Kesehatan

4 Jenis Bubur yang Bisa Membantu Memberi Ketenangan

bahan bubur
Bahan bubur. (Enotovij | Pixabay)

Beberapa makanan dapat membantu meringankan insomnia karena nilai gizinya. Pengobatan Tiongkok menganggap bahwa bubur adalah makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Lihatlah empat jenis bubur dengan cara masak ala Tiongkok berikut ini, dan lihatlah pengaruh baik yang dimilikinya.

1. Bubur kurma merah

Masukkan kurma merah ke dalam nasi dan masak menjadi bubur.

Kurma merah yang manis bisa bermanfaat bagi limpa dan perut serta menenangkan saraf. Makanan ini sangat baik untuk wanita yang memiliki nafsu makan yang buruk, menderita sindrom kelelahan kronis, dan memiliki sirkulasi darah yang buruk. Kurma merah mengandung karbohidrat, vitamin C, asam organik, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Kurma merah. (Mona Mok | Unsplash)

2. Bubur lengkeng

Masak lengkeng kering dengan kurma merah dan nasi.

Lengkeng itu rasanya manis dan bisa bermanfaat bagi sirkulasi darah dan menenangkan saraf. Lengkeng terutama bermanfaat bagi orang-orang dengan jantung dan limpa yang lemah, serta bagi mereka yang menderita palpitasi, insomnia, dan amnesia karena sirkulasi darah yang buruk.

Lengkeng direkomendasikan untuk orang tua, wanita yang melahirkan, dan ketika pulih dari penyakit serius. Lengkeng mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi serta karbohidrat.

Lengkeng. (bigtreegroup | Pixabay)

3. Bubur jawawut

Campur jawawut dengan air dan masaklah menjadi bubur.

Jawawut memiliki nilai gizi yang tinggi. Kaya akan protein, lemak, dan vitamin, terutama vitamin B, dan merupakan sumber magnesium, yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan.

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, bubur jawawut dapat membersihkan panas tubuh, menyehatkan esensi vital, meningkatkan produksi urin, dan mengobati diare.

Di Tiongkok Utara, sudah menjadi tradisi bagi banyak wanita setelah melahirkan untuk makan bubur jawawut dengan gula merah, untuk membantu pemulihan tubuh. Karena itu, bubur jawawut sering disebut juga sebagai sup ginseng alternatif.

Jawawut. allybally4d | Pixabay

4. Bubur susu

Masak bubur nasi dulu. Saat bubur hampir siap, tambahkan susu segar.

Triptofan adalah asam amino esensial yang tidak dapat disintesis oleh tubuh manusia. Jadi zat itu harus didapatkan dari makanan. Tryptophan bertindak sebagai pendahulu neurotransmitter penting, serotonin.

Serotonin dihasilkan di otak dan menyebabkan kantuk.

Insomnia disebabkan oleh kurangnya sekresi serotonin di otak dan triptofan menghasilkan serotonin, sehingga, makan bubur susu di malam hari dapat menyebabkan tidur yang nyenyak. (visiontimes/an)

Susu. Crissy Jarvis | Unsplash

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI