Kesehatan

Cara Masuk Hiperfokus: Cara Terbaik untuk Mencapai Gaya Hidup yang Sangat Produktif

Fokus (Kredit: Artem Podrez @Pexels)
Fokus (Kredit: Artem Podrez @Pexels)

Ingat ketika anda benar-benar asyik melakukan sesuatu dan tidak peduli dengan hal lain di dunia? Itu hiperfokus, dan artikel ini akan mengajari anda cara mencapainya kapan saja anda mau.

Apa itu hiperfokus?

Hiperfokus (fokus mendalam) adalah fenomena yang mencerminkan penyerapan penuh seseorang dalam tugas ke titik di mana seseorang tampaknya mengabaikan atau melupakan segala sesuatu yang lain sama sekali. Hal ini umumnya dilaporkan terjadi ketika seseorang terlibat dalam kegiatan yang sangat menyenangkan atau menarik.

Hiperfokus bisa baik atau buruk, tergantung pada situasinya. Namun, ketika anda bekerja, Hiperfokus akan membantu anda mencapai hasil lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, hasil anda akan lebih berkualitas karena anda menggunakan lebih banyak sumber daya kognitif anda dengan cara yang terfokus.

Namun, memasuki keadaan Hiperfokus tidaklah mudah dan memerlukan beberapa latihan untuk mempertahankannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kebanyakan orang yang memasukinya karena sebuah keberuntungan akan berkata, “Saya berada di zona saya, Bung!” Atau: “Sepertinya saya berada di lorong. Semuanya datang dan terjadi begitu saja. Seperti sepasang kunci dan gembok.”

Tetapi bagaimana jika anda ingin memasuki keadaan Hiperfokus dengan sesuka hati? Meskipun setiap orang memiliki pemicu yang berbeda, kami telah menyederhanakan metode paling efektif dalam artikel ini untuk mencapai Hiperfokus.

Mengapa Hiperfokus bermanfaat?

Saat kita berkembang menjadi generasi yang lebih berorientasi pada stimulus, mempertahankan fokus dapat menjadi tantangan, terutama dengan banyaknya gangguan di sekitarnya.

Hiperfokus adalah cara terbaik untuk menyelesaikan tugas-tugas kompleks dan sangat berguna untuk hal-hal yang tidak hanya membutuhkan pemikiran kreatif, logika, atau kapasitas mental untuk menyelesaikannya, tetapi juga memakan banyak waktu.

Ada cara yang telah terbukti untuk membuka kunci Hiperfokus, dan dengan melakukan ini, anda dapat secara efektif mengubah cara anda bekerja dan kualitas pekerjaan anda.

Bagaimana cara mengaktifkan hiperfokus?

Orang yang berbeda sering bekerja pada pemicu yang berbeda pula; setelah anda menemukan milik anda, anda akan dapat menempatkan otak anda untuk bekerja ke dalam keadaan yang diinginkan.

Tapi jangan berharap terlalu banyak sekaligus. anda akan membuat diri anda kecewa, membuatnya lebih sulit untuk masuk ke kondisi mental yang diperlukan untuk memasuki Hiperfokus.

Miliki niat baik untuk berhasil melakukannya, dan lakukan rutinitas berikut ini berulang kali tanpa memaksakan diri atau kecewa dengan hasilnya.

Persiapan

Ketika anda memiliki tugas yang perlu anda lakukan nanti, selalu lakukan persiapan terlebih dahulu. Dengan cara ini, ketika anda harus melakukan pekerjaan itu, anda dapat menghapus semua gangguan dan tidak fokus pada hal lain.

Cara lain untuk bersiap adalah menghilangkan semua gangguan yang mungkin menghalangi. Semakin tidak merangsang lingkungan anda, semakin anda dapat fokus pada apa yang ada di depan anda. Ini termasuk meja, wallpaper, keyboard, dan terutama gadget Anda.

Bekerja Saat Anda Bangun

Setelah tidur malam atau olahraga cepat untuk memompa darah anda, otak anda masuk ke keadaan sadar setengah sadar dan setengah tertidur. Ini bisa sangat bermanfaat untuk tugas yang berbeda dan sudah dianggap hiperfokus oleh beberapa orang.

Untuk membuka kunci ini, pergilah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dan lakukan rutinitas singkat ini saat anda bangun.

Metode Pomodoro melibatkan melakukan pekerjaan dalam dan istirahat secara strategis. (Gambar: melalui Domain Publik)

 Metode Pomodoro

Metode Pomodoro mengadopsi strategi “Bekerja secara serius dan fokus dan kemudian beristirahat. Hal yang baik tentang Pomodoro adalah anda memprogram otak anda untuk bekerja secara efisien dalam jangka waktu tertentu untuk mempersiapkan diri anda beristirahat.

Untuk melakukan ini, tentukan waktu sendiri. Itu berarti anda melakukan 25 menit kerja efisien dan kemudian istirahat 5 menit. Kemudian lakukan secara berulang-ulang. Setelah itu, hal ini akan menjadi sebuah rutinitas.

Kejutkan Tubuhmu

Suhu dan stimulan lainnya adalah cara yang bagus untuk membangunkan tubuh anda dan membuatnya bekerja dalam hiperfokus. Ini melibatkan mandi air dingin cepat, makan sesuatu yang pedas (tidak terlalu pedas sampai tidak nyaman), atau minum air dingin, atau cuci muka.

Ketika anda menstimulus tubuh anda, anda diberikan perasaan “segar” awal yang dapat digunakan untuk membantu anda fokus secara intens pada pekerjaan.

Mengapa Hiperfokus itu Penting

Hiperfokus memungkinkan anda menyelesaikan sesuatu dengan lebih efisien dan memungkinkan tubuh anda mencapai kinerja mental puncaknya. Semakin anda berlatih ini, seperti otot, semakin anda dapat meningkatkan kinerja anda.

Semakin anda dapat fokus, semakin banyak hal yang dapat anda lakukan.

Masalah dengan banyak orang saat ini adalah bahwa mereka menjadi korban overdosis dopamin*, menghilangkan insentif mereka untuk bekerja keras. (*=media sosial)

Dengan berlatih hiperfokus, anda akan dapat menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat dan merasa senang setelahnya. Tidak ada yang lebih menyenangkan ketika melihat daftar tugas terselesaikan, bukan? (nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI