Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi 8 Buah Ini

Buah-buahan@Pixabay
Buah-buahan@Pixabay

Buah-buahan kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral. Pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi buah setiap hari, namun tahukah Anda buah apa yang dapat membantu kesehatan?

Ilustrasi (Image: Pixabay)

1. Kiwi

Buah kiwi bersifat diuretik dan mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi kardiovaskular dan otak. Buah kiwi kaya akan vitamin C, yang penting untuk pencegahan dini terhadap flu.

Ilustrasi (Image: Pixabay)

2. Pisang / stroberi / haw

Senyawa kalium pada pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Stroberi mengandung pektin dan antioksidan untuk mencegah arteriosklerosis. Buah haw (sejenis berry) membantu pencernaan dan melarutkan dahak. Akibatnya mengurangi deposit kolesterol pada dinding arteri sehingga dapat melindungi pembuluh darah, menurunkan viskositas darah, dan meningkatkan kapasitas aliran darah.

Ilustrasi (Image: Pixabay)

3. Mulberry / anggur

Mulberry bermanfaat selain memperkaya juga mengaktifkan sirkulasi darah, melembabkan mata, menghitamkan rambut, dan mencegah penuaan. Anggur erfungsi sebagai penambah darah. Anggur menyalurkan nutrisi ke hati dan ginjal, menghitamkan rambut, dan membantu memperbaiki saraf dengan kandungan vitamin P.

Ilustrasi (Image : Pixabay)

4. Pepaya

Begadang dapat menyebabkan sembelit dan sakit perut. Pepaya berfungsi untuk menyelesaikan kedua masalah tersebut. Sup iga yang direbus dengan pepaya dapat membantu melindungi dinding perut.

Ilustrasi (Image : Pixabay)

5. Belimbing / nanas / buah naga

Belimbing dapat memperlancar pencernaan karena berfungsi sebagai penangkal dengan mencegah pembentukan nitrit. Nanas bersifat diuretik dan membantu pencernaan. Kandungan bromelainnya dapat mempercepat pencernaan protein dalam daging. Jika Anda makan terlalu banyak daging, makan nanas segar untuk membantu menghilangkan gangguan pencernaan. Buah naga membantu melembabkan usus dan buang air besar.

Ilustrasi (Image: Pixabay)

6. Lengkeng / apel

Apel mengandung senyawa Zinc atau seng, yang berfungsi meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak. Lengkeng dipercaya bisa membantu membuka pikiran dan mempercepat proses berpikir. Ketika pikiran berhenti pada satu titik, cobalah ambil dan makan beberapa buah lengkeng untuk melepaskan kebuntuan, namun perhatikan, apabila tenggorokan terasa kering atau meradang, berhentilah mengonsumsinya karena lengkeng bersifat panas.

Ilustrasi (Image: Pixabay)

7. Jeruk

Aroma buah jeruk membantu menenangkan pikiran. Saat Anda tidak ingin makan, mencium aroma jeruk bisa merangsang nafsu makan Anda.

Ilustrasi (Image: Pixabay)

8. Pir

Buah pir membantu membersihkan dan mengurangi panas di tenggorokan. Makan buah pir kukus sering kali dapat meningkatkan air liur dan mempertahankan suara, namun jangan mengonsumsi terlalu berlebihan disebabkan pir bersifat dingin. (visiontimes/may)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI