Kesehatan

Obat Ginjal Sang Menteri

kenari (©secretchina)
kenari (©secretchina)

Di era Yuanhe Dinasti Tang, ada seorang menteri yang bermarga Zheng. Pada usia 75 tahun, ia diangkat menjadi gubernur militer dan ditempatkan di wilayah Laut Selatan. Setibanya di sana, dia segera jatuh sakit, karena tempat itu lembab dan di bagian bawah wilayah itu, hanya ada sedikit sinar matahari. Bukan hanya ginjalnya saja, ia menderita berbagai macam penyakit luar dalam. Semakin hari gejalanya semakin parah.

Dokter meresepkan banyak pengobatan untuknya, seperti stalaktit dan batu kecubung, tetapi tidak satupun yang efektif.

Pada tahun ke-7 Yuanhe, Li Moke, seorang taipan perkapalan dari Kerajaan Keling mendengar tentang penyakit Menteri Zheng. Dia memberikan menteri resep ramuan obat.

Semua gejala yang melemahkan hilang

Namun, Menteri Zheng awalnya ragu. Tetapi akhirnya, setelah dibujuk oleh Li, dia mau meminum obat tersebut. Sangat mengejutkan, semua gejala penyakitnya hilang dalam waktu sekitar satu minggu.

Pada tahun ke-10 masa Yuanhe, Menteri Zheng kembali ke ibu kota dan memberikan resep tersebut kepada orang lain. Yang menarik dari hal ini adalah bahan utamanya adalah kenari yang sederhana. Kacang kenari dipercaya dapat memperkuat ginjal. Potensi resep ini ditambah dengan mengonsumsi beberapa kenari bersama dengan Psoralea corylifolia.

Su Song, seorang farmakolog terkenal di era Dinasti Song, pernah berkata bahwa orang suka mengonsumsi kenari dan Psoralea corylifolia bersama-sama sebagai obat ginjal.

Cangkang kenari terlihat seperti tengkorak manusia. Dan kenari yang sudah dikupas terlihat seperti otak manusia. Kacang ini bermanfaat untuk ginjal. Saat Tahun Baru Imlek, orang membuat makanan penutup tradisional yang disebut “Walnut Daisy Nougat”, di mana bahan utamanya menggunakan kenari dan kurma.

Meskipun kenari baik untuk ginjal, namun dapat menghasilkan gas lambung berlebih jika dimakan terlalu banyak. Jika disimpan terlalu lama di lemari es atau pada suhu kamar, kenari akan mengeluarkan minyak dan menjadi tengik.

Jangan pernah makan kenari yang sudah tengik

Menurut ringkasan Materia Medica, kenari yang sudah keluar minyaknya beracun dan dapat menyebabkan serangkaian masalah kesehatan, termasuk rambut rontok.

Sejak Dinasti Tang, bermunculan resep lain yang diturunkan dari resep asli Menteri Zheng. Diantaranya adalah pil Qing dan pil Heqi – keduanya merupakan perawatan untuk sakit punggung bawah dan sakit kaki yang sekarang dikenal sebagai linu panggul.

Tentu saja, dengan semua kondisi medis, disarankan untuk berkonsultasi dengan pakar medis kepercayaan Anda. (eva/visiontimes)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI