Kesehatan

Atur Ulang Jam Biologis Anda dan Menjadi Lebih Produktif, Lebih Proaktif

Tidur @Canva Pro
Tidur @Canva Pro

Waktu kita pergi tidur dan berapa lama tidur yang kita butuhkan adalah unik bagi kita masing-masing. Siklus tidur dan ritme sirkadian kita adalah apa yang oleh para ilmuwan disebut sebagai kronotipe kita; namun ada banyak manfaat menjadi “orang pagi”, termasuk kebahagiaan dan proaktif yang lebih besar.

Bisakah anda mengubah jadwal tidur anda dan menjadi lebih produktif? Yang dibutuhkan hanyalah sedikit kesabaran dan sedikit ketekunan.

Bagaimana Bangun Pagi Membantu Seseorang Menjadi Lebih Produktif?

Bangun pagi bisa menjadi kebiasaan bagi sebagian orang dan perjuangan bagi banyak orang. Apapun kebiasaan anda, ada bukti ilmiah yang menjelaskan bagaimana mempertahankan atau mengadopsi kebiasaan bangun pagi ini tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan kita tetapi juga pandangan hidup kita.

Sebuah penelitian pada tahun 2019 dari Nature Communications Journal menemukan bahwa “menjadi orang yang bangun pagi secara kausal dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik”. Demikian juga, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Social Psychology mengungkapkan bahwa orang pagi “lebih proaktif daripada tipe malam”, yang berarti bahwa orang yang bangun pagi memiliki kemauan dan kemampuan yang lebih besar untuk mengambil tindakan untuk mengubah situasi demi keuntungan mereka.

Selain itu, Obesity Society menyimpulkan bahwa bangun lebih awal dapat meningkatkan diet seimbang, sedangkan asupan makanan pada larut malam cenderung meningkatkan risiko obesitas dan gangguan metabolisme. University of Toronto menemukan bahwa “mereka yang memilih untuk bangun lebih awal menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan lebih sehat daripada rekan-rekan mereka yang memilih untuk tidur dan bangun lebih lambat”.

Merangkul Pagi Hari: 5 Langkah Sederhana

Apakah anda ingin mengubah jadwal tidur anda secara radikal atau hanya bangun sedikit lebih awal, tips sederhana ini akan membantu anda bangun dari tempat tidur dengan penuh energi.

Langkah 1: Tentukan Alasan Anda

Jika kita hanya mengandalkan tekad, kita cenderung menyerah pada tujuan kita ketika kita mengalami ketidaknyamanan karena kurang tidur. Untuk menghindari terjerumus kembali kedalam kebiasaan yang tidak diinginkan, cobalah untuk mengembangkan kekuatan mengapa anda.

Tanyakan pada diri sendiri apa motivasi utama untuk bangun lebih pagi. Apakah anda ingin mendapatkan sinar matahari pagi? Apakah anda ingin meluangkan waktu untuk aktivitas fisik? Atau mungkin meluangkan waktu untuk menyehatkan jiwa anda dengan bacaan yang menginspirasi atau musik yang membangkitkan semangat? Dengan mendefinisikan “mengapa” kita, kita dapat melibatkan hati dan jiwa kita dalam tujuan yang ingin kita capai dan berpegang teguh pada hal itu saat menempuh tahap perjalanan yang paling sulit.

Langkah 2: Lakukan secara bertahap

Ketika harus menyesuaikan kembali jadwal tubuh anda, perubahan kecil yang bertahap adalah kuncinya. Menurut Benjamin Smarr, seorang profesor bioteknologi di University of California, mencoba untuk bangun lebih awal seperti menyesuaikan diri dengan jet lag
Anda dapat menyesuaikan diri dengan jet lag sekitar satu jam sehari”, jelasnya.

Untuk berangsur-angsur menjadi orang pagi, coba atur waktu bangun anda kembali lebih awal 10 atau 15 menit setiap kali. Interval waktu ini dapat ditingkatkan setiap hari atau setiap minggu.

Langkah 3: Nonaktifkan tunda (snooze)

Rasa grogi saat pertama kali bangun adalah hal yang wajar, tetapi selama kita cukup tidur, rasa grogi itu akan hilang dengan cepat. Pastikan waktu tidur anda cukup awal untuk memberi anda waktu tidur yang anda butuhkan. Kemudian bersikap tegas dengan diri sendiri tentang waktu bangun anda.

Rasa kantuk yang kita alami saat pertama kali bangun dapat melemahkan kemampuan kita untuk membuat keputusan yang baik. Untuk menghindari godaan, letakkan jam di kejauhan sehingga anda harus berdiri sebelum mematikannya. Ini akan membantu anda mengingat tujuan anda dan tetap berpegang pada rencana.

Menunda bangun dengan memencet snooze (tidur sebentar lagi) telah terbukti memiliki efek negatif pada kesehatan fisik kita. Tidak hanya memicu respons yang meningkatkan detak jantung dan tekanan darah kita, tetapi juga mengganggu kondisi tidur restoratif yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Langkah 4: Kembangkan Kebiasaan Pagi Hari

Inilah saatnya untuk mengubah motivasi inti anda menjadi tindakan nyata. Rencanakan cara anda ingin menghabiskan waktu pagi yang berharga yang anda berikan untuk diri sendiri. Ini dapat mencakup aktivitas seperti menetapkan niat, meditasi, peregangan, membaca, berdoa, atau mempelajari sesuatu yang baru. Ingatlah bahwa awal hari anda dapat menentukan bagaimana sisa hari itu akan berlangsung, jadi pastikan anda menggunakan sebagian waktu ini untuk kegiatan yang menyehatkan jiwa anda.

Ritual pagi anda juga dapat diperluas ke cara anda bersiap-siap untuk hari itu. Mengemas makan siang, merapikan tempat tidur, atau berinteraksi dengan orang tersayang juga bisa menjadi bagian dari ritual pagi anda.

Langkah 5: Memberi nutrisi tubuh anda

Bangun untuk sarapan yang lezat bisa menjadi motivasi yang bagus untuk bangun dari tempat tidur. Luangkan waktu untuk merencanakan apa yang akan anda makan untuk sarapan pada malam sebelumnya dan siapkan bahan-bahan untuk mempercepat proses di pagi hari. Anda tidak hanya akan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati sarapan anda, tetapi juga lebih banyak kesempatan untuk memilih pilihan yang bergizi.

Menemukan waktu yang tepat untuk tubuh anda

Jika setelah beberapa bulan anda masih merasa lelah dengan jadwal tidur yang baru, bukan berarti anda tidak bisa menjadi orang pagi, itu hanya berarti anda masih harus mencari waktu yang paling sesuai dengan jam biologis tubuh anda. Eksplorasi ini adalah masalah coba-coba dan hanya akan berhasil jika anda tetap baik dan sabar dengan diri sendiri.

Nasihat kuno untuk memanfaatkan waktu kita sebaik-baiknya

Banyak kaisar Tiongkok dimasa lalu dikenal sebagai contoh bagaimana menjalani kehidupan yang bermakna dan cermat. Kaisar Kangxi dari Dinasti Qing menetapkan standar yang tinggi dalam hal pendidikan putra-putranya.

Para pangeran harus bangun setiap hari untuk belajar pada jam 5 pagi dan tidak akan selesai sampai jam 6 atau 7 malam. Ini adalah jadwal mereka setiap hari sepanjang tahun kecuali pada Hari Tahun Baru dan dua setengah hari libur sebelum hari libur ini. Kangxi sendiri biasa bangun setiap hari pada pukul 4 untuk bersiap-siap guna mengadakan pertemuan pagi dengan pejabat istana pada pukul 6 pagi di musim semi dan musim panas, dan pada pukul 7 pagi di musim gugur dan musim dingin.

Selama 61 tahun pemerintahannya, kaisar Kangxi memastikan bahwa dia hadir disetiap pertemuan pagi, kecuali untuk kondisi yang jarang terjadi. Dia menjelaskan bahwa setelah tiga puluh tahun, pertemuan paginya sangat penting untuk rutinitasnya “Saya akan merasa tidak nyaman jika saya melewatkan pertemuan. Ditambah lagi, jika kita bertemu hanya sekali setiap tiga atau empat hari, saya mungkin akan mengendur untuk tepat waktu”.  

Saat ini, Kangxi masih dikenang sebagai model ketekunan. “Seseorang harus mengambil langkah maju setiap hari agar tidak membuang waktu yang berharga”. Dengan mengelola waktu kita dengan bijak dan berusaha meningkatkannya setiap hari, kita dapat mengubah pandangan hidup kita dan mengubah setiap hari menjadi peluang yang layak untuk kita bangun pagi. (visiontimes)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI