Kesehatan

Akupunktur dan Pengobatan Tradisional Tiongkok untuk Mengobati Diabetes

Akupunktur @Canva Pro
Akupunktur @Canva Pro

Diabetes mellitus adalah sekelompok penyakit kronis di mana tubuh tidak dapat mengatur kadar gula darah dengan baik.

Diabetes tipe-2, yang terutama menyerang orang dewasa, adalah yang paling umum.
Di sini, tubuh resisten terhadap insulin atau tidak membuat cukup insulin untuk mempertahankan kadar gula darah yang tepat. Sekitar 420 juta orang hidup dengan kondisi diabetes di seluruh dunia. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), diabetes adalah penyebab kematian kesembilan secara global. Di Amerika Serikat, itu adalah penyebab kematian ketujuh.

Diperkirakan menelan biaya lebih dari $320 miliar untuk biaya medis, kehilangan pekerjaan, dan upah. Komplikasi diabetes antara lain masalah mata, gagal ginjal, penyakit sistem saraf, dan masalah jantung.
Dari membuat pilihan gaya hidup sehat hingga memiliki tim pendukung profesional perawatan kesehatan, manajemen diabetes yang tepat memerlukan pendekatan holistik. Profesional kesehatan ini harus dokter, perawat, ahli gizi, ahli akupunktur berlisensi, dan profesional terkait lainnya.

Pengobatan Tradisional Tiongkok dan Diabetes
Dalam sejarah Tiongkok, diabetes telah dikenali dan diobati selama 2.000 tahun terakhir. Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) menyebut diabetes sebagai “xiao-ke” atau penyakit kehausan. Dalam PTT, gejala umum xiao ke adalah sering buang air kecil, haus, lapar berlebihan, dan penurunan berat badan. Gejala-gejala ini mirip dengan diabetes tipe-1 dan beberapa diabetes tipe2 yang tidak menghasilkan cukup insulin. Namun, gejala wasting jarang terjadi pada diabetes tipe-2.

Menurut PTT, diabetes terjadi akibat ketidakseimbangan dalam siklus aliran Qi (diucapkan sebagai “chi” dan mengacu pada kekuatan energi atau kekuatan hidup yang mengalir dalam tubuh) di dalam meridian, jalur yang dilalui Qi, darah, dan aliran cairan tubuh lainnya, serta sistem organ. Ketidakseimbangan ini menghasilkan panas yang menghabiskan cairan tubuh.
Teori pengobatan Tiongkok menurut konsep San Jiao mengklasifikasikan diabetes menjadi tiga jenis. San Jiao menggambarkan rongga tubuh yang dapat memengaruhi organ lain terutama melalui gerakan bebas Qi.

Penderita diabetes Jiao-atas (terutama paru-paru) mengalami rasa haus dan minum air dalam jumlah berlebihan, diabetes Jiao-tengah (terutama limpa) menderita kelaparan dan makan berlebihan, sedangkan diabetes yang berhubungan dengan Jiao-bawah (ginjal), mengeluh haus dan sering buang air kecil dengan air seni yang keruh.

Pengobatan Tiongkok secara unik menangani setiap pasien diabetes. Dari akupunktur, pengobatan herbal, latihan energik, dan modifikasi gaya hidup. Salah satu pengobatan di atas dapat dipilih oleh praktisi, tergantung pada individunya.
Perawatan berfokus pada pengaturan sirkulasi darah dan Qi, serta menyeimbangkan sistem organ untuk meningkatkan fungsi pankreas dan menghentikan penipisan cairan akibat gula darah tinggi.

Menggunakan Akupunktur untuk Mengobati Diabetes
Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengakui akupunktur sebagai modalitas pengobatan yang efektif untuk beberapa kondisi medis: nyeri kronis, migrain, dan diabetes.
Akupunktur, aspek penting dari pengobatan tradisional Tiongkok, melibatkan penyisipan jarum yang sangat kecil dan terutama tanpa rasa sakit pada titik-titik strategis di tubuh Anda.

Yishu –sebuah titik di punggung ke sisi vertebra toraks ke-8, telah sering digunakan dan telah terbukti cukup bermanfaat dalam pengobatan diabetes. Ada beberapa meridian lain di seluruh tubuh yang juga digunakan untuk mengobati diabetes dengan akupunktur.
Akupunktur membantu mengatur fungsi pankreas dan kadar insulin. Hal ini juga efektif dalam mengobati rasa sakit yang timbul dari neuropati diabetes, karena merangsang endorfin yang merupakan neurotransmitter yang menghalangi perasaan sakit.

Selain itu, akupunktur mengurangi produksi kortisol dengan memperkuat fungsi hati dan ginjal untuk mengeluarkan hormon stres ekstra dengan cepat. Kortisol diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah. Jadi, ini pada akhirnya membantu menyeimbangkan bagian tubuh yang tidak dapat mengatur kadar gula sendiri.
Dalam mengobati diabetes, berbagai bentuk akupunktur dapat digunakan, tergantung pada kasus spesifik pasien. Diantaranya termasuk akupunktur tradisional, elektroakupunktur, akupunktur pergelangan tangan-pergelangan kaki, dan akupunktur herbal.

Akupunktur tradisional merangsang titik tubuh tertentu untuk mencapai hasil. Riwayat medis pasien, usia, dan tingkat keparahan kondisi memengaruhi bagaimana bentuk akupunktur ini digunakan.
Beberapa penelitian telah menunjukkan elektroakupunktur menjadi cara yang efektif untuk mengendalikan gula darah dan mengobati rasa sakit yang terkait dengan neuropati diabetik. Ini adalah bentuk akupunktur yang paling umum digunakan untuk mengobati diabetes. Ahli akupunktur memasukkan jarum pada titik-titik tertentu dan menghubungkannya ke perangkat yang mentransmisikan impuls listrik dari satu jarum ke jarum lainnya.

Istilah akupunktur pergelangan tangan-kaki merangsang titik-titik akupunktur di sekitar pergelangan tangan dan pergelangan kaki terutama untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh neuropati perifer diabetik.
Akupunktur herbal adalah bentuk akupunktur yang populer di kalangan ahli akupunktur. Ini mengurangi kadar gula darah. Di sini, praktisi menyuntikkan ekstrak herbal alami ke dalam titik akupunktur. Herbal yang berbeda digunakan tergantung pada gejala dan usia yang muncul.

Obat Herbal Tiongkok untuk Diabetes
Pentingnya obat herbal Tiongkok tidak dapat terlalu ditekankan dalam pengobatan diabetes. Pada diabetes, orang dengan gangguan metabolisme telah memblokir meridian yang secara tidak sengaja menyebabkan Qi dan aliran darah yang buruk. Hasilnya adalah kemacetan darah di meridian. Karena itu, pankreas kehilangan nutrisi dan memperburuk penyakit, menyebabkan komplikasi.

Dalam mengobati diabetes, praktisi menggunakan formula berbeda yang efektif untuk pasien yang berbeda. Di antara formula ini adalah Liu Wei Di Huang dan Da Bu Yin Wan. Efek dari formula ini biasanya terlihat dalam waktu kurang dari dua bulan.
Salah satu formula tersebut, yang meliputi Shan Yao, Huang Qi, Fu Ling, dan Cang Zhu, membantu mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin pankreas. Ini dapat dicapai dengan membantu Qi tubuh menyehatkan pankreas dengan suplai darah yang cukup dari sirkulasi yang kuat. Akibatnya, ia memperbaiki sel beta pankreas dan mengembalikan fungsinya.
Formula lain, Yu Quan Wan, bertindak dengan meningkatkan Qi di paru-paru, membuat paru-paru lebih kuat. Dengan peningkatan kelimpahan Qi di paru-paru, energi paru yang dihasilkan mendorong pemanfaatan gula yang memadai.

Sebagai organ utama untuk metabolisme cairan, ginjal memainkan peran penting dalam diabetes. Karena itu, penting untuk memperkuat ginjal. Formula khusus, Liu Wei Di Huang Wan, mengkhususkan diri dalam memelihara ginjal dan hati. Ini juga membantu kelenjar adrenal mengatur kadar gula darah.

Studi juga menunjukkan bahwa ginseng Amerika meningkatkan toleransi glukosa, yang karenanya sering ditambahkan ke formula herbal. Herbal lain dapat ditambahkan ke formula untuk mengobati komplikasi diabetes seperti neuropati perifer dan penglihatan kabur.
Satu formula resep lain yang mencakup Dan Shen, San Leng, E Zhu, dan Cang Zhu mengurangi stagnasi atau kemacetan darah, meningkatkan sirkulasi, memberi nutrisi pada pankreas, dan membuka saluran transportasi nutrisi.

Memulai
Sangat penting untuk memulai perawatan Anda dengan mencari ahli akupunktur yang baik. Praktisi akupunktur akan berbicara pada pertemuan pertama Anda tentang gejala spesifik Anda dan diskusi tentang gaya hidup, diet, dan tujuan kesehatan Anda. Karena perawatan melibatkan pendekatan holistik, maka praktisi akupunktur akan ingin mempelajari lebih lanjut tentang aspek lain dari kehidupan Anda yang mungkin menjadi sumber stres.

Berdasarkan kekhasan penyakit Anda, praktisi akupunktur akan merekomendasikan rencana perawatan khusus bertahap untuk Anda yang mungkin merupakan perawatan harian atau dua kali seminggu sesuai kebutuhan.
Penelitian telah menunjukkan bahwa ada risiko minimal yang terkait dengan akupunktur dan pengobatan tradisional Tiongkok dalam pengobatan diabetes. Terlepas dari efek samping ringan dari rasa sakit, memar sesekali, atau pendarahan ringan, akupunktur dengan jarum steril umumnya aman.

Namun, misalkan Anda memiliki kondisi pendarahan seperti hemofilia atau kekurangan vitamin k. Anda mungkin ingin tidak memilih bentuk perawatan ini atau waspada terhadap peningkatan risiko memar.
Banyak ahli akupunktur tradisional Tiongkok juga terlatih dalam pengobatan modern, dan beberapa adalah dokter medis berlisensi. Namun, Anda mungkin ingin memberi tahu penyedia layanan kesehatan Anda yang lain sebelum Anda memulai bentuk perawatan ini.

Anda juga harus tahu bahwa bentuk pengobatan ini dapat melengkapi obat-obatan modern dan menghasilkan kemanjuran yang lebih baik. Namun, Anda harus melaporkan setiap efek atau perubahan yang tidak biasa yang Anda alami kepada penyedia layanan kesehatan Anda. (jingduan yang/theepochtimes/iwy)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI