Kesehatan

Bagaimana Menjalani Hidup dengan Tenang

Ketenangan
Ketenangan. @Freepik

Orang-orang sangat sibuk hari ini dan banyak dari mereka menemukan diri mereka tidak sanggup mengimbangi perubahan dunia modern, membuat hidup mereka tertekan oleh depresi dan kondisi psikologis lainnya. Salah satu kunci untuk menghindari tekanan ini adalah menghadapinya dengan tenang dan juga menjalani hidup yang tenang. Tapi ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Bagaimana sebenarnya seseorang mencapai kehidupan yang tenang di saat-saat ini? Berikut beberapa tip yang akan memandu anda di sepanjang jalan.

Fokus dan Selesaikan Satu Tugas

Salah satu alasan utama mengapa orang tampak stres dan tidak ada waktu adalah karena mereka mencoba melakukan banyak hal sekaligus. Semakin sulit dan banyak keinginan anda, semakin banyak pula beban psikologis yang harus anda tanggung. Kuncinya adalah memprioritaskan hal-hal sesuai dengan apa yang paling penting bagi anda dan menyelesaikan agenda kerja anda satu per satu.

Misalnya, anda mungkin harus menyerahkan laporan kepada atasan kantor anda pada akhir pekan. Pada saat yang sama, anda mungkin telah membuat janji kencan, juga sudah setuju untuk membantu tetangga anda memperbaiki pipa ledeng rumah dan berencana mempelajari keterampilan baru melalui kursus online. Jika anda tetap bersikeras menjalani semua hal ini di akhir pekan, maka anda akan mengalami kelelahan mental atau yang secara umum dikatakan stres.

Jika anda melanjutkan kebiasaan buruk ini pada setiap akhir minggu anda, maka pada akhirnya anda akan menciptakan stres berat bagi hidup anda. Sebaiknya anda membuat daftar hal-hal penting dan selesaikan satu per satu. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih rileks karena pikiran anda hanya disibukkan dengan satu tugas dan bukan belasan tugas.

Bersyukurlah atas Apa yang Anda Miliki

Orang cenderung terlalu fokus pada apa yang mereka inginkan sehingga mereka menjadi lupa akan apa yang mereka miliki. Ada sebuah pepatah bagus dari Hey Sigmund yang sangat saya suka, bunyinya:  “Jika semua hal yang kita lihat adalah negatif, maka kita akan merasa sedih dan stres. Ketika kita menyadari hal-hal positif yang telah kita miliki dalam hidup kita, maka kita akan lebih bisa tenang dan tidak membiarkan tekanan kecil mengganggu hidup kita.”

Perhatikan semua berkat dalam hidup anda: orang tua yang penyayang, pasangan yang baik, pekerjaan stabil, anak-anak yang sehat, sebuah rumah untuk berteduh, dan sebagainya. Ada jutaan orang yang tidak memiliki hal ini. seandainya anda memiliki semua ini, bukankah anda diberkati? Tentu saja demikian… Selalu ingatkan diri anda tentang berkat-berkat ini. Perlahan tapi pasti, anda akan mulai merasa bahagia dengan apa yang anda miliki daripada merasa sedih dengan apa yang tidak anda dapatkan atau hal yang tidak berhasil anda kejar. Hidup secara alami akan terasa lebih tenang bagi semua orang.

Sisihkan waktu untuk Memelihara Hubungan dengan Sesama

Materi bisa membuat anda senang. Tapi hubungan dengan sesama bisa memberi anda lebih banyak kebahagiaan. Jangan terjebak dalam mengejar kesenangan materi sehingga anda mengabaikan orang tua, kekasih, teman dan orang penting lainnya dalam hidup anda. Kesenangan apa pun yang anda peroleh dari suatu materi akan bersifat sementara. Misalnya, anda mungkin ingin membeli mobil baru. Ketika anda membelinya, anda akan merasa sangat senang.

Namun, setelah berbulan-bulan dan bertahun-tahun berlalu, rasa itu akan pudar. Saat itulah anda mungkin terpesona oleh model yang lebih baru. Sebaliknya, hubungan dengan orang yang penuh kasih akan selalu menjadi sumber kebahagiaan, baik anda seorang anak berusia 9 tahun atau kakek berusia 80 tahun. Bagaikan merawat tanaman, hubungan baik ini juga perlu dipupuk Semakin bahagia anda berada di sekitar orang-orang yang anda kasihi, semakin anda tidak terobsesi dengan materi, dan semakin rileks pikiran anda. (visitontimes/ron)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI