Grabowska @Pexels)

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat memberikan hadiah berupa uang, yang dikenal sebagai tip atau gratifikasi, selama musim liburan. Bagaimana kebiasaan ini muncul, saya tidak tahu.

Dan saat kita melihat saran editorial di surat kabar dan majalah selama liburan, untungnya tidak ada aturan, tidak ada kebijakan memberi tip.

Apa yang membuat suatu layanan layak mendapat gratifikasi dari pelanggannya sementara yang lain, seperti perawat atau ahli kesehatan gigi, tidak termasuk? Saya tidak memiliki jawaban yang pasti, tetapi saya memiliki beberapa pemikiran untuk pertimbangan yang mungkin dapat berguna bagi Anda. Tujuan saya agar Anda dapat mempertimbangkan sendiri pedoman memberi tip.

Jika Anda tidak yakin siapa yang harus diberi tip, tanyakan pada diri sendiri: Bisakah saya hidup tanpa orang ini? Dengan “mampu tanpa …” maksud saya, apakah Anda ingin menghadapi masa depan tanpa layanan orang ini?

Jika Anda tidak tahan memikirkannya, maka tip adalah sebagai ungkapan terima kasih atas layanan yang diberikan sepanjang tahun dan fakta bahwa Anda sangat bergantung pada orang ini.

Pengambil sampah

Bagi saya, penyedia layanan yang memenuhi kualifikasi seperti yang disebutkan diatas, tidak termasuk tukang sampah. Saya tidak tahu siapa mereka, jujur ​​saja. Beberapa truk besar datang mengambil sampah dan memasukkannya ke dalam truk. Saya sangat menghargai layanan ini, tetapi kita tidak mengenal orang tertentu yang bisa kita andalkan.

Penata rambut

Ini cerita yang berbeda. Membutuhkan cukup banyak waktu untuk menemukan penata rambut yang sesuai. Saya menemukannya pada Mallorie. Saya menghargainya. Saya mengandalkannya. Saya tidak perlu mengarahkan atau memberi saran. Begitu saya datang, dia sudah tahu apa yang harus dilakukan. Kalau dia meninggalkan saya, saya berharap dia baik-baik saja, tapi sambil menghela nafas berat, karena memikirkan entah bagaimana menemukan orang lain sebagai penggantinya. Saya akan memberinya tip lumayan banyak.

Pemotong rumput halaman

Kami memiliki perusahaan pemeliharaan lanskap yang melayani properti kami. Mereka baik-baik saja, tetapi saya tidak tahu nama masing-masing pekerjanya. Percayalah, jika perusahaan ini gulung tikar, saya punya pilihan dari sekitar 50 perusahaan lain yang akan melakukan hal yang sama. Tidak ada tip.

Pengurus rumah

Ini adalah kemewahan yang telah menjadi kebutuhan total dalam hidup saya. Untuk menjaga kesehatan mental saya, sangat layak saya membayar Raquel untuk membersihkan rumah saya. Dia adalah seorang malaikat. Hadiah dari atas. Raquel tepat waktu, rapi, dapat dipercaya, dan dapat diandalkan. Dia memiliki kunci rumah kami.

Jika dia meninggalkan saya, saya akan hancur. Saya tidak bisa menemukan penggantinya dalam sejuta tahun. Ini adalah uang terbaik yang saya habiskan di bulan berapapun.

Saya berdoa untuk kesehatannya, dan semoga dia berumur panjang dan sejahtera. Saya ingin menjadi klien favoritnya, jadi jika dia pernah berkata bahwa dia hanya bisa membersihkan satu rumah, saya ingin itu adalah rumah saya! Saya akan memberi tip besar, dengan senang hati.

Standar Konvensional

Baiklah, saya sudah menyampaikan filosofi pribadi saya tentang tip di musim liburan, berikut adalah panduan tip yang lebih konvensional dari yang disebut para ahli. Ambil informasi ini untuk dipertimbangkan dengan hati-hati dan kemudian tetapkan pedoman Anda sendiri yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan hati Anda.

Tukang pos

Saya tinggal di Amerika Serikat. Layanan Pos A.S. melarang operator menerima uang tunai. Namun, mereka dapat menerima barang nominal dengan nilai di bawah $20, seperti kue atau cokelat, misalnya. Jika Anda sangat senang dengan layanan yang Anda dapatkan, sebuah surat untuk mengapresiasi supervisor harus dibuat.

Pengasuh anak

Untuk pengasuh biasa yang Anda andalkan dan secara konsisten memberikan pengasuhan yang sangat baik, Martha Stewart menyarankan tip yang setara dengan gaji dua malam dan hadiah kecil dari anak-anak.

Pengambil sampah

Jika Anda benar-benar mengenal orang yang mengumpulkan sampah, Anda dapat memberikannya tip.

Pengurus rumah

Jika Anda puas dengan layanannya, berikan tip yang setara dengan satu kali kunjungan.

Penata rambut

Sekali lagi, jika Anda puas dengan layanannya—bahkan jika penata rambut Anda adalah pemilik salon—berikan tip 15 hingga 20 persen dari total tagihan pada kunjungan biasa (selain tip yang biasanya Anda tinggalkan untuk kunjungan terakhir sebelum liburan) dan hadiah kecil. Jika Anda tidak senang, cari penata rambut baru.

Penjaga Pintu

Jika Anda tinggal di gedung dengan satu penjaga pintu, jumlah tip kurang lebih tergantung pada seberapa banyak orang yang membantu Anda sepanjang tahun.

Hadiah uang dalam jumlah berapa pun adalah salah satu cara untuk mengucapkan terima kasih kepada penyedia layanan, tetapi itu bukan satu-satunya cara. Jangan pernah meremehkan nilai dari sebuah catatan tulisan tangan diatas kartu ucapan yang cantik. Setiap ungkapan terima kasih yang datang dari hati yang paling dalam, tidak pernah salah. (maryhunt/theepochtimes/sia/feb)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI