Kesehatan

6 Alasan Berjalan di Bawah Hujan Sangat Bermanfaat

Berjalan di tengah hujan sebenarnya adalah kegiatan yang sangat bermanfaat baik bagi pikiran maupun tubuh (Image: pixabay)

Hujan bisa  memicu emosi berbeda pada manusia. Ada orang yang sangat suka dengan yang namanya hujan dan dengan gembira menantikannya, namun ada juga yang tidak suka dan memilih mengunci diri di dalam rumah. Berjalan di tengah hujan sebenarnya adalah kegiatan yang sangat bermanfaat baik bagi pikiran maupun tubuh.

1. Aroma segar

Salah satu hal yang paling nyata tentang hujan adalah aromanya yang menyejukkan suasana hati pada kebanyakan orang. Ini sebagian besar berkaitan dengan molekul yang disebut geosmin yang diproduksi oleh sekelompok bakteri yang ditemukan di tanah subur. Saat menyentuh tanah, hujan melepaskan geosmin ke udara. Manusia sangat peka terhadapnya dan seringkali merasa baunya menenangkan dan membuat ketagihan. Geosmin juga menjadi bahan populer dalam parfum.

2. Baik untuk kulit

Air hujan bersifat alkali. Mandi dalam air alkali telah terbukti menutrisi kulit. Ia juga dikatakan memiliki sifat anti-penuaan. Air alkali dapat meningkatkan sirkulasi darah, dengan demikian membantu memperkuat pertumbuhan rambut. Lingkungan hujan juga berarti tingkat kelembaban yang tinggi. Ini membantu menjaga kulit tetap muda dan elastis.

3. Sistem kekebalan yang lebih kuat

Beberapa orang cenderung masuk angin segera setelah memasuki musim dingin. Ini disebabkan mereka terbiasa tinggal di dalam rumah dengan suhu ruang dan jarang terekspos udara luar yang dingin. Berjalan di tengah hujan berkontribusi pada pengembangan sistem kekebalan tubuh Anda, memastikan kesehatan Anda tidak terpengaruh hanya karena perubahan musim.

4. Membakar kalori

Idealnya, orang harus mengerahkan lebih banyak kerja otot dan energi saat berjalan di tengah hujan dibandingkan dengan berjalan saat udara cerah. Ini mempengaruhi aktivitas berolahraga sehingga membantu membakar kalori lebih cepat dan membantu mengurangi lemak tubuh.

5. Pikiran jernih

Berjalan di tengah hujan bisa membantu mengurangi beban pikiran dan menguraikan benang kusut dalam pikiran. Bagi sebagian orang, ini bisa dijadikan sebagai kegiatan “melatih karakter” karena “berjalan di tengah hujan” secara teratur bisa membantu Anda untuk menjalani hidup dan melepaskan kontrol diri. Selain itu, sensasi yang ditimbulkan oleh hujan bisa membantu memulihkan rasa kehilangan atau momen buruk yang dialami seseorang, ”menurut Footfiles. Anda juga cenderung menjadi lebih terbuka dalam menerima nasihat.

6. Udara murni

Air hujan menyapu banyak gas beracun yang terbawa dalam atmosfer, membuat udara bersih. Ini merupakan saat terbaik bagi Anda untuk menikmati udara bersih, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan dengan kualitas udara yang buruk. Aerosol yang terkandung dalam udara menempel pada tetesan hujan dan berakhir di tanah. Ketika tingkat kelembaban melewati 43%, hampir tiga perempat virus di udara tidak berdaya. (visiontimes/may)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI