Kesehatan

Meditasi: Penghilang Rasa Sakit yang Lebih Efektif daripada Morfin

Meditasi.
Meditasi. (Photo by Simon Rae on Unsplash)

Apakah anda mengenal seseorang yang sedang menderita sakit kronis? Berapa banyak orang yang meminum obat penghilang rasa sakit hanya untuk bertahan? Jika ada alternatif yang murah dan efektif, bukankah itu luar biasa? Meditasi, pada kenyataannya, tidak hanya efektif dalam menghilangkan rasa sakit, sebuah penelitian menemukan bahwa itu lebih efektif daripada morfin. Selain itu, seseorang dapat bermeditasi sesering dan selama yang diinginkan, tanpa efek samping negatif, dan dengan sedikit atau tanpa biaya.

Sebuah artikel berdasarkan penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience menunjukkan bahwa 80 menit pelatihan meditasi dapat secara dramatis mengurangi rasa sakit, menunjukkan bahwa meditasi lebih efektif dalam menghilangkan rasa sakit daripada obat-obatan, termasuk morfin yang kuat dan adiktif.

Penelitian dilakukan dengan 15 relawan; enam peserta laki-laki dan sembilan peserta perempuan yang diberikan paparan rangsangan panas sebelum dan sesudah mereka diberi pelatihan meditasi. Alat pemanas dipanaskan secara bertahap hingga 120 ° Fahrenheit. Setelah 5 menit, kebanyakan orang akan merasa nyeri pada suhu ini. Selama penelitian, respons mereka direkam melalui pemindaian otak.

Subjek uji menerima empat sesi pelatihan meditasi 20 menit setelah paparan pertama. Pemaparan kedua pada alat pemanas dilakukan saat subjek bermeditasi, untuk mengukur perubahan sensasi rasa sakit. Menurut temuan, nyeri yang dirasakan rata-rata berkurang 57%, dan intensitas nyeri berkurang 40%. Sebagai perbandingan, tingkat pengurangan nyeri dengan morfin hanya 25%.

Pemindaian otak menemukan bahwa area sensitif rasa sakit di otak menjadi lebih tenang setelah meditasi

Peneliti mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya ditunjukkan bahwa satu jam meditasi dapat secara dramatis mengurangi rasa sakit dan aktivitas otak yang berhubungan dengan rasa sakit. Artinya, meditasi bisa benar-benar efektif, dan membantu mengurangi rasa sakit tanpa obat.

Semua obat memiliki beberapa efek samping, dan obat penghilang rasa sakit seperti morfin dapat menyebabkan kecanduan. Meditasi, di sisi lain, tidak memiliki efek samping negatif dan dapat dilakukan tanpa biaya di rumah anda sendiri.

Rekan peneliti F. Zeidan mengatakan, “Studi ini menunjukkan bahwa meditasi menghasilkan efek nyata di otak dan dapat memberikan cara yang efektif bagi orang-orang untuk mengurangi rasa sakit mereka secara substansial tanpa obat-obatan.” Mengingat betapa sedikitnya pelatihan yang diperlukan untuk menghasilkan efek dramatis seperti itu, meditasi harus dicoba bagi orang-orang yang menderita sakit fisik.(visiontimes)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI