Kesehatan

Menyeimbangkan Kesehatan Mental Ditengah Kebutuhan Kerja dan Kehidupan

Wanita tersenyum @Canva Pro
Wanita tersenyum @Canva Pro

Dari masalah keuangan hingga masalah tempat kerja, kita semua menghadapi kesulitan dalam mengatur hidup kita dan berusaha untuk tetap sehat secara mental.

Lebih dari separuh pekerja di layanan kesehatan, perbankan, dan organisasi nirlaba berada diambang “kelelahan”, dan pengusaha menghabiskan hampir $300 miliar setiap tahun untuk masalah stres terkait tempat kerja.

Apakah kesehatan mental itu penting?

Kemajuan teknologi telah membuat banyak pekerjaan industri tidak terlalu membebani secara fisik. Tetapi satu hal yang tetap tidak tersentuh oleh kemajuan teknologi adalah sifat manusia.

Semakin kompleks hubungan sosial dan dinamika tempat kerja kita, semakin banyak tantangan kesehatan mental yang kita hadapi.

Saat ini, orang mendapatkan lebih banyak uang dan memiliki lebih banyak peluang dan pilihan. Dinamika hubungan telah berubah diantara keluarga, karena pasangan biasanya mengejar pekerjaan dan karier. Keseharian dalam kehidupan bagi banyak orang terlihat seperti ini:

  1. Perjalanan ke tempat kerja.
  2. Bersaing dengan rekan kerja.
  3. Mengkonsumsi informasi dan berita di gadget saat istirahat makan siang.
  4. Kembali ke rumah dimana mereka terus mengkonsumsi lebih banyak informasi, seperti film dan konten media sosial.
  5. Kemudian orang-orang menghabiskan malam dan menggunakan gawai mereka untuk beberapa waktu hingga mereka cukup lelah untuk tertidur.

“Dalam hidup, sangat penting untuk menemukan keseimbangan.”

Sangat mudah untuk melupakan kebutuhan fisik, mental, dan emosional anda ketika anda bekerja berjam-jam. Ini akan menjadi lebih sulit ketika anda terlalu banyak bekerja dan frustrasi.

Pekerjaan itu penting tetapi tidak lebih penting daripada kesehatan mental anda. Ada banyak cara untuk mengatur karir, hidup, dan waktu anda untuk hidup sehat.

Pentingnya kesehatan mental yang baik

Setiap orang membutuhkan kesehatan mental. Kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan pikiran tidak dapat dipisahkan dari tubuh.

Oleh karena itu, kesehatan mental sangat penting bagi kehidupan seseorang, yang mengarah pada fungsi umum dan kualitas hidup yang lebih baik.

Anda juga memiliki peran penting dalam pengalaman seperti produktivitas dan kinerja kerja, interaksi sosial dan hubungan dengan orang lain, dan mengelola stres dari kehidupan sehari-hari.

Saran untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Kita semua terhubung untuk menanggapi stres dan emosi negatif lainnya setiap kali kita merasa terancam.

Sayangnya, ketika kita terbiasa mengabaikan adrenalin, sulit untuk menemukan cara baru untuk bersantai ketika stres menjadi konstan. Untungnya, kami memiliki beberapa ide untuk membantu anda bersantai dan menyegarkan hari anda.

Ambil Nafas Dalam Dalam

Pernapasan yang tepat saat stres adalah kompleks. Namun, pernapasan anda dapat membantu anda rileks dan memulihkan, terutama saat merasa kewalahan.

Rutinitas berikut akan membantu anda memperlambat menghirup dan membuang napas sehingga anda dapat beralih ke keadaan tenang syaraf parasimpatis.

Latihan ini dapat mengurangi stres dan detak jantung dengan berfokus pada pernapasan anda. Anda menarik napas selama empat hitungan, tahan selama delapan hitungan, lalu buang napas dua kali lebih lama. Membuang napas yang lebih lama akan membuat pikiran anda rileks dan membantu anda merasa damai dan tenang.

Singkirkan Pikiran Negatif

Bagi kebanyakan orang, memikirkan suatu masalah secara mendalam adalah perilaku kebiasaan yang terjadi meskipun berusaha menghindarinya.

Akibatnya, biasanya orang berfokus pada kesulitan dalam hidup mereka, bahkan ketika mereka tahu bahwa hal ini tidak membantu kemajuan lebih lanjut menuju penyelesaian.

Mencapai tujuan anda bisa sangat bermanfaat, tetapi itu tidak terjadi dalam semalam. Dibutuhkan persiapan, ketekunan, dan perencanaan. Mulailah dengan mengidentifikasi apa yang ingin anda capai dalam hidup dan karir anda.

Kemudian, buatlah rencana yang berfokus pada langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu anda mencapai tujuan tersebut.

Buat Rencana Sebelumnya

Menjadi terlalu terorganisir akan membantu anda untuk tetap produktif dan mengurangi stres dalam hidup anda.

Mulailah dengan membuat rencana mingguan untuk setiap minggu dalam sebulan sehingga anda tahu persis apa yang harus dilakukan untuk seluruh bulan kedepan.

Ini sangat berguna jika anda mengelola orang lain di tempat kerja atau sudah memiliki jadwal penuh tugas yang harus anda selesaikan setiap hari.

Berbelas kasih

Tubuh anda bereaksi terhadap kebaikan atau pertolongan yang anda lakukan untuk orang lain, karena mereka meningkatkan kadar dopamin di otak anda. Zat ini membuat orang merasa baik, dan itu adalah sistem penghargaan alami untuk membantu orang lain.

Kesimpulan

Kesehatan mental yang baik adalah bagian integral dari kehidupan setiap orang, dan sangat penting untuk kehidupan orang yang anda cintai.

Hal ini membantu anda untuk beradaptasi dengan perubahan dalam hidup anda, mengatasi kesulitan dan meningkatkan produktivitas.

Ini pertanda bahwa keterampilan anda memadai saat menghadapi tantangan untuk melawan hari-hari ketika tidak ada kondisi yang berjalan dengan baik.

Ketahanan mental ini tidak hanya membantu anda melewati masa-masa sulit, tetapi juga menyediakan sumber energi yang stabil yang mendorong anda melewati naik turunnya kehidupan.(nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI