Kesehatan

14 Tips untuk Rambut Panjang dan Kuat

Rambut (Element5 Digital @Pexels)
Rambut (Element5 Digital @Pexels)

Jika Anda serius ingin memanjangkan rambut atau ingin merawat rambut panjang Anda, pertama-tama Anda harus melihat kesehatan Anda secara keseluruhan karena tidak ada sesuatu yang instan.

Jadi pertimbangkan bahwa dengan mengambil banyak langkah kecil, seperti memperbaiki pola makan Anda, Anda akan dapat membuat beberapa perbaikan besar pada kesehatan Anda dan mendorong rambut Anda untuk tumbuh sepanjang potensinya, sambil mempertahankan kekuatannya.

Kiat terbaik di sini

Saya telah mencari kesana kemari untuk menemukan semua tip dan trik yang direkomendasikan orang-orang yang memiliki pengalaman dalam menumbuhkan rambut panjang dan sehat dan menyusunnya di sini.

Beberapa tips yang mungkin sudah Anda ketahui, dan beberapa mungkin belum pernah Anda dengar. Video berdasarkan kebiasaan holistik ini merangkum langkah-langkah terpenting. Atau, Anda dapat melompat ke daftar di bawah ini untuk detail lebih lanjut dan beberapa resep DIY sederhana.

Tips agar rambut lebih panjang dan sehat

1. Minum banyak air

Jika Anda mengalami dehidrasi, pertumbuhan rambut Anda akan terhambat.

2. Pijat kulit kepala Anda

Pijat kulit kepala dengan minyak panas mempertebal dan melindungi folikel rambut, serta merangsang pertumbuhan pada akarnya. Gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Jika Anda tidak ingin menggunakan minyak, cukup pijat kapan saja Anda ingin suguhan santai atau masukkan ke dalam rutinitas harian Anda; teruslah memijat.

3. Jangan terlalu sering mencuci rambut

Idealnya sekali setiap 4 hari atau lebih. Jika Anda perlahan-lahan menambah rentang waktu keramas, Anda sebenarnya dapat melatih kulit kepala Anda agar tidak terlalu berminyak.

4. Hindari pewarna dan pemutih

Gunakan warna alami Anda. Jika Anda ingin mencat rambut untuk menutupi uban, batasi cat rambut Anda agar tidak sampai ke ujung akar rambut.

5. Batasi pemanas atau hindari alat pemanas

Pengering, pengeriting rambut, dan pelurus rambut sangat bagus untuk acara besar, tetapi hindari menggunakannya setiap hari; mereka merusak rambut Anda dan menyebabkan kelemahan dan kerusakan. Ada banyak gaya rambut yang dapat Anda lakukan tanpa alat.

6. Gunakan produk rambut berkualitas

Ini harus diformulasikan secara khusus untuk jenis rambut Anda. Saya ingin mengatakan ini tidak benar, tetapi waktu dan pengalaman telah membuktikan bahwa sayangnya dengan sampo dan kondisioner, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

7. Konsumsilah makanan yang kaya nutrisi

Berserat, buah dan sayuran segar, sumber protein yang sehat, lemak jenuh yang sehat, termasuk omega 3, akan memberi rambut Anda nutrisi untuk menumbuhkan rambut yang indah.

8. Pilih suplemen kesehatan yang baik yang mendukung pertumbuhan rambut

Ada banyak kombinasi vitamin dan mineral yang digabungkan hanya untuk tujuan ini, kadang-kadang mengacu pada “rambut, kulit, dan kuku” atau hanya “untuk rambut”. Carilah bahan-bahan seperti biotin, kolagen, vitamin B plus B12. Ada juga garam jaringan yang disebut silika yang berfungsi meningkatkan kondisi dan kilau rambut. Obat homeopati ini bisa Anda dapatkan di toko makanan kesehatan atau apotek.

9. Pilihlah sikat rambut kayu yang bagus

Meskipun lebih mahal dari yang plastik , sikat kayu tidak merusak atau membuat rambut Anda tegang saat Anda menyikatnya, sehingga mengurangi kerusakan.

10. Setelah Anda mencuci dan memberi kondisioner pada rambut Anda, bilaslah

Ini akan memperjelas rambut Anda dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang tertinggal. Lihat resep bilas rambut dengan cuka sari apel di bawah ini. Jika Anda tidak dapat menemukan bahan bilasan rambut, gunakan air dingin, karena ini akan menghaluskan folikel dan menyegelnya untuk perlindungan.

11. Gunakan kuncir atau klip untuk mengikat rambut Anda

Bando elastis dapat menyebabkan kerusakan saat Anda menggunakannya setiap hari.

12. Potong ujung rambut Anda setiap 3 bulan

Anda hanya perlu mencukur beberapa milimeter; hal ini untuk mencegah pucuk rambut terbelah.

13. Mulai gunakan pelindung rambut saat rambut Anda sedikit lebih panjang

Hal ini akan menjaga rambut Anda agar tidak kusut saat tidur, serta melindunginya dari angin dan matahari, yang membuat rambut kering. Wanita biasanya membungkus rambut mereka dengan syal atau turban hanya karena alasan ini.

14. Gunakan minyak penguat rambut tanpa bilas

Minyak rambut tanpa bilas

Pilih minyak yang ingin Anda gunakan. Minyak terbaik untuk rambut adalah minyak kelapa, argan, jojoba, dan alpukat. Semua jenis minyak ini ringan dan dapat dibiarkan di rambut Anda tanpa membebani atau membuatnya berminyak. Jika rambut Anda sangat tipis, gunakan jojoba, karena ini adalah minyak paling ringan dari semuanya.

Untuk minyak dasar Anda, tambahkan sedikit minyak neem dan 5 tetes minyak esensial rosemary. Jika Anda hamil, jangan gunakan minyak rosemary sama sekali.

Gosokkan sebagian kecil minyak ini ke tangan Anda dan oleskan secara merata ke seluruh rambut, dengan fokus pada ujungnya. Minyak ini akan menghaluskan, menghilangkan keriting, dan menghilangkan kusut pada rambut Anda, serta membuatnya berkilau dan mengkilap seperti satin.

Bilas rambut cuka sari apel

Setelah Anda selesai mencuci rambut, tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam stoples atau wadah kaca. Isi toples dengan air hangat atau dingin, kemudian tuang ke rambut Anda dan biarkan; jangan khawatir, saya melakukan ini sepanjang waktu dan saya tidak mencium bau cuka.

Bilasan ini akan membuat rambut Anda lembut dan berkilau, dan kulit kepala Anda sehat karena cuka akan mengembalikan tingkat pH alami, serta mengobati ketombe atau gatal.

Menumbuhkan rambut bisa membuat frustrasi saat Anda melewati semua fase menjengkelkan yang berbeda; Saya tahu, saya pernah mengalaminya beberapa kali. Bersabarlah dan sementara itu, gunakan banyak aksesori dan gaya yang tersedia untuk membuat diri Anda tetap terlihat gaya dan segar.

Hal utama adalah menghargai kesehatan Anda; itu cara terbaik dan Anda akan menikmati rambut panjang Anda dalam waktu singkat. (eva/nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI