Kesehatan

Pengobatan Tiongkok untuk Insomnia dan Tidur Nyenyak

Insomnia
Insomnia. @Pexels

Insomnia telah menjadi masalah di seluruh dunia sejak zaman kuno dan dewasa ini, akibat tekanan kehidupan modern dengan jam kerja yang panjang dan banyaknya waktu untuk menghadapi layar komputer, menambah kesulitan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

CDC mengatakan bahwa lebih dari sepertiga orang dewasa Amerika tidak cukup tidur.

Pengobatan Tiongkok memiliki sejarah panjang dalam mengobati insomnia dan dokter pengobatan Barat saat ini mengakui bahwa pengobatan tersebut menawarkan penyembuhan yang efektif.

Dokter pengobatan Tiongkok yang berbasis di Manhattan Decheng Chen L.Ac. Ph.D. mengatakan dia memiliki banyak pasien yang datang kepadanya setelah tidak berhasil menerapkan terapi perilaku dan mengonsumsi resep obat insomnia.

Dia ingat salah seorang pasiennya, seorang wanita, yang mulai mengalami masalah tidur ketika dia mencapai masa menopause. Dia datang kepadanya setelah obat yang diresepkan oleh psikiaternya tidak membantu. Perawatan Dr. Chen dapat membantu mengakhiri perasaan panas di tubuhnya (hot flushes) dan keringat saat tidur malam, serta bisa menghentikan minum pil dan dapat tidur nyenyak.

Setelah itu, sang psikiater mengirim istrinya ke Dr. Chen untuk perawatan dan sekarang psikiater tersebut secara teratur merujuk pasien kepadanya.

Pengobatan Tiongkok juga dapat mengobati kasus insomnia yang tidak dapat ditemukan penyebabnya oleh pengobatan Barat.

Dr. Chen, yang telah menulis 15 buku tentang pengobatan Tiongkok, mengatakan hal ini disebabkan oleh perbedaan diagnosa dan karena pengobatan Tiongkok memiliki pemahaman yang sangat spesifik tentang apa yang menyebabkan seseorang sulit tidur.

Ketika dokter pengobatan Tiongkok mendiagnosis suatu penyakit, mereka akan melihat juga hal-hal seperti warna dan lapisan pada lidah serta memeriksa denyut nadi pasien. Denyut nadi tidak hanya diperiksa kecepatannya tetapi juga kekuatan dan karakteristik yang tidak biasa, seperti denyut yang bergelombang, menggelincir, atau menggelinding.

Membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menguasai diagnostik denyut nadi, tetapi bagi dokter terlatih, diagnostik ini menginformasikan banyak hal tentang kesehatan organ dalam pasien. Demikian juga dengan warna, jenis lapisan, dan bahkan letak bercak pelapis di lidah menginformasikan dokter pengobatan Tiongkok secara spesifik tentang kesehatan organ dalam.

Namun, bukan berarti dokter pengobatan Tiongkok tidak memanfaatkan diagnostik pengobatan dari Barat. Dr. Chen mengatakan dalam wawancara sebelumnya bahwa dia akan meminta pasien untuk melakukan pemeriksaan darah atau pemindaian tertentu jika menurutnya diperlukan lebih banyak informasi.

Perawatan Insomnia dan Mengapa Berhasil

Pengobatan Tiongkok untuk insomnia hampir selalu mencakup akupunktur dan umumnya juga formula herbal. Dr. Chen mengatakan, dia juga mendapatkan hasil yang baik ketika pasien merendam kaki dengan herbal sebelum tidur.

Terkadang ia membuat ramuan herbal menjadi tablet untuk pasien yang tidak bersedia meminum ramuan. Herbal biasanya dikonsumsi dua kali sehari; di pagi hari dan malam hari. Itu berlawanan dengan intuisi banyak pasien, lanjut Dr. Chen. Pasien beranggapan jamu akan membuat mereka mengantuk.

Tetapi formula herbal untuk insomnia yang digunakan dalam pengobatan Tiongkok bukanlah obat penenang seperti valerian, semacam herbal yang biasa digunakan pengobatan Barat untuk merangsang tidur. Sebaliknya, formula herbal Tiongkok mengobati kelemahan dalam sistem tubuh yang menghambat tidur.

“Ramuan herbal membuat Anda semakin lama semakin baik, dan ketika kondisi Anda membaik, maka Anda akan dapat tidur nyenyak,” kata Dr. Chen.

Pada pengobatan Tiongkok, dikenal tiga jenis insomnia tetapi hanya satu penyebab utama. Tipe pertama, orang yang mengalami kesulitan untuk tertidur. Tipe kedua, orang yang mudah tertidur tetapi terbangun di tengah malam dan tidak bisa tidur lagi. Sedangkan tipe ketiga orang yang merasa lelah di siang hari tetapi tidak bisa tidur sama sekali pada malam hari.

Penyebab utama dari semua jenis insomnia ini karena ada bentuk energi penting yang tidak dapat tinggal di jantung. Energi ini disebut Shen, yang diterjemahkan sebagai spirit atau energi spiritual.

Jika Anda pernah bertemu seseorang yang tampak bijaksana dan tenang, damai dengan dunia, atau terlihat cantik meski tidak memiliki fitur yang menarik, itu mungkin karena pancaran Shen mereka. Shen juga merupakan kekuatan dibalik inspirasi, nilai positif, dan fungsi motorik dan sensorik.

Shen dapat dirusak oleh emosi, biasanya emosi yang menyakitkan, namun kegembiraan atau suka cita yang berlebihan juga dapat merusak.

“Tidur berkaitan dengan Shen,” jelas Dr. Chen. “Shen hidup di jantung, tapi pada siang hari aktif, sedangkan pada malam hari seharusnya tidak aktif. Jika Shen tetap aktif di malam hari, orang itu tidak akan bisa tidur.”

Dua faktor paling umum yang membuat Shen tidak istirahat, menurut pengobatan Tiongkok karena kondisi yang disebut panas berlebihan dan kekurangan darah, yang mengakibatkan kekurangan nutrisi di jantung.

Jantung itu seperti rumah bagi Shen, kata Dr. Chen. Dia membandingkannya dengan perasaan seseorang jika rumah mereka tidak memiliki AC selama puncak musim panas —kebanyakan  mereka akan pergi dan mencari tempat yang lebih sejuk. Demikian pula jika rumah Anda kekurangan fasilitas —tidak ada makanan atau hiburan, dan hanya sedikit perabotan— Anda cenderung akan nongkrong di tempat lain.

Alkohol, makanan pedas, dan kondisi emosional yang intens seperti depresi dapat membuat lingkungan di dalam jantung menjadi tidak ramah bagi Shen.

Dr. Chen memperkirakan bahwa kelebihan panas dan kekurangan darah di jantung menyebabkan sekitar 80 persen insomnia. Sedangkan 20 persen lainnya disebabkan oleh kondisi yang disebut stagnasi panas. Stagnasi panas dapat terjadi akibat makan berlebihan atau stagnasi hati.

Dr. Chen mengatakan, ada pepatah Tiongkok yang menyebutkan, jika perut tidak selaras, kita tidak akan dapat tidur.

Stagnasi hati dapat terjadi setelah adanya pertengkaran, karena energi hati diblokir oleh kemarahan, kebencian, dan frustrasi. Energi itu juga dapat diblokir oleh peristiwa traumatis seperti kematian mendadak orang yang dicintai.

Untuk menemukan penyebab spesifik dari insomnia pasien, seorang dokter pengobatan Tiongkok akan mengajukan banyak pertanyaan dan melakukan pemeriksaan fisik. Berdasarkan diagnosis tersebut, akupunktur dan formula herbal akan digunakan baik untuk menurunkan panas, meningkatkan nutrisi di jantung, memperbaiki pencernaan, atau membuka energi yang macet.

Merendam kaki dengan herbal juga akan sangat membantu, lanjut Dr. Chen, karena menghangatkan kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah. Senyawa dalam herbal juga bisa masuk ke aliran darah melalui kulit.

Merawat Tubuh dan Jiwa

Salah satu efek samping dari obat tidur yakni menimbulkan masalah pencernaan. Jadi dari perspektif pengobatan Tiongkok, obat tersebut dapat memperburuk akar penyebab insomnia.

Terkadang Dr. Chen mengatakan bahwa masalah perut perlu ditangani terlebih dahulu karena jika pasien tidak mampu menyerap nutrisi yang cukup, darahnya tidak akan membawa nutrisi yang cukup ke jantung.

Dr. Chen mengenang satu pasien yang dia rawat beberapa tahun lalu, seorang pria berusia 30 tahun yang menderita insomnia selama dua tahun. Pria itu minum enam pil tidur sehari dan mengakibatkan mual, nafsu makan berkurang, dan masih tidak bisa tidur.

Pertama-tama Dr. Chen fokus pada penyembuhan lambung pria tersebut dan secara bertahap, dalam periode enam bulan, hasil dari perawatan tersebut memungkinkannya mengonsumsi makanan dengan baik dan memberikan nutrisi yang cukup pada dirinya. Kemudian secara bertahap dia bisa tidur dengan normal.

Dr. Chen baru-baru ini bertemu dengan pasien ini di supermarket dan pria itu berkata bahwa dia sudah bisa bekerja dengan baik dan tidak mengonsumsi obat apa pun.

Studi terbaru dari ilmu biofield sedang menguji beberapa prinsip penyembuhan energi yang telah ada ribuan tahun dalam sistem pengobatan tradisional, sehingga membuat prinsip-prinsip ini dapat dipahami oleh pandangan dunia Barat yang modern.

Namun untuk saat ini, pandangan reduksionis dan mekanis tubuh manusia masih menjadi paradigma yang berkuasa. Dari sudut pandang pengobatan Tiongkok, ini agak terbatas.

“Pengobatan Barat hanya melihat tubuh, tidak melihat spirit,” pungkas Dr. Chen.

Pengobatan Tiongkok mengambil titik awal dari pandangan bahwa manusia memiliki dimensi spiritual, suatu perawatan yang sangat penting untuk tidur nyenyak dan kesehatan yang baik. (theepochtimes)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.



VIDEO REKOMENDASI