Kesehatan

Pijat Titik Akupuntur ini Jika Pengelihatan Mata Mulai Kabur

Mata lelah
Mata lelah. @Freepik

Anda baru berusia 30-40an namun mulai sulit membaca tulisan kecil dengan jelas? Penuaan mata dan kemerosotan penglihatan terjadi pada usia yang semakin lama semakin muda. Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) akan mengajarkan kepada Anda 3 metode yakni: memijat titik akupunktur, minum teh herbal dan olahraga mata, untuk membuat kedua mata Anda kembali berfungsi normal.

Penuaan dan sakit pada mata bersumber dari organ dalam

Pada umumnya, mata tua atau istilahnya Presbiopia adalah gejala yang baru dimulai setelah usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi akibat masyarakat modern menggunakan gadget secara berlebihan, sehingga pada usia di atas 35 tahun sudah mengalami mata tua. Kesehatan mata terkait erat dengan organ di dalam tubuh. Penuaan mata, terutama disebabkan oleh organ liver dan ginjal.

Otot di sekitar mata dan kelopak mata dikendalikan oleh limpa dan lambung. Sistem limpa dan lambung merupakan motor penggerak metabolisme cairan basah di dalam tubuh, jika limpa dan lambung tidak sehat, mudah mengalami mata bengkak, dan banyak mengeluarkan lendir. Banyak kaum muda pada saat bangun tidur matanya membengkak, pada permukaan terlihat sepertinya terlalu banyak minum air dan makan terlalu asin, tapi jika ditelaah lebih lanjut adalah karena ada masalah pada limpa dan lambung.

  1. Memijat Titik Akupunktur, Redakan mata letih

Di sekitar mata kita terdapat banyak sekali titik akupunktur, tapi yang paling sering digunakan adalah titik Zanzhu dan titik Jingming.

Banyak pekerja kantor pada saat merasa letih, terbiasa menggunakan ruas pada jari telunjuknya memijat pangkal alisnya, bagian ini adalah letak titik Zanzhu. Titik Zanzhu adalah titik awal dari meridian prostat, sangat efektif dalam hal meredakan keletihan pada mata. Titik Jingming adalah untuk membuat mata lebih jernih. Saat terlalu banyak melihat, saat pandangan mata kabur, memijat titik Jingming di bagian sudut dalam mata, cara ini dapat membuat sirkulasi pada mata menjadi lebih baik.

Selain memijat kedua titik tersebut, Dokter Yu Yawen juga merekomendasikan dua cara pemijatan yang sederhana:

Gunakan ruas pada jari telunjuk untuk memijat sekitar mata. Memijat dan mengurut pada satu titik tertentu secara perlahan, pada satu titik urut 20 kali, lalu berpindah ke titik lain diurut lagi. Perhatikan jangan sampai memijat bola mata.

B. Hangatkan mata

Gosokkan kedua tangan hingga terasa agak panas, lalu tangkupkan tangan seperti bentuk mangkuk kecil, kemudian tempelkan pada kedua mata.

2. Olahraga bola mata, latih otot mata, perlambat penuaan

Jika ingin memperkuat penglihatan Anda, bisa mempraktikkan “metode olahraga mata” ala PTT untuk melatih bola mata. Metode ini dapat memperkuat otot pada mata, meredakan keletihan pada pandangan mata.

Pada saat Anda beristirahat berdirilah di dekat jendela, tatap satu titik di kejauhan, seperti gunung atau gedung di kejauhan, pandangi selama 10-20 detik; lalu cari satu titik yang lebih dekat dari jendela, pandangi selama 10-20 detik. Lakukan memandang jauh dekat itu berulang kali, maka akan dapat memperkuat otot Ciliary mata.

Juga bisa dengan cara menutup mata, lalu gerakkan bola mata Anda, dengan gerakan bola mata Anda seolah-olah menggambar bintang atau menulis aksara (米). Gerakan ini dapat membuat bola mata Anda bergerak ke delapan penjuru, mencapai fungsi olahraga yang optimal.

Khususnya bagi atlet tenis meja dan baseball, kerap melakukan latihan bola mata seperti ini, karena dalam pertandingan mereka harus memperhatikan setiap detil gerakan lawan dan menentukan ke arah mana lawan akan mele parkan bola. Riset mendapati, penuaan mata pada para atlet cabang olahraga ini lebih lambat daripada manusia normal.  

Minum 2 Jenis Teh Herbal

Sejumlah seduhan teh herbal dapat menyelaraskan fungsi liver dan ginjal, melindungi penglihatan, membuat mata menjadi lebih cemerlang.

A. Teh Penguat Mata

Bahan : Goji Beri: 3 Qian (1 Qian= 3.75 gram), Angco: 5 buah, Huang Qi: 2 Qian, Murbei: 2 Qian.

Bagi yang fisiknya agak lemah atau usia lanjut, bisa menggunakan resep teh ini untuk merawat kesehatan mata.

Bicara soal perlindungan mata, mayoritas orang akan teringat Goji beri. Goji beri dapat melindungi liver dan menjernihkan mata, tapi selain itu, Angco dan Huang Qi juga sangat bermanfaat bagi mata. Di dalam ilmu PTT, Angco disebut sebagai “multi-vitamin”, juga dapat menambah darah. Sementara Huang Qi sangat baik untuk menguatkan hawa Qi (baca: chi, red.), jika hawa Qi pada tubuh seseorang lemah, maka peredaran darah dan Qi ke bagian kepala akan terhambat, sehingga dapat menimbulkan pandangan kabur.

Ketika aliran darah ke kepala lancar, maka penglihatan pun akan menjadi jernih. Murbei adalah bahan obat yang sangat baik untuk memperkuat ginjal. Keempat bahan ini jika bisa dimasak menjadi teh lalu diminum, akan terasa manis alami; juga bisa dimasak dengan beras menjadi bubur, beras sangat berguna sebagai media penyerapan obat untuk menguatkan limpa dan juga lambung.

B. Teh Pereda Radang Mata

Bahan: bunga krisan putih, goji beri, dan Jue Ming Zi.

Ketiga bahan ini dimasak dengan air bersamaan, sangat cocok sebagai teh untuk kesehatan mata.

Mata yang memerah akibat peradangan dan terasa tidak nyaman. Jika hal ini terjadi, minumlah teh dari ketiga bahan ini. Bunga krisan setara dengan goji beri dalam melindungi mata. Ratu Cixi dari Dinasti Qing bahkan kerap kali memerintahkan koki istana untuk memasak hot pot bunga krisan. “Saya sangat merekomendasikan penggunaan bunga krisan sebagai bahan obat”, imbuh dokter Yu Yawen.

Bunga krisan terbagi menjadi krisan kuning dan krisan putih, keduanya berbeda manfaatnya, untuk melindungi mata, gunakan bunga krisan putih. Bunga krisan kuning bersifat lebih dingin daripada krisan putih, rasanya sedikit pahit, kebanyakan dipakai untuk mengobati demam dan radang saluran pernafasan.

Jue Ming Zi juga merupakan bahan obat yang berkhasiat menurunkan hawa panas dalam tubuh, juga dapat diserap liver dan ginjal dan menjernihkan mata. Selain itu, masyarakat modern acap kali begadang, mengonsumsi makanan berat dan mengalami sembelit, begitu terjadi sembelit maka akan memengaruhi peredaran darah di seluruh organ dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan hawa panas tubuh melonjak naik, maka Jue Ming Zi dengan kadar ringan melancarkan BAB akan dapat mengatasi hal ini. (epochtimes/sud)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI