Kesehatan

Tips Sederhana untuk Kesehatan Otak Kita

Tersenyum menyehatkan otak kita (Image: Trevoykelly Photography/Pixabay)

Seperti kita ketahui otak adalah organ tubuh yang menjadi pusat sistem syaraf manusia, yang terdiri dari jutaan sel syaraf (neuron). Otak tidak hanya untuk berpikir tetapi mengendalikan gerakan tubuh, mengatur fungsi tubuh seperti tekanan darah, suhu tubuh dan lainnya. Otak juga bertanggung jawab atas kemampuan mengenali, mengingat, kemampuan belajar dan emosi manusia.

Sedemikian pentingnya, sehingga kita sangat perlu menjaga kesehatannya. Berikut adalah beberapa tips sederhana, namun bermanfaat bagi kesehatan otak anda.

  • Tidurlah yang cukup. Terkait hal ini sangatlah tergantung usia. Saat muda, tujuh delapan jam sehari, saat usia bertambah – durasi tidur secara alami juga akan berkurang. Tetapi penting untuk menjaga kecukupan waktu tidur kita, karena saat tidur akan terjadi regenerasi sel-sel otak kita.
  • Olahraga yang teratur. Mengolah raga secara teratur saat muda terbukti dapat menghindarkan kita dari penyakit-penyakit seperti Alzheimer dan lainnya. Olahraga yang dimaksud bukanlah jenis olahraga ekstrem, melainkan jenis yang ringan namun teratur, seperti jalan kaki di pagi hari, senam ringan, bersepeda, memilih naik tangga daripada menggunakan escalator.

Selain itu, banyak penelitian menunjukkan berlatih meditasi amatlah bermanfaat bagi kesehatan otak kita, metode meditasi seperti Falun Dafa diketahui telah menunjukkan manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental para praktisinya.

Siswi Sekolah Dasar di perbatasan India dan Myanmar berlatih meditasi Falun Dafa (Image: Minghui.org)
  • Berinteraksi, bersosialisasi dengan orang lain.

Carilah kegiatan yang menyenangkan, banyak ibu-ibu yang membentuk kelompok arisan untuk secara berkala bersosialisasi dengan sesama, tetapi ini sesungguhnya bukanlah monopoli kaum hawa. Para lansia mengikuti klub paduan suara, klub dansa atau sehat pula merencanakan jalan-jalan bersama teman-teman. Itu semua adalah kegiatan positif yang membuat kita lebih merasakan kebahagiaan dan makna hidup, mendatangkan suasana segar dan baru dalam kehidupan kita.

Bersosialisasi membuat kita juga harus mengingat banyak hal, misalnya: si A adalah alumni SMA ini atau itu, dia usia sekian dan memiliki sekian anak, tanpa terasa – ini semua bermanfaat untuk terus melatih ingatan kita.

Dan salah satu elemen penting dalam berinteraksi dengan orang lain adalah: janganlah lupa untuk tersenyum. Senyum akan memperindah hari kita, senyum akan memberikan kehangatan bagi orang-orang di sekitar kita, mengurangi stres dan banyak manfaat lainnya.

  • Lakukan kegiatan yang melatih otak kanan dan kiri kita.

Konon otak bagian kanan berhubungan erat dengan kreativitas dan seni, sementara otak kiri lebih terkait logika. Karenanya, aktivitas yang dapat merangsang kedua sisi otak kita adalah penting. Bermain music atau melukis dapat melatih otak kanan, sementara mengelola budget belanja rumah tangga melatih otak kiri. Jangan merasa enggan, bila diberikan tanggung jawab demikian, terutama bagi orang-orang yang beranjak tua – itu merupakan hal positif, memiliki kegiatan-kegiatan yang dapat melatih kedua sisi otak dapat membantu menghindarkan kita dari kepikunan.

  • Menjaga diet makanan yang sehat dan minum yang cukup. Sel dan syaraf otak seperti juga sel-sel tubuh lainnya butuh cairan dan asupan makanan yang cukup dan bergizi. Karena itu, ini adalah elemen yang tak dapat diabaikan untuk menjaga kesehatan otak kita. (ntdindonesia/ nurhadi)

Artikel di atas hanya sebagai informasi umum, tidak menggantikan konsultasi medis.