Kesehatan

Lemak pada Ikan dapat Membantu Penderita Migrain

Migrain (Andrea Piacquadio @ Pexels)
Migrain (Andrea Piacquadio @ Pexels)

Bagi mereka yang menderita sakit kepala, perubahan menu makan dapat membantu mengurangi frekuensi kambuhnya migrain. 

Sebuah studi baru, yang didanai oleh National Institutes of Health dan diterbitkan dalam British Medical Journal, menunjukkan bahwa asupan tinggi lemak ikan dapat membantu penderita migrain mengurangi sakit kepala dan intensitas nyeri.

Studi ini melibatkan sebanyak 182 orang yang sering mengalami migrain, semuanya mengikuti intervensi asupan ini selama 16 minggu. Mereka secara acak ditugaskan ke salah satu dari tiga rencana asupan sehat dan menerima makanan yang mencakup ikan, sayuran, dan salad.

Satu kelompok menerima makanan yang mengandung ikan berlemak atau minyak ikan tingkat tinggi dan asam linoleat yang rendah.

Asam linoleat adalah asam lemak tak jenuh ganda yang umum ditemukan pada jagung, kedelai, dan minyak olahan lainnya, sedangkan kelompok lain menerima makanan dengan asam linoleat tinggi dan ikan berlemak rendah, yang meniru pola makan rata-rata orang Amerika.

Selama studi 16 minggu, peserta diminta untuk memantau jumlah sakit kepala migrain mereka dalam hal hari, durasi, dan intensitas. Mereka juga mencatat bagaimana sakit kepala mereka memengaruhi kemampuan mereka untuk berfungsi di tempat kerja dan dalam kehidupan sosial mereka, serta seberapa sering mereka perlu minum obat.

Ditemukan bahwa asupan tinggi lemak pada ikan dikaitkan dengan pengurangan 30 persen hingga 40 persen total jam sakit kepala per hari pada kelompok pertama, dibandingkan dengan kelompok kontrol. Sampel darah dari kelompok ini menunjukkan tingkat lipid terkait rasa sakit yang lebih rendah.

Penelitian menyimpulkan dengan mengatakan: “Perubahan dalam menu asupan dapat memberikan sedikit kabar baik bagi penderita migrain. Ini bukti lebih lanjut bahwa makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi jalur rasa sakit.” (epochtimes)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI