Kesehatan

Bagaimana Neiguan (P-6) dan Tangan Anda Bisa Mengobati Seluruh Tubuh Anda

Titik akupunktur di pergelangan tangan
Titik akupunktur di pergelangan tangan. (Public Domain via Nspirement)

Neiguan adalah salah satu titik akupunktur paling penting pada tubuh manusia, dengan menampakkan berbagai sinyal untuk sindrom diseluruh tubuh.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok (TCM), ada pepatah: “Kaki adalah jantung kedua dari tubuh manusia”. Sudah menjadi pemahaman umum di TCM bahwa “semua penyakit berasal dari kaki”, tetapi umumnya, kita semua mengabaikan peran dari tangan.

Hanya sedikit yang diketahui bahwa dengan menggunakan metode yang tepat, banyak penyakit dapat disembuhkan dari tangan. 

Cermin Tubuh

Dalam TCM, area tubuh tertentu seperti mikrokosmos yang mencerminkan bagian tubuh lainnya. Telinga, lidah dan tangan adalah contohnya. Ketiganya seperti cermin atau peta dari seluruh tubuh. Dengan kata lain, anda dapat merawat seluruh tubuh hanya dari bayangan cermin ini.

Memilih titik untuk perawatan dengan menggunakan cermin dari tubuh telah menjadi gaya perawatan TCM selama berabad-abad.

Bermacam Kegunaan dari Titik Neiguan (P-6)

Titik Neiguan (Gerbang Perbatasan Dalam), juga dikenal sebagai titik Perikardium atau P-6, cukup terkenal dalam praktik akupunktur TCM.

Menurut itmonline.org: “Stimulasi neiguan yang paling sering adalah sebagai poin tambahan untuk sejumlah formula akupunktur, yang memiliki banyak kegunaan selain mengobati gangguan jantung atau mual/muntah”.

Sebagai akar masalah kesehatan, TCM mengajarkan bahwa tekanan mental dan stres yang berlebihan dapat menghabiskan cadangan energi hidup anda, yang juga dikenal sebagai Qi.

Organ pusat tubuh anda yang berbeda menghasilkan jenis Qi yang berbeda dan titik Neiguan dianggap sangat efektif dalam mengobati semua jenis penyumbatan Qi.

Lokasi Neiguan

Neiguan terletak pada jarak selebar tiga jari diatas garis horizontal pergelangan tangan, di antara dua tendon pergelangan tangan. Memijat titik Neiguan mungkin tampak tidak signifikan, tetapi manfaat yang dihasilkan cukup besar. 

Dokter pengobatan Tiongkok telah menemukan bahwa biasanya dua tendon dititik Neiguan rileks dan diatur secara terpisah.

Emosi anda mempengaruhi hati dan kesehatan anda dan ketika seseorang sangat khawatir, kedua tendon dititik Neiguan saling menekan.

Umumnya, pikiran dan emosi harus dalam keadaan positif. Bahagia itu bermanfaat bagi jantung.

Tetapi seseorang yang sering stres akan memiliki hati yang tertutup didalam atau terhalang.

Jika anda berulang kali terus menambahkan akupresur ke titik ini, anda akan melihat bahwa kedua tendon perlahan-lahan akan terpisah, dan keadaan stres anda perlahan-lahan akan berlalu.

Menekan titik Neiguan secara konsisten dapat memiliki efek mendalam pada kesehatan anda. Inilah sebabnya mengapa mencegah penyakit dimulai dari tangan anda.

Neiguan (P-6) terletak pada jarak selebar tiga jari diatas garis horizontal pergelangan tangan, diantara dua tendon pergelangan tangan. (Gambar: acupunctureschoolonline.com dari Pinterest)

Manfaat lain dari akupresur untuk tangan dan jari

1. Mencegah penyakit mata

Menekan dan mencubit pangkal luar kedua jari kelingking dapat secara efektif mencegah penyakit mata.

Terdapat titik akupuntur pada pangkal luar jari kelingking untuk mengobati penuaan mata, yang disebut titik mata tua. Titik akupuntur ini sangat diperlukan untuk kesehatan mata sehari-hari. Sangat cocok untuk segala usia.

Orang tua dapat meringankan fenomena penglihatan kabur, orang muda dapat menghilangkan kelelahan mata dengan mencubit acupoint ini, dan remaja dan anak-anak dapat secara efektif mencegah miopia dengan memijat acupoint ini.

2. Mencegah penurunan fungsi ginjal

Tekanan teratur pada bagian dalam sendi ketiga jari kelingking tangan kiri dapat secara efektif mencegah defisiensi ginjal.

Ada banyak titik akupuntur di jari kelingking. Sering menekannya dapat menguatkan ginjal dan memelihara Yang. Ini adalah cara yang baik untuk mempraktikkan perawatan kesehatan pencegahan pada ginjal.

3. Meringankan tekanan darah tinggi

Menekan buku jari ketiga dari jari manis tangan kiri dapat secara efektif meredakan tekanan pembuluh darah, melindungi jantung, dan mencegah serta mengobati tekanan darah tinggi.

Umumnya ketika seorang penderita hipertensi merasa pusing, hal itu mungkin disebabkan oleh peningkatan tekanan darah. Menekan titik ini dikatakan dapat meredakan pusing.

Jika pusingnya parah, anda juga bisa menekan bagian tengah telapak tangan, yang bersesuaian dengan jantung. Dengan cara ini, anda dapat meredakan tekanan pada jantung.

4. Mencegah diabetes

Sering mencubit sendi kedua ibu jari kiri dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak insulin untuk “mencerna” gula dan mengurangi kejadian diabetes. Selain itu, diet harian dan pengendalian berat badan juga diperlukan.

5. Mencegah benjolan payudara

Sering memijat sendi kedua ibu jari kanan dapat membantu mencegah benjolan payudara. Sering menekan pangkal ibu jari kanan secara efektif dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan payudara.

6. Mencegah bronkitis

Buku jari ketiga jari manis kita bersesuaian dengan trakea tubuh. Sering menekannya dapat secara efektif mencegah penyakit batang tenggorokan dan melindungi kesehatan cabang tengorokan dan paru-paru.

7. Meringankan gejala insomnia

Menekan bagian luar dari pangkal jari telunjuk dapat secara efektif mengurangi gejala insomnia. Menekan secara teratur dapat secara efektif meredakan kelelahan otak dan merangsang sekresi normal hormon tidur dari otak. (nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI