Kesehatan

Klinik PTT dr. Wen Pinrong Tidak Mengecewakan Kehidupan Tidak Mengecewakan Lambung

Akupuntur (Jesseheqi @Pixabay)
Akupuntur (Jesseheqi @Pixabay)

Rakyat mengutamakan pangan, urusan makan lebih penting daripada kaisar, ilmu kuliner juga sangat luas. Kuliner adalah semacam cita rasa, semacam seni, semacam kehidupan.

Seorang pengusaha broker properti berusia 56 tahun, hanya mengejar bisnis mati-matian, tidak memperhatikan pola makan, dan hanya memikirkan kinerja. Sejak anak ingusan sampai berpengalaman, ia telah menguasai dengan baik teknik perantara, dan cukup berhasil di bidangnya.

Baru-baru ini entah kenapa, begitu selesai makan perut terasa kembung. Tak lama kemudian, bahkan di saat perut belum terisi pun, perutnya terasa kembung. Setelah itu rasa kembungnya, mulai dari perut terus merambat ke atas, sampai mencapai tenggorokan. Terasa ada segumpal gas, dipijat seperti apapun tidak bisa keluar, sangat menyiksa!

Sampai akhirnya pengusaha broker itu mengalami kembung yang membuatnya duduk tak bisa berdiri pun tak tenang, dan mengharuskannya berbaring agar terasa nyaman, sehingga tidak bisa bekerja di luar. Dengan mata terbelalak ia hanya bisa melihat transaksi yang sudah di depan mata, harus direlakan direbut orang lain, semangatnya pun perlahan mulai surut.

Pengusaha itu memeriksakan kondisinya ke dokter medis Barat, dokter mengatakan gejala tersebut adalah penyakit asam lambung, setelah mengkonsumsi Antasid, kembung di perut tetap tidak membaik. Lalu dia beralih ke dokter Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT), setelah 5 kali berganti dokter PTT berlainan, kembung yang bandel itu tidak juga membaik, bahkan telah menguasai seluruh bagian ulu hatinya.

Pada saat itu, pengusaha itu pun panik, apakah ini gejala awal penyakit berat? Apakah penyakit yang tidak dapat disembuhkan? Kalau tidak, mengapa setelah berobat ke banyak dokter, makan begitu banyak obat, sudah setengah tahun, sama sekali tidak membaik! Ditambah lagi berita yang mengatakan: di Taiwan terdapat 36 jenis obat maag yang mengandung “Ranitidine”, yang berfungsi mengobati asam lambung berlebihan, tukak saluran pencernaan, dan pencernaan tidak baik.

Asuransi Kesehatan setiap tahunnya telah mengkonsumsi obat-obatan tersebut sebanyak 80 Juta butir. Riset menunjukkan, semakin lama obat-obatan itu disimpan, atau semakin lama terpapar suhu tinggi, zat NDMA yang dapat menyebabkan kanker yang dihasilkannya akan semakin banyak pula. Di Amerika obat tersebut telah ditarik pada April 2020, dan akibat pandemi COVID-19 Taiwan baru menarik obat itu pada Agustus di tahun yang sama.

Pengusaha itu berpikir dia sendiri juga telah mengkonsumsi obat itu, apakah akan timbul dampaknya? Masih bisakah tertolong? Semakin dipikir semakin khawatir, penyakit lambungnya tidak bisa disembuhkan, dan kini muncul lagi penyakit depresi, bahkan saking frustrasinya sampai-sampai dia berpikir hendak mengakhiri hidupnya. Sungguh menyesakkan dada! Hasil penelitian oleh Profesor Masahiko Okada menjelaskan, konsumsi obat maag dapat meningkatkan risiko fraktur (patah) tulang sampai 22%.

Istrinya sangat cemas melihat kondisinya, sang suami yang tinggalnya di wilayah utara Taiwan, dipaksanya datang berobat ke klinik saya. Pengusaha yang masih di usia produktif itu, masuk ke klinik dengan langkah tertatih-tatih, sorot matanya galau, tidak bisa menutupi putus asa yang dirasakannya. Si pengusaha juga mengidap wasir dalam, air seni berbusa, beser, sakit pinggang, dan insomnia. Walaupun dia mengatakan kembung lambungnya sangat parah, tapi menurut hasil diagnose saya, bagian perutnya tidak begitu keras, tampak luarnya juga tidak begitu menggelembung.

Karena ini adalah masalah aliran Qi (baca: chi, red.= energi vital) pada meridian yang mampat, maka tusuk jarum adalah solusi yang paling efektif, maka saya pun bertanya pada pengusaha itu, “Bagaimana kalau diterapi tusuk jarum? Masalah Qi tidak lancar, paling efektif diobati dengan tusuk jarum!” Pengusaha itu buru-buru menganggukkan kepala, sambil bergumam, “Sudah berobat pada begitu banyak dokter, mengapa tidak sekali pun terpikir mencoba terapi tusuk jarum?”

Penanganan Tusuk Jarum

Orang yang mengalami depresi mental, harus terlebih dahulu ditenangkan mentalnya, agar aliran Qi pada saat diterapi tusuk jarum dapat berjalan lancar. Untuk menenangkan dirinya, tusuk di titik Yintang dan Shenting. Selalu berpikiran mengakhiri hidup, menyebabkan hawa Yang tidak bisa muncul, akibatnya akan mudah dirasuki oleh mahluk bukan manusia (mahluk astral). Untuk menyingkirkan hawa Yin, tusuk di titik Baihui, pertama kali tusuk 1 jarum, kedua kali tusuk 2 jarum sekaligus. Setelah usai tahap ini, rona wajah pengusaha itu berubah lebih segar, sorot matanya tidak lagi kosong.

Setelah makan, perut terasa kembung, seharusnya adalah gangguan pembuangan pada liver dan kantung empedu, sekresi cairan empedu berkurang, atau saluran empedu tidak lancar, tusuk titik Taichong, Gongsun, dan Neiguan. Daya peristaltik lambung lemah, tusuk titik Shangwan, Zhongwan, Xiawan, dan sepasang titik diLiangmen, total 5 jarum. Qi tersumbat, Qi tidak bisa dibuang keluar, tusuk titik Hegu, Zusanli, dan Rangu, pada titik Rangu juga berfungsi membakar biji-bijian, maka gunakan metode pengurasan.

Pengusaha merasa perut kembung dan penuh, tapi jika diraba tidak begitu penuh, dikarenakan ada penyumbatan darah, tusuk titik Xuehai dan Sanyinjiao. Sekalian mengobati sakit pinggangnya, tusuk pada titik Zhongzhu. Masalah wasir, tusuk titik Chengshan dan Gongsun. Masalah air seni berbusa, tusuk titik Yinlingquan dan Sanyinjiao. Insomnia, tusuk di titik Shenting. Satu minggu hanya terapi 1 kali.

Resep Obat

Obat paten PTT (herbal yang dimodernisasi menjadi bentuk siap pakai seperti tablet, larutan oral atau suspensi kering, berbeda dengan herbal yang memerlukan pemasakan), obat utamanya adalah Si Ni San (四逆散), untuk menyelaraskan kembali kram pada otot polos lambung dan usus yang diakibatkan depresi mental.

Dengan ramuan Ban Xia Xie Xin Tang (半夏瀉心湯), dan Wei Jiang Ni (胃降逆), untuk menyelaraskan Yin dan Yang, menguatkan dan mengeluarkan dilakukan secara berbarengan, menyelaraskan mekanisme naik turunnya Qi pada bagian tubuh tengah antara dada dan perut, dingin dan panas bercampur aduk menyebabkan kembung. Dengan ramuan Xuan Fu Dai Zhe Shi Tang (旋覆代赭石湯), menurunkan dahak yang berbalik, melegakan Qi pada lambung, meningkatkan daya peristaltik lambung, sekaligus menyelaraskan gangguan neurosis pada lambung.

Setelah satu kali terapi, fungsi lambung dan ususnya membaik, dosis Xuan Fu Dai Zhe Shi Tang dikurangi, ditambahkan Zhuru (serutan bambu jenis herbal), untuk menghilangkan depresi, dan panas pada lambung, sekaligus menghilangkan dahak pekat. Setelah itu, dengan ramuan Xiang Sha Ping Wei San (香砂平胃散) dan Wu Ling San (五苓散) sebagai ramuan untuk perawatan.

Pesan Khusus kepada Pasien

* Di saat makan harus fokus, tidak boleh sambil bermain HP, jangan sambil menonton televisi, atau sambil membaca koran atau majalah; tidak membicarakan pekerjaan, tidak bertengkar, tidak menahan emosi, untuk menghindari berkurangnya aliran darah memasuki sistem pencernaan, sehingga memengaruhi pencernaan.

* Setelah nasi matang, buka tutupnya untuk mengurai panasnya, makanlah setelah tidak begitu panas. Saat nasi dingin, nasi akan mengeluarkan semacam zat yang disebut pati resisten, yang berguna untuk menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula dalam darah, dan mencegah kanker usus.

* Prosedur makan: minum 2 teguk sup, jika tidak ada sup, bisa digantikan dengan air hangat. Suapan kedua, makan sepotong daging, bagi yang vegetarian utamakan makanan yang mengandung protein nabati, dikunyah 30 kali. Suapan ketiga, makan sayuran. Suapan ke-4, baru makan nasi, dan setelah itu terserah Anda. Dengan demikian, enzim pencernaan akan dikeluarkan secara sempurna berdasarkan urutannya, hal ini akan lebih memudahkan pencernaan.

* Mutlak harus sarapan pagi, jangan sampai sekresi empedu tidak dikeluarkan yang jika terakumulasi akan terlalu kental, dan mudah menumbuhkan batu empedu.

* Pantang makan es setelah makan. Setelah makan jangan minum air atau sup terlalu banyak.

* Jangan makan buah dalam keadaan perut kosong, bagi yang pencernaannya kurang baik, buah-buahan yang masuk ke lambung mudah mengalami fermentasi, hindari gas naik ke atas. Makan buah sebaiknya hanya makan satu jenis buah saja, sebaiknya makan buah pada siang hari, jangan dimakan pada pagi dan malam hari.

* Kurangi makanan yang mudah menimbulkan gas seperti kacang-kacangan, jamur, kucai, daging sapi, talas, kacang tanah, hidangan penutup yang manis-manis, dan minuman soda.

* Jangan makan daging mentah, atau daging yang setengah matang, roh di dalam selnya masih beraktivitas, jika tidak bisa tereinkarnasi keluar, lama kelamaan akan menjadi biang penyakit.

* Jangan makan sambil berdiri. Setengah jam setelah makan, jangan beristirahat dengan tengkurap di meja. Setelah makan jangan langsung tidur. Saat tidur malam hari, bantal ditinggikan sedikit.

* Setengah jam setelah makan, jangan mandi, agar tidak memengaruhi pencernaan.

* Lakukanlah pemijatan sendiri pada titik Neiguan dan Gongsun, kedua titik ini dipijat berbarengan, lakukan 36 kali setiap pijatan.

* Malam hari seusai mandi, sumbat bagian bawah pusar dengan garam, lalu ditutup dengan seiris jahe, kemudian tutupllah dengan lakban kertas, keesokan harinya dibuang. Jahe jangan terlalu muda, karena efeknya kurang, juga jangan terlalu tua, karena mudah melukai kulit.

Setelah pertama kali terapi tusuk jarum, pengusaha itu langsung merasakan perutnya lega, seketika itu kembali merasakan kondisi seperti sebelum sakit, penyakitnya seakan langsung lenyap. Pengusaha itu begitu terkesan dan sangat kegirangan! Padahal belum sempat mengkonsumsi obat! Saya sendiri terheran-heran, mengapa efeknya begitu cepat dan mujarab?

Kadang kala, mengobati penyakit itu memang aneh, sama-sama penyakit pencernaan, dengan terapi tusuk jarum yang sama, tapi efektivitasnya bisa sangat berbeda, langsung sembuh dalam sekali terapi, sangat istimewa, juga sangat jarang terjadi. Mungkin dokter-dokter sebelumnya telah melakukan pekerjaan pendahuluan mereka dengan baik, saya hanya bernasib mujur, melanjutkan hasil kerja mereka saja, menyempurnakan yang sudah ada.

Sang pengusaha terus berterima kasih pada saya, aduh, malah nyaris berlutut sebagai ungkapan terima kasih! Penulis tidak sehebat itu! Bagaimana saya bisa menerimanya? Pengusaha itu mengatakan saya telah berjasa menyelamatkan nyawanya,dan berhasil menariknya kembali dari jalan menuju ajal. Setelah itu si pengusaha 4 kali menjalani terapi, akhirnya ia meraih kehidup normalnya dan kembali beraktivitas dengan penuh gairah.

Lakukanlah pemijatan sendiri pada titik Neiguan dan Gongsun, kedua titik ini dipijat berbarengan, lakukan 36 kali setiap pijatan. Posisi titik akupuntur Gongshun (atas) dan Neiguan (bawah). (The Epoch Times)

Pengusaha broker itu bisa kembali ke meja makan, menikmati kehidupan, menikmati kelezatan kuliner. (dajiyuan/sud/whs)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI