Kesehatan

Debu di Bawah Ranjang Dapat Merusak Kesehatan

debu dibawah ranjang (©freepik)
debu dibawah ranjang (©freepik)

Setiap saat menyapu, di bawah ranjang dan sofa selalu menjadi “masalah yang merepotkan”, kalau disapu atau dibersihkan, akan membuat pinggang terasa pegal; kalau tidak dibersihkan, takut di dalamnya akan banyak menimbun debu dan merusak kesehatan. Lalu bagaimana sebaiknya membersihkan “sudut-sudut mati” ini ?

Debu merusak kesehatan tubuh, komposisi debu meliputi debu atau kotoran, serabut, virus dan asap yang me-gambang di udara dan sebagainya, kotoran-kotoran ini mengambang di dalam ruangan dalam jangka waktu panjang dan menempel di permukaan benda kering, bukan saja dapat merusak kesehatan tapi juga memperpendek usia pemakaian peralatan elektronik atau perlengkapan lainnya di dalam ruangan.   

Jumlah debu di dalam bangunan setara dengan indeks partikel yang dapat terisap, setiap detik napas kita sedang mendapat serangan serius yang merugikan!   

Di bawah ranjang atau tempat tidur dan di bawah sofa umumnya merupakan sudut mati kesehatan yang menetap di dalam ruangan, jika tidak segera dibersihkan akan menimbun banyak debu dan rambut, sehingga menjadi tempat bertengger spora jamur dan tungau debu di udara.

Bila jarak permukaan ranjang, sofa dan lantai sangat kecil, sebaiknya bersihkan dengan kain basah. Bisa juga menggunakan alat pembersih kaca yang berkaret busa, karet busa dibasahkan, masukkan ke dalam celah dan sapu. Bila jaraknya cukup lebar, gunakan Vacuum Cleaner (alat penghisap debu)

Disarankan kepada para ibu rumah tangga, sebaiknya setiap satu atau dua bulan, bersihkan secara total debu-debu yang melekat di bawah sofa dan tempat tidur (visiontimes/ch)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI