Kesehatan

10 ALasan Miliki Postur yang Baik dan Cara Mencapainya

Postur tubuh yang baik (Thomas Gainsborough via Domain Publik Wikimedia Commons)
Postur tubuh yang baik (Thomas Gainsborough via Domain Publik Wikimedia Commons)

Postur yang baik dulunya dipandang sebagai masalah serius, baik di sekolah maupun di rumah menekankan pentingnya menjaga postur.

Meskipun standar kaku tersebut sebagian besar telah hilang, kami kembali menyadari pentingnya postur tubuh yang baik yang berpengaruh di banyak aspek kesehatan, fokus, dan kesuksesan.

Dengan banyak faktor yang memengaruhi postur tubuh kita di dunia modern, kita mengandalkan berbagai metode dan produk untuk membantu memperbaiki postur yang buruk; sementara orang-orang di banyak budaya tradisional mempertahankan postur tubuh yang baik secara alami.

Mari lihat apa yang bisa Anda peroleh dari memperbaiki postur tubuh , dan kebiasaan yang dapat Anda terapkan yang akan membantu Anda mencapai tujuan ini secara alami.

Apakah postur yang baik?

Postur tubuh yang baik adalah posisi di mana tubuh Anda secara alami seimbang. Saat berdiri, duduk atau berjalan, tulang belakang Anda berada pada posisi netral dari kelengkungan alaminya, tidak berlebihan atau rata.

Kepala seimbang tersangga leher, dengan dagu sejajar dengan lantai. Sementara kepala dan bahu agak lebih condong ke belakang. Kedua pinggul, bahu, siku, dan lutut sama rata. Otot-otot perut kencang, dan berat badan Anda terdistribusi secara merata

Meskipun upaya untuk memperbaiki postur mungkin terasa tidak nyaman dan sulit dipertahankan pada awalnya, begitu otot Anda terbiasa dengan posisi ini, hal ini akan menjadi lebih mudah dan terasa lebih alami.

Sebab dan Akibat Postur yang Buruk

Postur tubuh yang buruk adalah posisi di mana tulang belakang tidak seimbang ? sehingga membuat gerakan menjadi kurang efisien, membahayakan organ dalam, dan merusak kesehatan fisik dan mental Anda. Ada banyak bentuk postur tubuh yang buruk yang dapat menyebabkan berbagai penyakit jika tidak diperbaiki.

Kebiasaan seperti menatap ponsel, membawa beban berat di satu bahu, duduk dalam waktu lama tanpa jeda, bersandar ke komputer, atau bahkan mengenakan sepatu hak tinggi, semuanya dapat berkontribusi pada stres tulang belakang dan postur tubuh yang buruk.

Posisi tulang belakang memengaruhi sistem peredaran darah, pencernaan, pernapasan, dan saraf, yang memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Postur tubuh yang buruk tidak hanya secara langsung menyebabkan sakit punggung dan sakit kepala; namun juga dapat menyebabkan sendi rematik, sembelit, pernapasan terbatas, inkontinensia, kelelahan otot, degenerasi tulang belakang, depresi, kurang fokus atau tidak bersemangat.

Sangat sedikit orang yang memiliki postur tubuh sempurna, jadi Anda tidak sendirian jika Anda sedikit bungkuk; tetapi pertimbangkan kemungkinan jika Anda ingin memperbaiki postur tubuh Anda.

Manfaat dari postur yang baik

Salah satu manfaat terpenting dari postur tubuh yang benar adalah memungkinkan organ internal Anda berfungsi dengan baik. Tulang belakang yang alami dan seimbang dapat membuka energi dan meningkatkan sirkulasi dan pencernaan; dan tanpa tulang rusuk yang menyempitkan paru-paru, Anda memiliki kapasitas pernapasan yang lebih besar. Karena otak menggunakan seperempat penuh oksigen tubuh, hal ini mungkin menjelaskan manfaat lain yang berharga ? yaitu peningkatan kognisi dan memori.

Rasa sakit dan nyeri berkurang ketika tulang dan persendian sejajar dengan benar. Fungsi otot menjadi efisien, sehingga mengurangi kelelahan dan permukaan sendi tidak tertekan oleh keausan yang tidak normal. Ketegangan diminimalkan; dan sakit punggung, sakit leher dan sakit kepala bisa hilang. Jadi, selain penting untuk kesehatan fisik, penelitian menunjukkan postur tubuh yang baik terkait dengan kemampuan kognitif, kesuksesan, dan kebahagiaan.  

Postur tubuh yang baik juga memperbaiki penampilan Anda, membuat Anda terlihat lebih tinggi dan lebih ramping. Berapa banyak aktor atau model yang terpikir oleh Anda, dan  siapa yang membungkuk? Bukan rahasia lagi bahwa pria yang lebih tinggi dan tampak lebih bugar umumnya dianggap lebih menarik oleh wanita; tetapi penelitian menunjukkan bahwa mereka juga mendapatkan lebih banyak penghasilan daripada rekan-rekan mereka yang lebih pendek dan gemuk.

Ini benar-benar resep untuk sukses. Menampilkan diri dengan postur yang baik meningkatkan kepercayaan diri, memberikan kesan percaya diri kepada orang lain, dan memberi Anda kesan berwibawa. Selain itu, postur tubuh yang baik telah lama dikaitkan dengan karakter yang baik.

Orang yang berbudi luhur sering digambarkan sebagai orang yang “tegak”, dan orang yang berpegang teguh pada prinsipnya adalah “berdiri tegak.” Masuk akal bahwa mereka yang memiliki postur tubuh yang baik ketat dengan diri mereka sendiri dalam banyak hal, yang umumnya mengarah pada kehidupan yang lebih produktif, bahagia dan bermakna.

Postur tubuh yang baik adalah norma dalam budaya tradisional

Ahli akupunktur Esther Gokhale, dalam mencari bantuan untuk sakit punggungnya sendiri, membuat misi mengamati hubungan antara kesehatan tulang belakang dan gaya hidup penduduk asli di seluruh dunia. Apa yang dia temukan adalah bahwa gaya hidup tradisional yang aktif secara alami mempromosikan otot perut yang kuat, keseimbangan yang baik, dan postur yang sangat baik.

Gokhale melihat perbedaan yang jelas antara bentuk tulang belakang khas Amerika dan tulang belakang khas pribumi (suku indian).

“Mereka memiliki postur agung, dan itu sangat menarik,” katanya, mencatat bahwa profil tulang belakang orang Amerika membentuk bentuk S yang cukup menonjol, sedangkan tulang belakang suku asli lebih berbentuk J. Dia menambahkan bahwa patung kuno dan karya seni menggambarkan sosok dengan tulang belakang berbentuk J juga.

Alih-alih duduk di kursi, banyak masyarakat adat duduk di permukaan yang datar ? tanah, lantai, atau tikar. Mereka menggunakan sejumlah posisi jongkok atau berlutut untuk melakukan aktivitas sehari-hari, memperkuat otot inti tubuh, dan menunjukkan kelenturan yang membuat kebanyakan orang barat kagum.

Saat membawa beban, mereka menggunakan tubuh mereka secara efisien dengan ketegangan minimum; dan ketika berjalan, yang sering mereka lakukan, mereka melenturkan dan memperkuat otot gluteus medius mereka.

Singkatnya, gaya hidup budaya tradisional yang sederhana namun terarah ? meskipun tidak berupaya agar mendapat kenyamanan dan kemudahan ? tampaknya mencapai hal itu. Tanpa berolahraga di gym atau berlatih yoga, sakit punggung dan masalah postural lainnya hampir tidak ada di lingkungan hidup yang aktif ini.

Pepatah Tiongkok kuno 

Di Tiongkok kuno, postur tubuh yang baik dinilai sebagai atribut fisik dan spiritual yang mencerminkan kekuatan dan karakter seseorang. Dengan penanaman karakter yang begitu penting dalam budaya tradisional Tiongkok,  pepatah secara tegas dibuat untuk mempromosikan postur yang benar:

Berdiri bagai pinus

Duduk bagai lonceng

Berjalan bagai angin

Berbaring bagai busur

Jika Anda pernah memeriksa karakter tulisan Tiongkok, Anda mungkin menebak bahwa tidak ada yang sederhana tentang bahasa tersebut. Ada lapisan makna di hampir semua hal, termasuk bagian singkat ini.

Berdiri bagai Pinus

Seperti pohon cemara, pohon pinus adalah simbol umur panjang, atau keabadian. Ini juga merupakan sumber kayu yang berharga karena bentuknya yang tinggi dan lurus. Berdiri tegak seperti pohon pinus menunjukkan landasan, dan aspirasi mulia untuk meraih surga.

Duduk bagai Lonceng

Seperti banyak budaya tradisional, orang Tiongkok kuno biasanya tidak menggunakan kursi. Diyakini bahwa terlalu nyaman membahayakan fokus seseorang. Lonceng, dengan suaranya yang jernih dan harmonis, merupakan simbol kebijaksanaan murni, dan digunakan di Tiongkok untuk berkomunikasi dengan roh dan dewa. Posisi meditasi membutuhkan punggung tegak, tubuh yang tenang, dan pikiran yang jernih, seseorang dapat dengan mudah menghargai perumpamaan “duduk seperti lonceng”.

Berjalan bagai Angin

Bergerak seperti angin umumnya diartikan cepat. Di Tiongkok, angin adalah elemen yang sangat terkait dengan kekuatan. Orang Tionghoa secara tradisional bergerak dengan tujuan dan ketenangan. Berjalan seperti angin menunjukkan seseorang ringan namun kuat.

Berbaring bagai busur

Sementara dokter di barat menawarkan berbagai saran untuk posisi tidur, filsuf Tiongkok kuno Konfusius bersikeras bahwa seseorang harus tidur miring, santai dan membungkuk. Praktisi pengobatan tradisional Tiongkok setuju bahwa tidur telentang atau menelungkup dapat mengganggu qi, atau aliran energi dalam tubuh.

Busur sering dilihat sebagai simbol pembersihan dan pemurnian, kualitas yang layak ditujukan saat tidur.

Kebiasaan dan latihan sederhana untuk memperbaiki postur tubuh

Ada banyak cara untuk memperbaiki postur tubuh secara alami. Menyadari kekurangan Anda adalah langkah pertama untuk memperbaikinya. Kemudian Anda dapat mengadopsi kebiasaan yang mempromosikan postur yang baik dan memilih latihan yang akan memperkuat otot yang dibutuhkan untuk mempertahankannya.

Untuk mencapai posisi tulang belakang yang netral, Meghan Markowski, seorang ahli terapi fisik di Brigham and Women’s Hospital yang berafiliasi dengan Harvard, menyarankan: letakkan bahu ke bawah dan ke belakang, pegang kepala ke belakang, dan “Bawa pusar Anda ke arah tulang belakang Anda, seolah-olah Anda sedang mengencangkan ritsleting celana jins yang pas,” mengencangkan otot inti.

Saat duduk, jaga agar dagu Anda sejajar dengan lantai; bahu, pinggul, dan lutut Anda pada ketinggian yang sama; dan lutut serta kaki Anda mengarah lurus ke depan. Seseorang dapat duduk di tepi kursi agar tidak bersandar, atau menggunakan bantal penyangga pinggang untuk mengingatkan Anda agar tidak membungkuk. Pastikan untuk memberi diri Anda istirahat dengan beberapa gerakan yang bervariasi setiap 30 menit atau lebih untuk mencegah kelelahan.

Bangun kekuatan perut dengan mengangkat lutut sambil duduk. Duduk tegak di kursi dengan kaki terbuka selebar pinggul dan tangan di samping. Buang napas saat Anda mengangkat lutut kanan dan tangan kiri ke atas. Tarik napas saat Anda menurunkannya dan ulangi 10 kali. Kemudian lakukan hal yang sama dengan lutut kiri dan tangan kanan.

Dr. Callum Pever, seorang terapi tulang belakang di Mississauga Ontario, menawarkan apa yang dia yakini sebagai “latihan postur chiropractic terbaik di dunia.” Tidak membutuhkan apa pun selain permukaan untuk berbaring:

Berbaringlah dengan punggung dan kaki di lantai, lutut ditekuk, lengan di samping. Dari posisi ini, ayunkan lengan ke atas dan mengayunkannya sambil menyentuh lantai, seperti membuat gerakan malaikat salju. Dalam posisi ini, rilekskan lengan, leher, dan punggung bagian atas selama 20 detik. Geser tangan kembali ke posisi awal dan ulangi enam kali.

Saat berjalan, lihatlah lurus ke depan. Jaga bahu Anda ke belakang dan ke bawah dengan kepala seimbang di antara keduanya. Jaga agar inti Anda tetap kencang dan lenturkan otot pinggul dengan setiap langkah. Bergerak menghasilkan mobilitas yang lebih besar, jadi seringlah berjalan. (Ila Bonczek/eva/visiontimes)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI