Kesehatan

Para Ibu Baru Menerapkan Zuo Yue Zi, Tradisi Tiongkok Mengatasi Pasca Melahirkan

Ibu dan bayi (Yan Krukov @ Pexels)
Ibu dan bayi (Yan Krukov @ Pexels)

Zuo Yue Zi adalah metode Tiongkok kuno di mana ibu baru dan bayi yang baru lahir diberi waktu yang cukup untuk beristirahat, memberi makan, dan menyesuaikan diri dengan kehidupan baru mereka.

Realitas baru

Saat hamil, seorang wanita mungkin merasa sulit untuk membayangkan kehidupan yang tumbuh didalam dirinya dan mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan kenyataan ini. Ketika sembilan bulan berlalu dan dia melahirkan, dia mungkin juga perlu waktu untuk menyesuaikan diri saat tidak mengandung bayi.

Manusia adalah makhluk kebiasaan dan menjadi terbiasa dengan perubahan, tetapi ketika transisi tidak mulus, maka segalanya akan berjalan tidak seperti yang diharapkan.

Menjadi seorang ibu dan segera melanjutkan pekerjaan sebagai pengasuh bayi baru lahir adalah tugas yang menantang.

Ketika ibu tidak mendapatkan istirahat yang cukup ketika menciptakan ikatan dengan bayi yang baru lahir, dia sering mengalami depresi pascapersalinan.

Guna mengatasi perubahan yang dihadapi seorang wanita setelah melahirkan, ada sebuah buku Heno Ou berjudul The First Forty Days: The Essential Art of Nourishing the New Mother, adalah kumpulan yang mengejutkan dari tradisi kuno Zuo Yue Zi dimasa Dinasti Han di Tiongkok.

Buku ‘The First Forty Days: The Essential Art of Nourishing the New Mother’ mengikuti Zuo Yue Zi

Seperti judulnya, seorang ibu diberikan istirahat selama 40 hari pertama segera setelah melahirkan. Selama 40 hari ini, dia menyesuaikan diri dengan kehadiran bayi, memahami apa yang dibutuhkan bayi, dan tidak khawatir dengan popok dan mengurus makan keluarganya.

Sebaliknya, dia dimanjakan dan diberi waktu dan ketenangan pikiran untuk beristirahat dan tidur. Saat ini sebaiknya nenek datang untuk membantu mengurus sang ibu atau suami mengambil cuti untuk membantu istrinya mengurus keluarga. Ini adalah kunci Zuo Yue Zi. Dibawah ini adalah beberapa tips yang disarikan dari buku tersebut: 

Hindari Dingin.

Ibu baru lebih rentan terkena flu saat sistem kekebalannya menyesuaikan diri. Jadi, menghindari angin dingin dan bahkan mandi dengan air dingin sebaiknya dihindari untuk bulan pertama. Bahkan ada pantangan untuk jangan keramas di hari-hari pertama persalinan.

Memilih untuk makan makanan yang Hangat dan Hambar.

Makan makanan hangat disarankan untuk pemulihan yang lebih baik. Ibu baru diberi makan makanan hambar seperti bubur, kaldu ayam, sayuran hijau, buah-buahan, sayuran kukus berwarna-warni, dan nasi merah. Hindari dulu rempah-rempah (bumbu yang kuat, apalagi pedas) dan juga konsumsi makanan yang membantu memulihkan kekuatan dan darah.

Beristirahat

Hal ini termasuk bebas dari setiap gangguan dan bahkan tidak membaca buku, apalagi email berisi pekerjaan. Sementara ibu yang kutu buku mungkin merasa terasing pada titik ini, anda dapat membandingkan dari ibu berpengalaman bahwa jika mereka diberi pilihan antara membaca dan tidur selama bulan pertama setelah melahirkan, mereka akan memilih tidur.

Ibu saya juga menyarankan agar ibu baru tidak keluar rumah dulu dalam masa-masa pemulihan ini, agar tidak tertular penyakit yang mungkin ada di luar sana.(nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI