Kesehatan

5 Jenis Makanan Untuk Panjang Umur

Makanan panjang umur
Makanan panjang umur. (Pixabay)

Lahir, tua, sakit, mati adalah siklus alam semesta, tentunya hal ini bukan penghalang akan harapan berumur panjang. Makanan sebagai kebutuhan primer sekaligus penyedia energi dan nutrisi, tentunya ini juga sumber utama yang kita gunakan untuk mempromosikan umur panjang.

  1. Sayuran segar
    Sayuran kaya akan kandungan protein seperti karoten, vitamin, serat dan mineral seperti kalsium, kalium, dan zat besi, serta hormon tanaman. Antioksidannya, seperti antosianin, bekerja untuk mengurangi radikal bebas sehingga meningkatkan imunitas dan memperlambat penuaan. Mengonsumsi banyak sayuran bisa membantu Anda tetap awet muda dan memperlambat proses penuaan.
  2. Telur
    Telur mengandung nilai gizi yang tinggi. Mereka mengandung protein, elemen, mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor, serta nutrisi seperti asam amino dan lesitin. Mengonsumsi telur setiap hari dapat membantu menyehatkan paru-paru, memperbaiki metabolisme yang lemah dan kekurangan gizi.
  3. Millet
    Millet merupakan biji-bijian yang kaya akan zat pati, karoten, seng, besi, kalsium, selenium, vitamin, protein, dan terutama vitamin B2, yang dapat mempertahankan pertumbuhan dan kapasitas reproduksi serta memperkuat otot dan tulang. Millet memberi nutrisi pada darah dan otak, memperbaiki sistem metabolisme, memperkuat fungsi limpa, mendetoksifikasi dan mengurangi panas. Hal ini berguna menjaga tubuh kesehatan tetap maksimal sehingga dapat hidup lebih lama.
  4. Apel
    Apel rendah kalori namun tinggi vitamin, kalsium, asam malat, dan mineral. Apel meningkatkan metabolisme. Kandungan antioksidannya, seperti polifenol dan flavonoid, dapat mencegah kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan elemen dan seratnya meningkatkan mobilitas pencernaan dan kemungkinan menekan penyakit, dengan demikian membantu menjaga kesehatan dan kesempatan berumur panjang.
  5. Kacang-kacangan
    Kacang sebagian besar mengandung protein, vitamin, minyak, asam amino, dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan meningkatkan fungsi otak. Asam lemak tak jenuh mudah diserap oleh tubuh dan mengatur lipid darah dan memperlambat penuaan. Asupan kacang yang lebih sering dapat meningkatkan sistem kekebalan dan membantu memperpanjang usia. (visiontimes/may)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI