Kesehatan

11 Manfaat Kacang yang Luar Biasa

Kacang tanah (Isai Dzib @Unsplash)
Kacang tanah (Isai Dzib @Unsplash)

Berapapun usia atau berat badan anda, manfaat kacang tanah sangat banyak dan dapat berperan penting dalam semua jenis diet.

Apakah mereka membantu anda menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas gizi makanan anda, atau mencegah timbulnya penyakit, manfaat kacang tanah untuk semua orang sangat luar biasa.

Bahkan mereka yang kekurangan gizi pun bisa mencapai berat badan yang sehat saat mengonsumsi makanan berbahan dasar kacang.

Dan para atlet pun beralih ke kacang setelah mereka mengetahui bahwa pasokan energi mereka akan dipenuhi dengan nutrisi berkualitas untuk metabolisme mereka. Apakah anda menuai manfaat dari kacang? Baca lebih lanjut tentang manfaat kacang tanah berdasarkan rekomendasi dari masyarakat Timur dan Barat.

Penelitian Dunia Barat tentang Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan sumber protein, lemak sehat, dan serat yang sangat baik. Kacang juga mengandung banyak potasium, fosfor, magnesium, dan vitamin B. Meski tinggi kalori, kacang tanah kaya nutrisi dan rendah karbohidrat. Kacang memberikan manfaat nutrisi dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Hal ini membuat kacang menjadi camilan sehat jika dibandingkan dengan keripik, kerupuk, dan makanan karbohidrat sederhana lainnya.

Berikut adalah 11 manfaat nutrisi yang luar biasa dari kacang tanah berdasarkan penelitian dunia Barat:

Protein

Kacang tanah adalah sumber protein nabati yang sangat baik, mengandung 25,8 g dalam 100 g kacang, atau sekitar setengah dari kebutuhan protein harian seseorang. Protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh. Jumlah protein yang dibutuhkan seseorang bervariasi, tergantung pada usia dan tingkat aktivitasnya.

Lemak sehat

Asam lemak adalah bagian penting dari setiap diet. Sebagian besar lemak dalam kacang adalah asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang merupakan jenis lemak yang menyehatkan.

Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda sebagai pengganti lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kadar kolesterol darah seseorang. Ini, pada gilirannya, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Ada juga sejumlah kecil lemak jenuh dalam kacang. Lemak jenuh kurang menyehatkan daripada tak jenuh atau tak jenuh ganda. Dokter menghubungkan lemak jenuh dengan penyakit kardiovaskular. Akibatnya, yang terbaik adalah makan kacang dalam jumlah sedang untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Serat makanan

Kacang tanah merupakan sumber serat makanan yang baik. Mereka mengandung 8,5 g per 100 g, yaitu sekitar seperempat dari asupan serat yang direkomendasikan pria atau sepertiga untuk wanita.

Serat adalah nutrisi yang menyehatkan jantung. AHA melaporkan bahwa makan makanan kaya serat meningkatkan kadar kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Menutrisi limpa dan meningkatkan Qi

Kacang tanah memiliki sifat ringan, yaitu tidak dingin dan tidak hangat. Mereka baik untuk limpa, perut, dan paru-paru. Karena melembabkan paru-paru dan perut, menyehatkan limpa, dan meningkatkan qi, mereka dapat menyembuhkan batuk kering, mual, kaki atlet, dan penyakit lainnya.

Menyehatkan otak

Kacang tanah mengandung lesitin, sefalin, dan bersifat kolinergik, serta dapat memperlambat penurunan fungsi otak, serta meningkatkan daya ingat pada remaja dan anak-anak.

Menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol

Kandungan lipid kacang tinggi dan mengandung asam lemak tak jenuh, yang sangat diperlukan untuk tubuh anda. Kacang juga bisa diasamkan dalam cuka tua. Cuka dapat meningkatkan penyerapan dan pemanfaatan tubuh anda, serta mengurangi zat lemak kacang.

Ini mengurangi tekanan darah, membantu mencegah pengerasan arteri, dan mengurangi akumulasi kolesterol. Makan 10 acar kacang dalam cuka tua setiap hari sangat bermanfaat bagi kesehatan anda.

Mengembalikan kekuatan wanita dan memperbanyak ASI

Kacang dapat membantu memulihkan kekuatan wanita pasca persalinan, turut berperan menghasilkan darah, dan meningkatkan ASI.

Menstabilkan kadar gula darah

Kacang tanah dapat memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga mengonsumsi kacang tanah saat sarapan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah anda di siang hari.

Menjaga kesehatan jantung

Asam lemak kacang, bersama dengan bahan lainnya, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan pada gilirannya membantu menjaga kesehatan jantung anda.

Mengurangi risiko kanker usus besar

Makan kacang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar, karena asam folat bersama dengan nutrisi lain memiliki efek anti-kanker.

Tingkatkan jumlah trombosit

Makan kacang bersama dengan kulit arinya menghambat pelarutan fibrin, dan dengan demikian meningkatkan produksi trombosit. Mereka juga memperkuat kontraksi kapiler, yang membantu pasien dengan trombositopenia, hemoptisis yang disebabkan oleh pneumonia, dan perdarahan saluran kemih. (nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI