Keluarga

Tips, Trik dan Resep Berkebun DIY

Berkebun (Cottonbro @ Pexels)
Berkebun (Cottonbro @ Pexels)

Apakah ada sesuatu yang lebih memanjakan mata daripada taman yang indah? Apalagi di masa kita sekarang lebih banyak di rumah daripada keluar, maka menghijaukan halaman, walaupun kecil, adalah hal yang menjadi hobby baru semua orang. Andapun bisa melakukannya.

Vitamin Taman

Meskipun mungkin Anda tidak memakai ampas kopi, namun taman Anda akan me-nyukainya. Ampas kopi seperti megavitamin untuk tanah. Mereka kaya akan fosfor dan magnesium—nutrisi penting yang membantu tanaman tumbuh.

Sangat mudah menabur- kan ampas kopi (basah atau kering) di sekitar tanaman dan masukkan ke dalam tanah. Bahkan warnanya pun menyatu dengan tanah. Hubungi kedai kopi di sekitar Anda untuk melihat apakah ada ampas kopi tersedia disana.

Kalsium Gratis

Anda membuang kulit telur, setiap hari. Benar, bukan? Kulit telur tidak ada gunanya kan? Salah! Kulit telur adalah kalsium yang lezat untuk taman Anda. Pastikan untuk menghancurkannya dengan sempurna, dan memasukkannya ke dalam tanah bersama dengan ampas kopi. Kalsium akan membantu menjaga tanah dan tanaman Anda tetap sehat.

Jaring Penutup Gulma

Koran adalah jaring penutup gulma terbaik. Gratis, dan memungkinkan air mengalir melaluinya, dan juga dapat terurai secara hayati—sangat baik untuk tanah. Koran pasti akan bertahan sepanjang musim, mencegah vegetasi yang tidak diinginkan melalui kisi- kisinya. Begini caranya: pertama, siapkan taman Anda.

Selanjutnya, letakkan lapisan koran tebal di seluruh area, setebal delapan sampai 10 lembar. Sekarang tutup dengan lapisan mulsa yang tebal. Di tempat yang akan Anda tanami bibit, potong berbentuk X melalui mulsa dan koran hingga masuk ke dalam tanah.

Pembasmi Gulma untuk Area yang Ingin Ditanami Kembali

Jika Anda memiliki gulma di area yang ingin Anda tanam kembali, lakukan ini: Isi botol penyemprot tanaman dengan cuka putih, dan tambahkan sekitar satu sendok teh sabun cuci piring cair.

Pilih hari yang panas dan kering untuk menyemprot gulma, mereka akan lemah dan layu dalam beberapa jam, jadi berhati-hatilah agar tidak menyemprotkan apa pun secara tidak sengaja pada tanaman yang diharapkan tetap hidup.

Namun, jangan khawatir cuka akan membunuh apa pun di dalam tanah, karena cuka tidak akan merusak tanah, Anda dapat dengan aman menanam kembali area tersebut setelah gulma mati.

Pembasmi Gulma untuk Area yang Tidak Ingin Ditanami Kembali

Untuk membunuh semua vegetasi di jalan setapak, jalan masuk, tempat parkir mobil, dan area lain dimana Anda tidak ingin tumbuh tanaman, campurkan dua cangkir garam meja dengan satu galon cuka putih.

Lakukan pencampuran dalam wadah yang lebih besar dari satu galon jadi Anda masih memiliki ruang untuk garam meja. Tutup dan kocok untuk melarutkan garam. Garam larut lebih cepat dalam cuka daripada dalam air, tapi butuh sedikit pengocokan.

Mungkin tidak sepenuhnya larut, tapi tidak apa-apa. Tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring cair. Tuang ke dalam botol semprot; pastikan untuk menghindari garam yang tidak larut, yang dapat menyumbat botol penyemprot. Semprotkan pada gulma atau rumput liar pada hari yang kering. Larutan garam ini membasmi gulma atau rumput liar secara permanen. Garam akan menembus dan meresap ke dalam tanah.

Mungkin diperlukan beberapa kali aplikasi, tetapi seiring waktu, garam akan “mensterilkan” tanah. sehingga tidak ada yang akan tumbuh di sana di masa mendatang. (epochtimes)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI