Keluarga

Tips Masak Anti Ribet dari Chef Gordon Ramsay

Gordon Ramsay (Kredit: masterclass.com via nspirement.com)
Gordon Ramsay (Kredit: masterclass.com via nspirement.com)

Gordon Ramsay adalah koki Inggris, pemilik restoran, tokoh televisi, dan penulis. Grup restoran globalnya, Restoran Gordon Ramsay, didirikan pada tahun 1997 dan telah dianugerahi 16 bintang Michelin secara keseluruhan.

Setelah menjadi terkenal di miniseri televisi Inggris, Boiling Point pada tahun 1999. Dia kemudian muncul juga di program TV tentang masakan dan makanan yang kompetitif, seperti serial Inggris Hell’s Kitchen dan Ramsay’s Kitchen Nightmares.

Penampilan televisi Gordon Ramsay disukai karena keterusterangannya, temperamennya yang berapi-api dan sikapnya yang tegas. Dia menggabungkan kegiatan di industri televisi, film, perhotelan, dan makanan dan telah mempromosikan dan mempekerjakan berbagai koki berpengalaman yang telah magang di bawah sayapnya.

Gordon Ramsay kini telah menjadi salah satu koki paling terkenal dan paling berpengaruh di Inggris. Apakah Anda menyukainya atau tidak, tidak dapat disangkal bahwa Gordon Ramsay tahu nuansa memasak lebih baik daripada kebanyakan orang. Berikut adalah tips dari Chef eksentrik ini:

  1. Memotong Rempah-rempah Tanpa Drama

Menambahkan rempah-rempah berupa dedaunan ke dalam sup atau hidangan apa pun adalah ide yang bagus, tetapi memotong-motongnya dengan mulus bisa jadi drama! Untuk menghindari talenan Anda dalam keadaan berantakan, cobalah teknik ini: Kumpulkan rempah-rempah yang ingin Anda potong-potong, lalu gulung dan potong dengan pisau bermata tajam.

  1. Memasak Kentang Matang Sempurna

Merebus kentang diperlukan sebelum menggunakannya dalam hidangan kecuali jika Anda ingin membuat kentang goreng! Namun, kesalahan umum yang dilakukan kebanyakan orang adalah merebus air terlebih dahulu sampai mendidih baru memasukkan kentang ke dalam panci. Yang benar adalah rebus kentang bersama air sampai mendidih ketika mereka masih sama sama dingin.  Ini akan memastikan kentang dipanaskan dan direbus dari tengahnya.

  1. Mengupas Kulit Kentang dengan Mudah

Untuk membuat banyak hidangan berbahan dasar kentang seperti perkedel atau mashed potatoes, Anda perlu merebus kentang dan menumbuknya sebelum mencampurnya dengan bahan dan bumbu lain. Di sini, rahasianya adalah mengupas kulit kentang saat masih panas.

  1. Sari Lemon yang Lebih Banyak

Ingin mendapatkan sari air lemon yang lebih banyak? Nah, Anda bisa mengekstrak lebih banyak jus dari lemon dengan cara menggiling-giling permukaan kulitnya dulu di meja dapur. Cara ini membantu memecah seratnya sehingga Anda mendapatkan lebih banyak sarinya.

  1. Memarut Keju Mozarella dengan Mudah

Anda suka menambahkan keju mozarella ke banyak hidangan untuk sarapan atau makanan utama. Namun, kesalahan yang dilakukan kebanyakan orang adalah membiarkan keju beku dari kulkas mencair. Yang benar adalah langsung aja anda parut dalam keadaan beku, jauh lebih mudah!

  1. Memotong Paprika Tanpa Berserakan Biji

Paprika beraroma dan digunakan dalam banyak hidangan sayuran dan daging. Namun, beberapa orang kesulitan memotongnya dengan cara yang benar. Chef Ramsay mengatakan memotong paprika itu mudah jika Anda memotong batangnya terlebih dahulu. Lalu balikkan paprika di talenan sehingga bagian atasnya menjadi dibawah, lalu potong keempat sisi-sisinya dari atas.

Cara ini membuat biji biji paprika tidak berserakan. Singkirkan bagian bonggol berbiji, kemudian bagian sisi-sisi yang telah dipotong tadi diletakkan terbalik di talenan, iris dalam garis vertikal dan tipis. 

Video Cara Memotong Paprika ala Chef Gordon Ramsay

  1. Membumbui Telur orak-arik

Orak-arik telur rasanya enak dan mudah dimasak. Namun, Chef Ramsay mengatakan untuk memasak hidangan ini dengan sempurna, Anda harus menambahkan garam sebelum dimasak. Kemudian, tambahkan bumbu lain yang anda suka (seperti lada) sesaat sebelum api dimatikan.

  1. Memasak Daging yang Lebih Juicy

Kebanyakan orang membeli daging mentah dalam jumlah banyak dan membekukannya untuk dimasak nanti. Namun bila anda selalu mencairkannya dengan terburu-buru menggunakan microwave menggunakan fungsi Defrost dan langsung memasaknya, adalah cara yang kurang tepat yang mengakibatkan rasa daging kurang juicy. Anda harus sedikit bersabar.

Biarkan daging mencapai suhu kamar secara alami, lalu Anda bisa membersihkan dan memasaknya. Ini berlaku untuk memanggang daging. Biasakan menyusun menu sehingga anda sudah mengeluarkan daging dari kulkas beberapa jam sebelum dimasak sehingga nanti ketika sudah waktunya memasak, daging sudah tidak beku lagi.(nspirement)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI