Kesehatan

Bagaimana Menjaga Pembuluh Darah Tetap sehat?

Pembuluh darah
Pembuluh darah. @Pixabay

Jika Anda tidak pernah benar-benar memikirkannya, jangan khawatir — Anda tidak sendiri. Kebanyakan orang tidak berpikir dua kali, apalagi sekali, tentang kondisi pembuluh darah mereka. Sampai terlambat. Begitu Anda mendapat masalah, seperti varises atau trombosis vena, mungkin Anda baru kepikiran.

Mempelajari cara mencegah masalah pembuluh darah dapat menyelamatkan Anda dari rasa sakit dan ketidaknyamanan. Menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, dan tidak terlalu lama duduk dapat membantu membangun pembuluh darah yang kuat.  Tapi jangan lupakan tentang asupan. Makanan mungkin tidak tampak seperti komponen penting untuk kesehatan pembuluh darah, tetapi kenyataannya memang demikian. Nutrisi yang Anda konsumsi dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka, eksibel, dan siap bekerja melawan gravitasi untuk membawa darah kembali ke jantung Anda. Jadi, apa saja jenis makanan yang bagus untuk pembuluh darah?

Serat: Serat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan membatasi peradangan, yang keduanya dapat memengaruhi kesehatan pembuluh darah. Serat dapat menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi tekanan pada pembuluh darah yang meningkatkan risiko varises.  Serat terdapat pada: popcorn, oatmeal, brokoli, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian pada umumnya.

Batasi Asupan Garam: Anda membutuhkan natrium (pada garam) dan sebagian bisa bermanfaat untuk Anda. Terlalu banyak bisa berbahaya, terutama jika menyangkut kesehatan pembuluh darah, bisa menyebabkan penyakit darah tinggi. Natrium yang tinggi menyebabkan retensi air dan mempersulit cairan untuk bersirkulasi melalui pembuluh darah.

Vitamin C: Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen dan elastin untuk meningkatkan pembuluh darah yang eksibel, sehingga darah mengalir dengan mudah. Senyawa ini juga memungkinkan pembuluh darah berkontraksi, sehingga darah tetap mengalir ke arah yang benar.  Anda akan menemukan banyak vitamin C dalam stroberi, brokoli, nanas, sayuran berdaun hijau gelap, dan paprika.

Air: Air membantu mengantarkan nutrisi ke pembuluh darah Anda dan membantu mengencerkan darah, sehingga lebih mudah mengalir.

Lain kali jika Anda merencanakan apa yang hendak anda makan, pikirkan lebih banyak tentang kesehatan pembuluh darah. Melakukannya dapat mengarah pada pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan dengan manfaat yang luas. (epochtimes/nit)

Devon Andre memiliki gelar sarjana dalam ilmu forensik dari Universitas Windsor di Kanada dan gelar Juris Doctor dari Universitas Pittsburgh. Andre adalah jurnalis BelMarraHealth, yang pertama kali menerbitkan artikel ini.

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI